10 Fungsi Mesin Pencari Google Selain Untuk Searching

2 Sep 2015 19:00 3011 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apa saja keahlian google selain untuk mencari sesuatu?

Apa yang biasa Anda lakukan ketika membuka Google.com atau Google.co.id?

Hampir semua orang yang membuka Google memiliki satu tujuan yang sama yaitu, untuk melakukan pencarian dari sebuah hal yang ingin diketahui.

Dan hingga saat ini, mesin pencari Google sudah menjadi mesin pencari favorit yang tak terpisahkan lagi bagi setiap orang. Namun, ada beberapa hal unik dan membantu yang ternyata menjadi fungsi mesin pencari Google selain untuk mencari sesuatu yang kita inginkan.

Apa saja hal tersebut?

 

1. Bermain Game “Atari Breakout”

Kenal Atari Breakout?

Bagi mereka yang lahir atau melalui masa keemasan konsol game Dingdong, dimana hanya membutuhkan uang koin untuk bermain sebuah game hingga “game over” pasti merasakan rasa nostalgia ketika memainkan game ini.

Atari Breakout adalah sebuah evolusi dari game bernama Pong, yaitu sebuah game bertemakan olahraga dimana pemain memainkan game simulasi pingpong dalam bentuk 2D.

Berikut adalah cara memainkan permainan ini:

Buka Google.com > Masuk ke bagian Image > KETIK “Atari Breakout” (tanpa tanda kutip) di kolom search > klik “search”

 

 

2. Bermain Game Pac-Man

Game buatan Jepang yang dirilis oleh NAMCO.

Game ini adalah Game lain selain Atari Breakout yang mungkin membawa Anda untuk bernostalgia dengan permainan yang pernah populer belasan tahun yang lalu.

Cara untuk bermain game ini adalah:

Buka Google.com > ketik “Pacman” di kolom search (tanpa tanda kutip) > Klik “search” > Hasil paling atas yang ditampilkah adalah gamenya > klik hasil teratas untuk memainkan gamenya.

 

 

3. Bermain Game Zerg Rush

Sebuah game buatan Google dimana para pemainnya harus menghancurkan huruf ‘O’ yang bermunculan, sebelum mereka menghancurkan hasil pencarian yang ada di layar mereka.

Berikut ini adalah cara memainkan game ini:

Buka Google.com > Ketik “Zerg Rush” (tanpa tanda kutip) > klik search > dan selamat bermain

 

 

4. Menggunakan Tulisan Tangan Dalam Google Translate

Mungkin bagi semua orang yang menggunakan Google Translate tahu untuk menggunakan fitur yang satu ini. Namun bagi yang belum tahu, fitur ini adalah fitur dimana Anda dapat menggunakan tulisan tangan untuk menulis dan menerjemahkan suatu kata pada Google Translate.

Berikut ini adalah cara menggunakannya:

Buka situs Google Translate > Pilih bahasa terjemahan > Klik pada ikon pensil > pilih “handwrite”

 

 

5. Mengkonversi Mata Uang

Walaupun mengkonversi mata uang dapat dilakukan menggunakan Google Currency Converter, hal tersebut tidak semudah dan sesederhana mengkonversi mata uang langsung lewat kolom Search atau Pencarian.

Contohnya Anda ingin mengkonversi uang sebesar 1 dollar ke nilai tukar rupiah. Maka di kolom pencarian anda harus mengetik: “1$ = idr” (tanpa tanda kutip) atau bisa juga mengetik “1$ to idr” (tanpa tanda kutip).

 

 

6. Menerjemahkan Suatu Bahasa

Sudah menjadi kebiasaan kita jika kita ingin menerjemahkan suatu kata, frase, klausa ataupun kalimat, pasti situs terjemahan yang pertama kali dibuka oleh kita adalah “translate.google.com”. Namun, tidak semua orang hapal alamat google translate. Dan biasanya, mereka yang tidak hapal terlebih dahulu masuk ke pencarian google untuk mengetik “google translate”.

Walaupun hal itu terkesan efisien, tapi ternyata ada langkah yang lebih efisien dan sederhana dari itu, yaitu dengan mengetikkan bahasa yang diinginkan dengan menambahkan preposisi ‘to’ diantara bahasa yang ingin diterjemahkan di kolom pencarian.

Berikut adalah contoh penggunaannya.

 

 

7. Mengetahui Waktu Kapan Matahari Terbit dan Terbenam

Dengan fitur ini, Anda dapat mengetahui waktu kapan waktu matahari terbit dan terbenam di kota Anda ataupun kota lain di berbagai belahan dunia.

Untuk menggunakannya, Anda cukup mengetikkan kata Sunrise (untuk matahari terbit) dan Sunset (untuk matahari terbenam) sebelum nama kota yang Anda tentukan seperti pada gambar di bawah ini.

 

 

8. Mengetahui Cuaca Terkini

Ada saatnya Anda merasakan suhu disekitar Anda menjadi terlalu dingin atau terlalu panas. Ketika Anda bertanya-tanya “kok sekarang panas ya?” tapi Anda tidak memiliki thermometer, Google selalu punya solusinya.

Untuk mengetahui cuaca di kota Anda atau bahkan di kota lain di berbagai belahan dunia, Anda hanya tinggal membuka situs pencarian google (google.com) kemudian mengetikkan nama kota ditambah kata “forecast”

Contohnya, penulis ingin tahu cuaca panas di Bandung ini berapa derajat celsius. Maka penulis hanya tinggal mengetik frase “Bandung Forecast” (tanpa tanda kutip). Kemudian akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.

 

 

9. Memperhitungkan Jarak dan Waktu yang Dibutuhkan Antar Wilayah

Berencana untuk bepergian? Mungkin liburan atau urusan bisnis?

Umumnya hal itu bisa dilakukan lewat Google Maps. Tapi, bagi Anda yang ingin cara yang lebih mudah dan menghemat kuota internet, Anda mengetahui jarak dari suatu wilayah ke wilayah lain hanya dengan mengetik kedua wilayah itu dengan disisipkan preposisi ‘To’ diantara kedua kota tersebut.

Contohnya, Anda ingin tahu jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan dari Bandung ke Purwakarta.

Untuk mengetahuinya, Anda cukup mengetik “Bandung to Purwakarta” di kolom pencarian google (tanpa tanda kutip). Maka sebuah peta dengan estimasi waktu dan jarak akan muncul di pencarian teratas google seperti pada gambar di bawah ini.

 

 

10. Memutar dan Memiringkan Google

Mungkin ini hal yang paling tidak berguna dari belasan hal yang dapat mesin pencari Google lakukan. Tapi mungkin bagi mereka yang sedang depresi atau stress, hal ini dapat sedikit menghibur.

Untuk memutar google 360° Anda hanya harus mengetik “Do a Barrel Roll” di kolom pencarian. Sedangkan untuk memiringkan Google, anda tinggal mengetik “tilt” pada kolom pencarian.

 

Penutup

Selain 10 hal yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi yang bisa mesin pencari Google lakukan selain hal yang sudah disebutkan di atas. Dan tidak menutup kemungkinan, di masa depan Google sudah dapat memberitahu siapa pasangan yang paling cocok untuk Anda hanya dengan mengetik Nama Anda dan tipe wanita yang Anda sukai. [FM]

 

 

 

About The Author

Fahd M. 75
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel