5 Tokoh Fiktif yang Memberikan Pengaruh Besar

8 Sep 2015 22:15 4537 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
5 tokoh tak bernyawa yang berpengaruh pada kehidupan nyata 

Ada begitu banyak tokoh yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan manusia saat ini. Michael H Hart pun telah merekamnya dalam buku berjudul  The 100. Dalam buku itu, ada 100 tokoh yang pernah hidup yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan manusia. 

Mulai dari Nabi Muhammad pada peringkat 1, Umar bin al-Khattab pada peringkat ke-50, sampai Mahavira yang ada di posisi 100. 

Saya tidak akan membicarakan tentang buku dari Michael H Hart tersebut. Atau bicara tentang tokoh tokoh yang ada di bukunya.  Tidak bukan itu yang akan saya bahas. 

Saya akan lebih membahas tentang masalah pengaruhnya. Bila Michael H Hart punya daftar tokoh yang berpengaruh, maka saya juga punya daftar yang sama. 

Bedanya saya tidak akan menuliskan sampai 100. Hanya 5 saja. Bedanya lagi, saya tidak akan menuliskan tokoh yang pernah hidup. Justru saya akan menuliskan 5 tokoh yang tidak pernah hidup tapi punya pengaruh besar. 

Siapa saja tokoh atau karakter yang saya maksud? Berikut saya paparkan dari nomor lima. 

 


5. Marlboro Man 

5 Tokoh Fiktif yang Memberikan Pengaruh Besar
Saya tidak pernah tahu apa yang menjadi istimewa dari produk Marlboro. Dan saya menemukan bahwa ternyata Marlboro lebih terkenal lewat  kampanye orang memakai topi koboy. 

Dengan pose gagah, model tersebut menunjukan keisitmewaan produk Marlboro untuk para pria sejati. Lewat poster inilah, cara merokok para pria berubah. Karena saya bukan perokok, saya baru tahu hal ini. 

Ternyata, dulu banyak pria merokok rokok yang tanpa filter. Rokok yang menggunakan filter dianggap kurang jantan. Tapi semenjak Marlboro Man muncul, rokok dengan filter menjadi sangat populer. Padahal Marlboro Man hanyalah tokoh fiktif meskipun model yang memerankannya adalah tokoh nyata. 

 


4. Robin Hood 

5 Tokoh Fiktif yang Memberikan Pengaruh Besar

Mungkin tokoh ini agak kontroversial. Pertama, soal pernah hidup atau tidaknya tokoh ini. Kedua, soal apa yang dilakukannya soal mencuri barang dari orang-orang kaya untuk dibagikan kepada orang miskin. 

Tapi terlepas dari itu, Robin Hood punya andil besar dalam memberikan pengaruh tentang arti perjuangan dan perlawanan. Robin Hood adalah simbol darii orang -orang kelas bawah yang juga merasa tertindas dalam sebuah pemerintahan yang korup. 

Saya sendiri melihat Robin Hood lebih kepada tokoh yang membuat pekerjaan mencuri terlihat keren dan terlihat sesuatu yang benar. Ini yang kemudian menjadi patokan lahirnya tokoh-tokoh dalam berbagai karya dengan karakteristik ala Robin Hood. 


3. Koboi 

5 Tokoh Fiktif yang Memberikan Pengaruh Besar

Sewaktu saya kecil, saya sering nonton film koboi. Saat itu, saya sangat mengidolakan jagoan berkuda dengan topi khas dan pistol di pinggang. Tampilan seperti ini terasa keren dan membuat saya kadang ingin merasakan hidup seperti koboi. 

Pengaruh koboi bahkan bukan soal masa kecil saya saja. Di Indonesia, koboi juga jadi sesuatu yang terkenal. Apalagi lewat lagu Adi Bing Slamet berjudul Malam Minggu, yang berceirta tentang pergi nonton film koboi. 

Gaya koboi juga banyak diikuti oleh orang-orang di Indonesia. Salah satu tokoh dalam sinetron Preman Pensiun misalnya, Jamal tampak gagah menggunakan setelan koboi. Saya juga banyak menemukan orang berstelan koboy seperti Jamal di kehidupan nyata. 


2. Barbie

5 Tokoh Fiktif yang Memberikan Pengaruh Besar

Barbie adalah tokoh yang tidak pernah hidup tetapi memberi banyak pengaruh pada kehidupan, terutama anak perempuan dan para gadis.  Banyak anak perempuan yang mencintai Barbie dan bermimpi bisa tampil seperti dirinya.

Barbie juga adalah sosok fiktif ideal untuk para anak gadis atau remaja perempuan tentang mimpi seorang putri cantik yang akan bertemu dengan pangeran tampan. Setidaknya, ini untuk era moden. 

Berbagai mainan Barbie yang laku keras, dikenal banyak orang, serial film, dan lainnya membuat tokoh ini tampak  memberi pengaruh yang cukup signifikan bagi kaum perempuan. 


1. Romeo dan Juliet 

5 Tokoh Fiktif yang Memberikan Pengaruh Besar

Tidak perlu meragukan kedua tokoh ini. Kedua tokoh ini adalah pasangan ideal untuk cinta sejati, cinta yang sempurna, cinta yang tak mengenal permusuhan. 

Romeo Juliet juga jadi inspirasi untuk cinta yang tak mengenal identitas. “

"Karena apalah artinya sebuah nama bila mawar tetap saja harum?”  

Meskipun ada kisah cinta sejati lainnya semacam Laila-Majnun, (atau yang lokal, Habibie-Ainun), Rome Juliet tetaplah lebih berpengaruh. Bukan soal cinta sejati tetapi juga soal inspirasi dalam menciptakan berbagai karya lainnya dengan tema yang sama. 


Nah, itulah daftar lima tokoh yang tidak pernah hidup tapi memberi pengaruh. Mungkin sebagian dari Anda tidak setuju  atau Anda punya tokoh fiksi lainnya yang berpengaruh. Silakan tulis di komentar. 


Catatan : 
Artikel ini disadur dari artikel di Listverse dengan beberapa perubahan sesuai subjektivitas saya. Anda bisa melihat artikel aslinya pada link ini. 

 

Tags Unik

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel