Tips Belajar Mengetik Cepat Dalam Waktu Seminggu Saja

18 Sep 2016 11:30 9019 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tips mengetik cepat sampai bisa selama seminggu 

Belajar Mengetik Cepat -Sebelum saya bekerja sebagai penulis, saya termasuk orang yang mengetik lambat. Ketika membuat skripsi yang notabene lama saya buat, saya mengetiknya dengan hanya beberapa jari saja. 

Bahkan, kadang saya hanya menggunakan empat jari. Satu jari tangan kiri dan tiga jari tangan kanan. Dan kebiasaan mengetik saya ini diejek teman lantaran satu jari tangan kiri saya selalu ada di tombol A. Sementara tiga jari lainnya berkelana ke tombol lainnya. 

Tentu ini membuat saya kadang kesal karena ledekan itu. Saya pun belajar mengetik cepat pelan-pelan tapi tak membuahkan hasil lantaran saya juga malas untuk apa mengetik cepat. 

Barulah ketika memulai karir  sebagai penulis konten di Portal Paseban (Sekarang Plimbi.com) saya mulai belajar mengetik cepat. Saya tidak mau lagi diejek lantaran cara mengetik saya dengan satu jari pada tombol A. 

Karena tuntutan deadline, tentunya saya harus belajar mengetik cepat dalam tempo yang singkat.Saya pun belajar  mengetik cepat dengan sistem ngebut. 

Ketika saya pertamakali mengetik pun dengan deadline jam 12 malam, saya malah bisa membuat dua artikel dalam tempo tiga jam saja. 

Untuk pemula, tentu saja hal tersebut merupakan sebuah pencapaian yang cukup baik. Karena itu, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya agar Anda bisa mengetik cepat dalam tempo yang benar-benar cepat. 

 


1.  Hafalkan Posisi Keyboard!

Tips Belajar Mengetik Cepat Dalam Waktu Seminggu Saja

Saya tidak menyuruh Anda untuk menghafal satu-satu. Tapi, saya ingin agar Anda bisa meperkirakan posisi huruf-huruf yang ada di keyboard. Ingat, hanya hurufnya saja dulu. 

Anda tidak perlu pusing dengan tombol lain. Yang penting Anda bisa memperkirakan posisi huruf pada keyboard. Cara ini adalah cara dasar agar Anda terbiasa mengetik cepat  dan tidak melihat keyboard. 

Hari pertama, sebainya Anda belajar hal ini dulu. 

 


2.  Hafalkan Pola 10 Jari!

Tips Belajar Mengetik Cepat Dalam Waktu Seminggu Saja

Hari kedua, Anda saatnya menghafal pola mengetik sesuai aturan atau sesuai pola 10 jari. Cara mengetik 10 jari ini sangat penting untuk Anda kuasai. Anda bisa belajar dari mana saja, mulai dari situs ataupun dalam permainan. 

Selengkapnya tentang hal ini bisa Anda baca pada artikel 

Metode Cepat Cara Mengetik Sepuluh Jari

 


3. Pengulangan Metode Mengetik 10 Jari 

Tips Belajar Mengetik Cepat Dalam Waktu Seminggu Saja

Jika Anda sudah menentukan metode belajar yang tepat untuk mengetik 10 jari, pada hari ketiga ini Anda diharuskan mengulang lagi pembelajaran mengetik 10 jari. Terapkan pola perkiraan seperti pada poin pertama. 

Jika Anda merasa satu metode dirasa kurang tepat atau masih terasa kurang memuaskan, pada hari ketiga ini juga Anda bisa menggunakan metode lain. Dan, ingat Anda bisa berlatih seharian tapi jangan lupakan istirahat agar jari tidak pegal. 

 


4. “Senam Jari” dengan Keyboard

Tips Belajar Mengetik Cepat Dalam Waktu Seminggu Saja
Metode ini akan lebih melelahkan dibandingkan metode sebelumnya. Metode ini mengharuskan Anda untuk mengetik satu huruf secara terus menerus dengan jari yang tepat. 

Misal, Anda tahu bahwa  tombol keyboard huruf A harus menggunakan jari kelingking sebelah kiri. Nah, Anda kemudian melatih  jari kelingking tersebut dengan terus menekan tombol A. Kalau bisa satu kertas penuh. Inilah yang kemudian saya sebut “senam jari”. 

Metode ini saya kenal dari kakak saya yang waktu sekolahnya belajar mengetik cepat. Waktu itu masih menggunakan mesin tik. 

 


5. Istirahat!

Tips Belajar Mengetik Cepat Dalam Waktu Seminggu Saja

Pada hari kelima, sebaiknya Anda mengistirahatkan dulu jari-jari Anda. Apalagi jika jari Anda terasa pegal. Kalau memungkinkan Anda lepas dari keyboard dan melakukan senam jari yang sebenarnya. Anda bisa meregangkan dan mengepalkannya. 

Jika Anda ingin kembali ke keyboard, sebaiknya tidak perlu berlama-lama. Jika Anda tidak merasa pegal, tidak ada salahnya kembali berlatih tetapi jangan terlalu menguras tenaga. 

 

6. Mulailah Belajar Mengetik Banyak!

 

Sebaiknya, pada hari-hari sebelumnya, Anda bisa mengetik satu kalimat dengan cepat. Nah, pada hari keenam ini, barulah Anda terapkan metode yang sudah dipelajari dengan mengetik banyak kata. 

Cobalah dengan  mengetik ulang artikel berita tanpa mengubahnya. Anda hanya menyalin isi berita. Tidak usah yang panjang-panjang, Anda cukup mengetik berita dengan jumlah 300 kata saja. 

 

7. Targetkan Waktu!

Tips Belajar Mengetik Cepat Dalam Waktu Seminggu Saja

Nah, pada hari terakhir, Anda bisa meningkatkan kemampuan dengan cara menargetkan waktu mengetik. Misal, ketika Anda akan menulis sesuatu, Anda beri waktu bahwa Anda akan menyelesaikan tulisan tersebut dalam tempo yang cepat. 

Saya beri ilustrasi, Anda akan membuat  artikel tentang sesuaut. Materi artikel tersebut sudah ada di kepala Anda. Anda akan menuliskan artikel tersebut dengan jumlah kata sekitar 500 sampai 600 kata.  

Dengan kondisi ini, Anda bisa menantang diri bahwa Anda akan menyelesaikan artikel tersebut dalam tempo 20 atau 30 menit. Jika berhasil, itu prestasi untuk Anda. Tentu jika Anda melewati batas waktu, Anda bisa mengukur kembali dan mengevaluasinya. 


Nah, demikian tips dari saya untuk Anda yang ingin menulis dengan cepat dalam tempo yang singkat. Langkah-langkah tersebut pernah saya lakukan dan cukup berhasil. Hasil tentu saja bisa berbeda tergantung kemauan dan kerja keras. Selamat Mencoba!

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel