Fitur, Harga, dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5

25 Aug 2015 11:00 3397 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ulasan lengkap harga dan spesifikasi Galaxy Note 5

 Harga, dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5-Kali ini saya tertarik untuk membahas spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Note 5. Alasannya, tentu saja karena perangkat ini banyak dibicarakan orang. Terutama, mereka yang memang menantikan smartphone unggulan dari Samsung ini.

Terlebih Samsung Galaxy Note 5 hadir sebagai sebuah perangkat dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.  Dukungan prosesor octa core dari Exynos dan RAM 4GB tentunya menjadi jaminan smartphoneini  memiliki kemampuan yang cukup baik.

Untuk lebih jelasnya, mari telisik fitur dan spesifikasi Samsung Galaxy Note 5 berikut ini!


 

Fitur Samsung Galaxy Note 5

Samsung Galaxy Note 5 merupakan sebuah smartphone dengan layar lebar. Banyak orang menyebutnya perangkat ini sebagai sebuah phablet, yang bisa dikatakan sebagai gabungan dari phone dan tablet.

Penyebutan tablet jelas karena betangan layarnya yang biasanya lebih lebar daripada dimensi layar pada umumnya.  Untuk Galaxy Note 5, dimensi layar yang diusung adalah 5,7 inci. 

Dimensi layar ini tentunya cukup lebar sehingga membuat Galaxy Note 5 cocok digunakan untuk mereka yang sering menggunakan smartphone menggunakan pen.

Pen yang digunakan untuk Galaxy Note 5  adalah S-Pen yang mengalami peningkatan dibandingkan seri sebelumnya. S-Pen ini lebih responsif, saat digunakan untuk navigasi layar atau menulis catatan di memo.

S-Pen pun bisa digunakan jika layar Galaxy Note 5 dalam keadaan mati. Tentunya ini membuat Anda bisa bebas menulis apapun yang Anda ingat seketika.

Ada juga fitur Air Command. Fitur ini memungkinkan Anda untuk bernavigasi pada layarnya tanpa menyentuh sama sekali.  

Fitur lainnya adalah teknologi pengisian baterai tanpa kabel. Teknologi ini disebut sebagai Wireless Charging. Selain itu, baterai pada Galaxy Note 5 juga didesain dengan teknologi yang membuatnya bisa lebih hemat daya dibandingkan Galaxy Note 4.

Galaxy Note 4 menggunakan baterai 3.220mAh dan baterai pada Galaxy Note 5 ini kapasitasnya lebih kecil, yakni 3.000mAh saja. Meskipun kapasitasnya lebih kecil, baterainya memiliki kemampuan yang lebih jauh lebih baik karena lebih efisien.

Hanya saja perlu diperhatikan jika baterai pada Galaxy Note  tidak bisa dicopot alias non-removable.

Fitur lainnya adalah fitur keamanan sidik jari yang tentunya akan membuat Galaxy Note 5 lebih terproteksi dan tidak sembarang orang akan menggunakan smartphone Anda.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah sensor SpO2, UV, dan  pemindai detak jantung yang tentunya akan sangat berguna bagi kesehatan Anda.

 

Spesifikasi Galaxy Note 5

 

Sekarang mari lihat spesifikasi Galaxy Note 5 lebih lengkap.

Saya sudah menjelaskan sebelumnya, jika Galaxy Note 5 menggunakan layar 5.7 inci. Layarnya ini cukup lebar dengan rasio bodinya mencapai 75,5%.

Tentunya, layar smartphone ini mampu menghadirkan visual yang baik. Teknologi layar Super AMOLED dan dukungan resolusi 1440 x 2560 piksel menjadi alasannya.  Kerapatan layar  518ppi juga bisa menjadi tolak ukur bahwa layar Galaxy Note 5 ini benar-benar bagus.  

Layar pada Phablet ini semakin mantap berkat dukungan proteksi Corning Gorilla Glass 4. Tentunya ini membuat layar Galaxy Note 5 cukup kokoh, tahan banting, dan antigores.

Untuk kinerjanya, Galaxy Note 5 ini menghadirkan kinerja yang cukup jauh dibandingkan pendahulunya. Berdasarkan ji skor AnTuTu Benchmark yang diungkap Kompas Tekno, nilai AnTuTu Galaxy Note 5 mencapai angka  69.522.

Tentunya nilai tersebut menegaskan bahwa chipset yang tersemat pada Galaxy Note 5 cukup mumpuni. Chipset Exynos 7420 tentunya akan membuat semua orang berpandangan bahwa chipset dari Samsung ini cukup menjanjikan.

Chipset Exynos 7420 sendiri merupakan chipset dengan prosesor delapan inti 64-bit. Chipset ini terdiri dari empat inti berkecepatan 2,1 GHz dan empat inti lainnya berjalan pada kecepatan 1,5 GHz untuk kepeluan mode hemat daya.

Dengan spesifikasi tersebut, jelas membuat Galaxy Note 5 sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi dan games. Terlebih, Gaalxy Note 5 sudah didukung dengan RAM LPDDR4 yang sama persis tersemat dalam OnePlus Two.

Sektor kamera, Galaxy Note dibekali dengan kamera utama 16MP dengan dukungan gambar sampai 5312 x 2988 pixels. Sementara kamera belakagnnya, tersemat kamera 5MP.

Tampaknya, smartphone ini lebih mengunggulkan kamera utamanya dibandingkan kamera depannya. Ini terlihat dari banyaknya fitur yang tersemat pada kamera utama seperti Dual Shot, Simultaneous HD video, image recording, dan lainnya.

Konektivitas Galaxy Note 5 juga tergolong baik dan lengkap. Konektivitas seperti Wifi Dual Chanel, Bluetooth V4.2, NFC, microUSB v2.0, dan GPS  A-GPS GLONASS sudah tersemat di smartphone ini. Tidak ketinggalan, phablet ini sudah mendukung 4G LTE kategori 9 (up to 450Mbps)

Yang disayangkan, Galaxy Note 5 tidak dibekali dengan slot microSD. Itu artinya, Anda hanya mengandalakn penyimpanan internal 32GB saja. Jika Anda ingin kapasitas yang lebih besar, Anda perlu membeli Galaxy Note 5 dengan memori internal 64GB.


Berikut spesifikasi lengkap Galaxy Note 5

 

 

Harga Samsung Galaxy Note 5

Samsung Galaxy Note 5 ini baru diluncurkan dan ketika tulisan ini dibuat, perangkat ini belum masuk Indonesia. Artinya, harga produk ini di Indonesia belum ada keterangan resminya dari pihak Samsung Indonesia.

Hanya yang pasti, jika menilik harga banderol di luar, harganya tentu tidak akan berbeda jauh. Sekadar info, harga Galaxy Note 5 versi 32GB saja dibandrol dengan harga kisaran US$740  atau kisaran Rp 9,9 jutaan.

 

Menilik fitur dan spesifikasinya, tentu saya sangat menginginkan smartphone ini. Sayangnya, harganya kurang bersahabat bagi saya. Jika Anda memiliki dan yang lebih dan memang menyukai tipe phablet, tidak ada salahnya melirik produk ini.

 

 

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel