YouTube Gaming, Situs Pesaing Twitch

28 Aug 2015 16:00 1961 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kini Anda bisa menayangkan video gaming secara live di YouTube.

Bermain game adalah sebuah cara yang orang lakukan untuk menghormati, mengapresiasi dan menghadiahi diri mereka atas segala hal yang telah mereka lakukan dan mereka alami.

Pada umumnya seseorang bermain game dalam ruangan tertutup seorang diri tanpa ada yang menonton. Namun sekarang hal itu berubah setelah munculnya Twitch.tv, yaitu sebuah situs dimana para gamer dapat menayangkan tayangan mereka ketika bermain game secara live.

Tidak mau kalah dari Twitch, google dengan situs video terbesarnya yang bernama YouTube, merilis sebuah situs yang didekasikan untuk para gamer bernama YouTube Gaming.

YouTube Gaming tidak berbeda jauh dengan YouTube, selain situs ini memang diperuntukkan untuk video gaming, Semua klip yang tersebar di YouTube yang berhubungan dengan game berisikan komentator digabungkan menjadi satu di YouTube Gaming dengan tujuan agar lebih mudah di search terutama bagi video gaming yang secara ditayangkan secara langsung.

Sebelumnya, YouTube hanya berfungsi sebagai situs yang menayangkan video yang sudah direkam oleh para penggunanya, sehingga mereka yang ingin menayangkan video secara langsung akan pergi ke situs lain dimana ada fasilitas untuk menayangkan secara langsung.

Situs video gaming bernama Twitch yang dibeli oleh Amazon satu tahun lalu senilai 970 juta dollar adalah salah satunya. Twitch sudah sangat populer sebagai situs dimana para gamer menayangkan tayangan video yang mereka rekam secara langsung.

Dan sekarang, Google mencoba untuk merebut kepopuleran itu dari Twitch dengan membuat YouTube Gaming.

 

Gaming, sudah lama ada di YouTube

Sudah sejak lama, saluran yang menayangkan berbagai tayangan yang berhubungan dengan game ada di YouTube. Selain itu, kata kunci soal Game juga merupakan salah satu saluran yang paling populer dan paling dicari di YouTube.

Contohnya adalah saluran yang paling banyak memiliki langganan milik seorang gamer bernama Felix Kjellberg yang juga dikenal dengan nama PewDiePie.

Gamer ini membangun fanbasenya dengan tema “Let’s Play” dimana para penonton diajak menonton PewDiePie ketika bermain game sambil menyaksikan celotehan-celotehannya yang pastinya dapat membuat penonton tertawa terbahak-bahak.

Pelanggan saluran gaming milik PewDiePie ini telah mencapai 38.9 Juta, setara dengan empat kali lipat dari populasi negara asalnya Swedia.

YouTube juga merupakan situs pemutar video pertama yang memacu gaming walkthrough secara online yang fungsinya untuk membantu para gamer yang kesulitan bermain suatu game dalam berbentuk video.

 

Perubahan zaman menjadi zaman live streaming

Zaman sekarang, video gaming yang ditayangkan secara langsung sudah mulai populer. Contohnya pada hari minggu kemarin, Jumlah penonton di Twitch yang sedang menyaksikan acara live tembus ke angka 2 juta penonton.

Twitch diperhitungkan telah mendapatkan 4% dari total trafik internet di Amerika Serikat, tepatnya di bagian timur. Memang jika dibandingkan dengan Netflix yang mendapatkan total trafik sebesar 30%, pencapaian Twitch masih bukan apa-apa.

Tapi ternyata, dengan 4% total trafik tersebut, Twitch sudah mengalahkan situs streaming popular lain seperti Hulu dan HBO Go, yang bahkan jika angka trafik keduanya digabungkan masih belum bisa mengalahkan Twitch.

 

Situs video tayangan langsung

YouTube sebenarnya sudah telah cukup terkenal dalam bidang online streaming. Dulu pada tahun 2012, situs ini pernah menayangkan secara live acara tentang seorang pria bernama Felix Baumgartner yang melakukan terjun bebas dari lapisan stratosfir Bumi.

Acara ini dulu disponsori oleh minuman energi bernama Red Bull dan berhasil menarik perhatian penonton sebanyak 8 juta orang.

Namun berbeda dengan Twitch yang menayangkan video secara langsung sehari-hari, Acara live yang ditayangkan YouTube itu lebih bersifat sementara saja, sebagai sebuah event yang secara profesional diproduksi hanya sekali-kali.

 

YouTube dan YouTube Gaming

Yang paling membedakan antara YouTube dengan YouTube Gaming adalah keunikan dalam penggunaannya. Yang pertama, YouTube gaming memudahkan para penontonnya untuk mencari game yang ingin disaksikannya, khususnya tayangan secara live.

Kemudian, YouTube Gaming juga memiliki memiliki tampilan antarmuka yang berbeda dengan YouTube. Contohnya adalah tampilan dimana tayangan langsung dengan penonton terbanyak akan ditayangkan paling atas.

Berawal dari sini, jika pihak YouTube lebih gencar lagi dalam promosi, produk terbarunya yaitu YouTube Gaming, akan mendulang kesuksesan yang mungkin melebihi Twitch. [FM]

 

 

 

 

Tags internet

About The Author

Fahd M. 75
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel