5 Cara Praktis Menambah Ruang Penyimpanan di iPhone

24 Aug 2015 15:00 3495 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Punya iPhone tapi memori internal selalu penuh? ini solusinya.

Siapa pemilik iPhone disini?

Pasti semua pemilik iPhone sadar dan tahu bahwa kekurangan iPhone itu terletak di ketidak tersediaan penyimpanan eksternal atau yang biasa kita kenal dengan penyimpanan microSD. Namun, yang namanya masalah pasti ada solusinya, begitu juga bagi mereka yang kehabisan ruang penyimpanan pada iPhone pasti ada solusinya.

Bagi Anda yang sering kehabisan penyimpanan pada perangkat iPhone, ada lima cara mudah dan praktis untuk mengembalikan beberapa ratus megabytes pada iPhone Anda.

 

Berhentilah untuk menggunakan pengaturan penyimpanan teks ‘forever’

Secara default, iPhone menyimpan seluruh pesan yang Anda kirim dan Anda terima selamanya. Hal ini mungkin sangat berguna jika Anda ingin menyimpan teks yang pernah Anda terima atau kirim sebagai kenang-kenangan.

Lain ceritanya jika Anda kehabisan penyimpanan internal gara-gara terlalu banyak pesan yang tersimpan di iPhone milik Anda.

Untuk menghentikan iPhone agar tidak lagi menyimpan pesan selamanya di iPhone Anda, Langkah berikut adalah solusinya.

Buka ‘Settings’ / ‘Pengaturan’

Pilih ‘Message’

Scroll ke bawah hingga menemukan ‘Message History’

Pilih ‘Keep Message’

Ubah Forever menjadi 30 Days atau 1 Year (catatan: Pesan Anda akan terhapus secara otomatis dalam 30 hari atau satu tahun, tergantung pilihan Anda)

Jika Anda memiliki pesan berumur di atas 30 hari atau 1 tahun (tergantung pilihan Anda), akan ada jendela baru muncul yang isinya meminta apakah Anda ingin menghapus pesan yang berumur lebih dari pilihan Anda. Pilih ‘Delete’ jika Anda ingin menghapus pesannya.

 

Jangan menyimpan foto yang sama

Jika Anda sering menggunakan mode HDR atau instagram, Anda mungkin akan menyadari bahwa iPhone Anda menyimpan dua foto yaitu, foto HDR dan foto Normal (atau pada instagram, yaitu versi normal dan versi hasil editing).

Berikut adalah langkah-langkah ntuk menghentikan penyimpanan foto HDR secara otomatis.

• Buka ‘Settings’

• Kemudian cari dan buka ‘Photo & Camera’

• Cari ‘Keep Normal Photo’ dan matikan (tombol digital yang asalnya berlatarbelakang hijau akan bergeser ke kiri dan menjadi abu-abu setelah disentuh)

• Selesai

 

Bagaimana untuk instagram?

Untuk menghentikan penyimpanan foto yang sama dalam instagram berikut adalah caranya.

• Buka Instagram

• Masuk ke Profil Anda

• Pilih ‘pengaturan’ atau ‘option’ yang letaknya di kanan atas layar

• Cari ‘Settings’ kemudian matikan ‘Save Original Photos’ (menyala: latar belakang hijau, mati: latar belakang abu-abu)

• Selesai

 

Bersihkan Cache dari browser Anda

Jika Anda sering menggunakan browser Safari, iPhone Anda mungkin banyak menyimpan riwayat dan data yang sebenarnya Anda tidak butuhkan.

Membersihkan cache dari browser Safari Anda tidaklah sulit, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

• Buka ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’

• pilih ‘Clear History and Website Data’

• Selesai

 

Bersihkan data offline

Terkadang Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan ketika Anda sedang browsing di Internet. Mungkin saja ketika Anda browsing, Anda secara tidak sengaja menyimpan aplikasi yang tidak begitu penting ke iPhone Anda.

Contohnya Anda menyimpan halaman yang dibuka oleh browser Safari, untuk dibaca nanti ketika Anda berada di tempat yang tidak memiliki koneksi Internet. Jika hal ini dilakukan apalagi secara terus menerus, akan menyebabkan habisnya ruang penyimpanan yang tersedia di iPhone Anda.

Untuk menghapus data offline tersebut, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

• Buka ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’

• Buka General > Usage > Manage Storage > Safari.

• Lalu geser atau sentuh di bagian ‘Offline Reading List’

• Pilih ‘Delete’ untuk membersihkan cache yang tersimpan di iPhone Anda

• Selesai

 

Dengan selektif menghapus Aplikasi dan Data yang ada di iPhone

Tips dan trik di atas akan memberikan Anda sedikit ruang penyimpanan untuk Anda gunakan. Namun, jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, Anda harus menghapus file-file besar seperti gambar, video, dan musik.

Sebelum melakukan hal ini, Anda sebaiknya memilih-milih dulu file mana yang Anda anggap penting dan tidak penting. Karena tidak mungkin Anda akan menghapus semua file yang ada.

Berikut langkah untuk menghapus file-file besar pada iPhone

• Buka ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’

• pilih General > Usage > Manage Data

Setelah muncul list aplikasi (berurutan dari atas hingga bawah, dari ukuran terbesar ke terkecil) sentuh aplikasi yang ingin Anda hapus.

Contohnya pada gambar di bawah ini, ‘Photos & Camera’ berada di list paling atas dengan ukuran paling besar. Mungkin jika Anda menghapus beberapa file di dalamnya yang menurut Anda tidak penting, dapat mengembalikan beberapa megabytes atau gigabytes kapasitas ruang penyimpanan. [FM]

 

via Cnet

Tags iPhone

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel