Lima Browser Alternatif untuk PC Selain Google Chrome dan Firefox

16 Sep 2016 10:20 12942 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
5 Browser terbaik untuk PC selain Chrome dan Firefox

Broiwser Terbaik untuk PC-Browser di PC identik dengan dua nama saja, yakni Google Chrome dan Mozill Firefox. Keduanya memang cukup terkenal dan hampir semua komputer menggunakan salah satu atau kedua-duanya.

Padahal, masih banyak browser alternatif lainnya yang bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya. Hanya saja entah kenapa, kalau orang sudah memakai satu platform, orang akan sulit untuk pindah lagi. Termasuk dalam penggunaan browser.

Saya sendiri adalah orang yang menggunakan browser alternatfi di komputer kerja saya. Saya tidak memasang Firefox. Saya memasang Googel Chrome tetapi itupun digunakan untuk kepentignan tertentu saja.

Saya pernah memasang beberapa browser lain untuk mencoba kinerja dan kenyamanannnya. Dan yang saya simpulkan, saya memiliki lima browser andalan yang bisa juga jadi alternatif untuk Anda gunakan dalam berselancar di dunia maya.

Berikut daftaranya.

 

1. Baidu Browser

Lima Browser Alternatif untuk PC Selain Google Chrome dan Firefox

Dikembangkan oleh perusahaan Baidu, Baidu browser menghadirkan pengalaman berinternet yang cukup nyaman. Saya tidak merasakan error, hang, ataupun kondisi not responding ketika menggunakan Baidu Browser.

Anda bisa mengandalkan Baidu Browser sebagai andalan. Tidak perlu takut menggunakan browser ini bakal miskin extension. Baidu mendukung extension yang dijalankan di Google Chrome bahkan mampu mengintegrasinya dengan cukup baik.

 

2. Yandex

Lima Browser Alternatif untuk PC Selain Google Chrome dan Firefox

Satu kata buat browser ini, luar biasa. Yandex hadir dengan tampilan antarmuka yang putih dan bersih. Browser ini memiliki kecepatan respon akses ke laman yang diminta dengan sangat cepat.

Posisi tab Yandex ada pada bagian bawah dan ketika pengguna akan mengetik laman atau mencari sesuatu di mesin pencari, pengguna cukup menngetikan hal tersebut di kotak tengah panjang bagian atas.

Yandex sangat cocok untuk Anda yang ingin berselancar tanpa terganggu dengan tampilan dan fitur pilihan yang tidak Anda butuhkan. Download browser yang memiliki kemampuan integrasi dengan Google Chromeini dengan mengunjungi situs resminya.

 


3. SeaMonkey

Lima Browser Alternatif untuk PC Selain Google Chrome dan Firefox

Jika Anda bosan dengan Firefox dan membutuhkan browser alternatif, maka  Anda bisa memilih SeaMonkey.

Browser ini sangat bisa diandalkan untuk berselancar di internet. Ukurannya tergolong ringan ketika dijalankan juga tidak membutuhkan resource besar. Bahkan, untuk menjalankan Youtube, browser ini tidak membuuthkan plugin.

Beda dengan Firefox yang sangat tergantung dengna plugin Adobe Flash.

Satu-satunya kekurangan SeaMonkey hanyalah tampilannya yang terkesan kurang modern. Tampilan desain SeaMonkey masih berkonsep lama dengan frame browser yang lebih besar pada bagian atas.

Tampilan desain tersebut sebenarnya tidak terlalu menggangu. Hanya saja saat ini saya atau banyak orang terbiasa dengan tampilan browser yang minimalis dan memberikan kelapangan untuk berselancar di internet.


4. UC Browser

Lima Browser Alternatif untuk PC Selain Google Chrome dan Firefox

UC Browser merupakan browser andalan yang banyak digunakan di perangkat mobile. Kesuksesan di mobile membuat pengembangnya menghadirkan versi untuk Desktop.

Browser ini jadi alternatif pengganti Google Chrome. Performanya cukup bagus dan tidak kalah dengan performa peramban versi Androidnya. Yang lebih penting, UC Browser termasuk browser yang tidak terlalu mengonsumsi RAM.

Saya cukup nyaman sebenarnya menggunakan UC Browser. Hanya saja, tampilan logo pada sudut kiri atas yang cukup besar membuat saya agak terganggu sehingga saya jarang membuka browser ini.

Tapi buat Anda yang ingin merasakan performa browser yang cukup baik, tidak ada salahnya menggunakan UC Browser sebagai andalan.


5. Vivaldi

Lima Browser Alternatif untuk PC Selain Google Chrome dan Firefox

Vivaldi dikembangkan oleh orang yang sebelumnya mengerjakan Opera. Tidak heran jika tampilan browser ini sangat identik dengan Opera, bahkwan tampilan desainnnya berkarakter Opera Browser.

Yang menarik dari browser ini adalah kemudahan navigasinya, tampilannya yang lebih ciamik dibandingkan Opera serta dukungan komunitasnya.

Jika Anda bergabung di komunitasnya, Anda bisa berbagi pengalaman tentang menggunakan Vivaldi. Anda juga bisa membuat blog, chat dengan banyak orang, dan memiliki e-mail dengan domain â¦..@vivaldi.net.

Saya sangat merekomendasikan Vivaldi sebagai browser khusus bagi mereka yang terbiasa dengan Opera.

Diantara kelima browser tersebut, saya menjadikan Yandex dan Seamonkey sebagai browser andalan. Tapi, untuk browser utama saya tetap menggunakan Opera, sebuat browser yang tidak kalah kemampuannya dengan Chrome dan Firefox.

Alasannya karena Opera cukup nyaman, baik ketika digunakan menonton streaming video (Youtube, Dailymotion, dan sebagainya) maupun digunakan untuk browsing.

Ketika saya membuka banyak tab, Opera tetap lancar dan tidak terasa lambat. Ketika browser terttutup dan dibuka kembali, maka Opera akan menampilkan tab yang sebelumnya terakhir dibuka. Sesuatu yang membuat saya begitu mencintai Opera.

Itulah lima browser alternatif yang bisa Anda gunakan untuk berinternet ria. Anda bisa mencoba semuanya. Tidak ada ruginya. Jika Anda tidak suka, Anda tinggal uninstal program browser tersebut.

 

Tags Browser PC

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel