7 Hal Yang Dapat Dilakukan Google Analytics (2nd Part)

2 Sep 2015 15:00 3033 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berikut ini adalah fungsi ataufitur yang terdapat dalam Google Analytics.

Setelah pada artikel sebelumnya membahas 7 Hal Yang Dapat Dilakukan Google Analytics. Kini penulis akan menambah 7 fungsi lain dari Google Analytics yang akan memperdalam pemahaman dan wawasan kita tentang layanan tersebut.

baca juga : 7 Hal Yang Dapat Dilakukan Google Analytics part 1

1. Analisis Secara Real-Time

Mungkin beberapa dari kita Anda tahu bahwa Google juga memantau pengunjung yang mengunjungi situs kita secara real-time (Real Time > Overview) lalu memperlihatkan hasilnya pada Anda.

Bagi yang punya rasa penasaran tinggi, fungsi Google Analytics yang satu ini bisa membuat penggunanya ketagihan. Alasannya, fungsi ini menawarkan analisis lebih dalam yang dilakukan secara langsung (real-time) tentang interaksi para pengunjung dengan situs milik Anda.

Selama 24 jam, siang dan malam, fungsi atau fitur Google Analytics yang satu ini dapat membantu Anda memperlihatkan para pengunjung yang sedang melihat-lihat situs milik Anda dan apa halaman apa yang sedang mereka lihat.

Selain itu, pada fitur ini, Anda dapat menemukan sebuah grafik tentang referal atau kata kunci yang mengarahkan para pengunjung ke situs Anda.

Scroll terus ke bawah dan Anda akan menemukan peta dunia yang pada peta tersebut terdapat tanda-tanda tentang lokasi yang digunakan oleh pengunjung untuk mengakses situs.

Dengan memantau pengunjung yang mengunjungi situs Anda secara real-time, Anda dapat mempelajari pola atau tingkah laku pengunjung, yang tujuannya adalah untuk melihat dimana pengunjung merasa kesulitan atau bosan ketika mengunjungi situs Anda.

 

2. Frekuensi Pengunjung

Jenis konten yang Anda publikasikan pada situs milik Anda akan sangat mempengaruhi berapa orang akan kembali mengunjungi situs tersebut.

Jika tidak ada hal yang bisa dijadikan sebagai dasar interaksi para pengunjung, mereka hanya akan mengunjungi situs tersebut jika memang ada info menarik atau info yang mereka butuhkan saja.

Hal ini tentunya dilihat dari grafik pada bagian individual trends saja, dan bukan pada statistik trafik harian.

Untuk mengetahui frekuensi dari pengunjung, Anda dapat menemukannya di:

AUDIENCE > BEHAVIOR > FREQUENCY > RECENCY.

Selain itu, mungkin Anda ingin membandingkan unique visits dengan pageviews untuk melihat apakah pengunjung langganan di situs Anda seringkali mengunjungi halaman-halaman lainnya yang ada pada situs Anda.

Tren dari para pengunjung bukanlah sesuatu yang dapat Anda manipulasi secara langsung, selain dari pemasaran ke audiensi dengan spesifikasi tertentu.

Pertahankanlah mereka yang secara murni memang tertarik dengan konten yang dihadirkan di situs milik Anda. Karena seiring bertambahnya hari, akan bertambah pula para pengunjung yang memiliki minat pada konten-konten di situs Anda.

 

3. HTTP Latency

Jika Anda berpikiran bahwa kecepatan suatu situs itu bukanlah apa-apa, berarti Anda telah melakukan kesalahan.

Buang jauh-jauh pikiran “kecepatan situs tidak begitu penting” dari dalam diri Anda.

Kebanyakan orang pasti tahu bahwa kecepatan internet tahun ini berbeda dengan kecepatan internet satu tahun yang lalu, apalagi satu dekade yang lalu. Ini artinya, jika server yang menjadi host situs Anda tidak mampu untuk mengatasi lalu lintas di situs Anda, lama-lama pengunjung akan merasa kesal dan akhirnya akan meninggalkan situs Anda.

Untuk melihat overview tentang kecepatan situs milik Anda, bisa dilihat pada:

CONTENT > SITE SPEED > OVERVIEW

 

Disitu Anda dapat menentukan berbagai hal tentang kecepatan situs Anda, khususnya pada grafik Page Timings, yang memperlihatkan secara detail rata-rata kecepatan loading dalam satuan waktu detik.

Untuk melihat Page Timings, Anda dapat mengaksesnya pada:

CONTENT > SITE SPEED > PAGE TIMINGS

Beberapa halaman yang memiliki banyak gambar atau video akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan halaman yang isinya tulisan saja. Dengan mengetahui kecepatan situs dan apa yang mempengaruhi kecepatan situs tersebut, Anda akan dapat menyimpulkan sendiri apakah suatu halaman pada situs Anda memiliki terlalu banyak Video atau gambar, atau terlalu banyak link yang menyambungkan ke host pihak ketiga seperti JS Plugins atau CSS Libraries.

 

4. Mengecek Browser

Tren dari HTML5 dan CSS3 telah mendorong teknologi internet selangkah lebih maju lagi. Akan tetapi, masih banyak situs yang belum mendukung browser lama dan browser terbaru.

Google Analytics menyediakan beberapa data tentang hal-hal yang berhubungan dengan browser yang digunakan oleh para pengunjung di situs milik Anda, yaitu:

• Jenis Browser yang digunakan beserta versinya

• Sistem Operasi yang digunakan

• Resolusi Layar yang digunakan

• Versi Flash atau Java yang digunakan

Sedangkan untuk melihat data tersebut, Anda dapat mengaksesnya di:

AUDIENCE > TECHNOLOGY > BROWSER & OS

Untuk bergantian melihat data statistik di atas klik pada bagian yang sudah ditandai pada gambar di bawah ini.

Mempelajari statistik dari browser yang digunakan oleh pengunjung, memungkinkan kita untuk menemukan dan melacak masalah (bugs) yang menyebabkan pengguna browser tertentu sedikit.

 

5. Backlinks Melalui Referral

Data statistik referral situs milik Anda, baik yang jangka pendek maupun jangka panjang, akan membantu Anda menemukan situs mana saja yang mengirimkan pengunjung terbanyak untuk situs Anda.

Selanjutnya mungkin Anda juga ingin mengecek keterlibatan trafik ini untuk melihat selama apa mereka berada di situs Anda, dan berapa halaman situs yang sudah mereka kunjungi.

Fungsi ini dapat diakses pada: TRAFFIC SOURCE > SOURCES > REFERRALS

Namun ada situasi dimana mendapatkan trafik pengunjung dari situs yang kita tidak rencanakan seperti pada suatu blog atau situs milik seseorang. Dalam situasi ini, mungkin Anda dapat mengungkapkan rasa terima kasih Anda pada pemilik blog atau situs yang telah mem-backlink situs Anda.

 

6. Grafik Arus Pengunjung

Merupakan salah satu fitur yang mungkin tidak begitu sering disebut dalam dalam hubungannya dengan analisis. Karena tidak setiap orang peduli akan kinerja pengunjungnya. Akan tetapi, informasi ini sangat mudah dicerna.

Informasi ini dapat diakses pada: AUDIENCE > VISITORS FLOW

Pada panel informasi ini, Hal pertama yang harus Anda lihat disini adalah berasal darimana saja pengunjung situs Anda (di blok yang paling kiri). Kemudian garis-garis biru yang menghubungkan antar blok adalah sebuah garis yang juga merupakan hal yang dilakukan pengunjung setelah mengakses situs Anda.

Blok pertama pada grafik atau chart dengan kunjungan terbesar, umumnya disebut landing page dan biasanya merupakan halaman utama situs Anda. Semakin tebal garis yang menghubungkan antar blok yang Ada. Berarti semakin populer atau semakin banyak akses yang masuk ke blok atau halaman tersebut.

 

7. Menggerakkan Media Sosial

Fitur atau fungsi ini memungkinkan Anda untuk mengecek berapa orang pengguna sosial media yang mengklik dan membagian tautan yang Anda bagikan di media sosial, seperti Facebook dan Twitter, tentang konten yang ada pada situs Anda.

Fitur ini dapat Anda akses pada: TRAFFIC SOURCES > SOCIAL > LANDING PAGES

Dengan mengetahui Landing Page mana yang paling populer, Anda dapat mengetahui tentang konten mana yang menarik perhatian pengunjung. [FM]

 

 

 

 

About The Author

Fahd M. 75
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel