10 Penemuan Terhebat di Dunia Komputer

20 Sep 2016 23:00 14161 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Inovasi berikut ini memberi dampak signifikan pada dunia komputer.

Komputer, adalah suatu perangkat elektronik multi-fungsi dengan penggunanya yang sudah mencapai milyaran di seluruh dunia. Sebelum terbentuknya komputer-komputer yang sering kita lihat sekarang, perangkat elektronik ini telah mengalami berbagai evolusi yang cukup besar dari masa ke masa.

Jika Anda adalah salah seorang pemilik perangkat komputer, pernahkah terlintas dalam benak Anda tentang sejarah komputer pertama yang ada di dunia?

Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu Charles Babbage yang juga seorang penemu komputer pertama di dunia. Tapi apakah yang membuat evolusi dan inovasi di dunia komputer hanyalah Babbage?

Tentu jawabannya adalah tidak, Karena ada banyak selain Charles Babbage yang menjadi pionir di dunia komputer, tentunya dengan berbagai penemuan mereka yang berperan penting dalam evolusi perangkat komputer.

Di bawah ini, penulis akan menjelaskan tentang 10 penemuan terhebat di dunia komputer yang punya pengaruh besar pada dunia komputer.

 

1. Komputer Pertama bernama “Difference Engine” (1821)

10 Penemuan Terhebat di Dunia Komputer

Komputer ini diperkenalkan oleh Charles Babbage pada tahun 1821. Komputer ini adalah komputer yang digunakan untuk memecahkan masalah yang erat hubungannya dengan matematika.

Namun, walaupun sudah dibiayai oleh pemerintah Inggris pada saat itu, biaya produksinya yang mahal membuat proyek ini dihentikan, yang tentunya menjadikan komputer pertama itu tidak pernah selesai dibuat.

 

2. Komputer Multi-Fungsi Pertama Dengan Nama “Analytical Engine” (1834)

Seperti pendahulunya, Analytical Engine juga adalah komputer mekanik yang dilengkapi oleh program dan data pada mesinnya.

Komputer ini merupakan komputer kedua yang dibuat oleh Charles Babbage dan juga sekaligus menjadi komputer kedua yang tidak selesai dibuat setelah sebelumnya komputer Difference Engine.

 

3. Program Komputer Pertama (1841 – 1842)

Seorang programer komputer pertama bernama Ada Lovelace, mulai menerjemahkan catatan berbahasa Italia milik seorang pakar matematika yang isinya tentang komputer Analytical Engine ciptaan Charles Babbage.

Dalam proses menerjemahkan catatan tersebut, muncul perasaan tertarik pada diri Lovelace. Hal itu didukung dengan adanya catatan-catatan yang ditulis Lovelace di catatan hasil terjemahannya.

Di dalam Catatan tersebut terdapat sebuah catatan kecil yang dibuat oleh Lovelace yang isinya adalah algoritma untuk menghitung angka Bernoulli dengan menggunakan Analytical Engine.

 

4. Komputer mekanik Pertama yang Dapat Diprogram

Komputer ini ditemukan pada tahun 1941 oleh Zonrad Zuse.

Komputer pertama yang ia ciptakan diberi nama Z1. Namun karena teknologi relaynya yang tidak begitu bagus, komputer Z1 hanya dapat berjalan beberapa menit saja.

Namun, dengan bergantinya teknologi relay yang digunakan, komputer ini berevolusi menjadi komputer Z2 dan kemudian Z3.

Komputer Z3 adalah komputer elektromagnetik dimana data dan program untuk komputer tersebut disimpan dalam punched tape, yaitu sebuah pita yang terbuat dari kertas dimana pita tersebut memiliki banyak lubang yang fungsinya untuk menyimpan data.

 

5. Komputer Elektronik Pertama

Komputer ini ditemukan oleh John Vincent Atanasoff & Clifford Berry pada tahun 1942 dan diberi nama sesuai dengan para penemunya yaitu Atanasoff-Berry Computer atau ABC.

Komputer ini digunakan untuk mencari solusi atau jawaban dari persamaan linear. Komputer ini juga merupakan komputer pertama yang menggunakan binary untuk merepresentasikan data dan tombol elektronik, tidak seperti pendahulunya yang masih mekanik.

Tapi sayangnya, komputer tersebut tidak dapat diprogram.

 

6. Komputer Elektronik Pertama Yang Dapat Diprogram

Komputer yang diberi nama Colossus ini ditemukan oleh Tommy Flowers pada tahun 1943. Tujuan pertama dibuatnya komputer ini adalah untuk memecahkan pesan kode dari Jerman untuk Inggris yang di enkripsi menggunakan Lorenz Cipher.

Berbeda dengan komputer ABC, komputer yang ditemukan Tommy Flowers ini sudah diprogram dengan menggunakan tombol dan colokan elektronik.

 

7. Komputer Elektronik Multi-Fungsi Pertama yang Diprogram

Komputer ini memiliki nama yang cukup panjang, yaitu Electronic Numerical Integrator And Computer yang bisa disingkat menjadi ENIAC. Ditemukan pada tahun 1946, komputer ini kemudian terus dikembangkan di Fakultas Teknik Elektro di Universitas Pennsylvania oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert.

Lebar komputer ENIAC cukup besar, yaitu berukuran kurang lebih 150 kaki. Seakan tidak ingin disebut “badan saja yang besar, otak tidak ada”, komputer ENIAC ini juga dapat melakukan operasi kompleks seperti loops.

Untuk inputnya, komputer ini menggunakan card readers sedangkan untuk outputnya menggunakan card punches. Salah satu pencapaian terbesar dari komputer ini adalah bantuannya dalam pembuatan bom hidrogen pertama di dunia.

 

8. Trackball Pertama di Dunia Komputer

Trackball, adalah sebuah sistem penggerak  yang sering kita temukan pada mouse hingga tahun 2000-an sebelum munculnya mouse yang menggunakan infra merah.

Trackball ditemukan pada tahun 1946 dan 1952. Alasan kenapa ada 2 tahun yang berbeda adalah karena kedua penemu trackball masing-masing mengklaim bahwa ialah yang lebih dulu menemukan Trackball.

Tahun pertama diberikan pada Ralph Benjamin yang mengklaim bahwa ia telah menemukan trackball pada tahun 1946 ketika ia sedang mengerjakan sistem monitoring untuk pesawat terbang dengan kemampuan terbang di altitude rendah.

Sedangkan tahun kedua diberikan pada Tom Cranston dan rekan-rekannya yang mengklaim telah menemukan trackball pertama di dunia dalam penggunaan sistem DATAR pada tahun 1952.

 

9. PC Pertama

Komputer yang dikhususkan untuk penggunaan pribadi ini bernama Simon. Komputer ini ditemukan oleh Edmun Berkeley pada tahun 1950.

Simon adalah komputer digital pertama yang dapat dibeli secara umum dengan harga yang terjangkau. Komputer ini dapat melakukan empat macam operasi: Penambahan, perubahan angka menjadi negatif, kalkulasi “lebih besar dari” dan seleksi.

Input pada komputer ini menggunakan kertas yang dibolongi, sedangkan untuk outputnya menggunakan pita kertas.

 

10. Mouse Pertama

Mouse pertama kali ditemukan pada tahun 1964 oleh Douglas Engelbart. Ide pembuatan mouse ini muncul ketika ia sedang duduk-duduk di sesi konferensi.

Prototipe pertamanya dibuat oleh salah satu insinyur andalan Douglas bernama Bill English.

 

Kesimpulan

Dari kesepuluh pionir dalam dunia komputer yang sudah disebutkan di atas. Semuanya memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pembentukan generasi komputer yang sekarang kita gunakan. Seperti pada PC yang kita gunakan dan Mouse yang kita gunakan.

Tujuan artikel ini dibuat selain untuk menambah wawasan kita tentang sejarah komputer, diharapkan dapat juga menjadi artikel yang inspiratif. Selain itu, artikel ini bertujuan untuk memunculkan rasa apresiasi kita terhadap mereka yang sudah menciptakan berbagai inovasi di dunia komputer. [FM]

 

About The Author

Fahd M. 75
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel