5 Situs e-Commerce Media Sosial yang Membantu Anda Berjualan Online

21 Aug 2015 17:00 2992 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lima situs e-commerce media sosial ini membantu Anda berjualan online 

Saya sering menemukan di beranda Facebook, orang berjualan menggunakan Facebook. Diantara teman-teman saya juga ada yang menggunakan Instagram sebagai media untuk berjualan barang. 

Berjualan dengan konsep berbasis media sosial ini memang lebih berkembang diantara penjual individu karena tidak ribet dan bahkan tidak perlu mengeluarkan dana. 

Sayangnya, teman-teman saya ini berjualan produknya hanya kepada orang-orang tertentu saja atau dalam hal ini hanya sebatas teman mereka di media sosial. 

Ada juga cerita teman-teman saya yang ingin jualan di media sosial tetapi bingung jualan apa. Kadang, mereka juga meras riskan jika harus menjual lewat media sosial. Ketakutannya barangkali lebih kepada takut menggangu beranda Facebook teman atau segan karena barang yang dijual kurang menarik. 

Untuk menyiasati keadaan ini, ada beberapa layanan (tepatnya situs e-Commerce) yang bisa dijadikan alat bantu dalam aktivitas berjualan di media sosial.  Layanan ini sering disebut juga sebagai social media e-Commerce

Apa saja kelima layanan tersebut? Berikut saya uraikan lima situs social media e-Commerce yang membantu aktivitas jualan Anda. 

 

1. Kleora 

5 Situs e-Commerce Media Sosial yang Membantu Anda Berjualan Online

Salah satu situs yang saya sarankan ke teman-teman saya untuk menjual produk mereka adalah Kleora.

Dengan situs ini, teman-teman saya bisa menjual produk tidak hanya di media sosial tetapi bisa menjangkau orang-orang lainnya yang membutuhkan produk teman saya. 

Cara kerja situs ini cukup mudah. Jika Anda penjual produk, Anda cukup menghubungkan akun media sosial Anda (Facebook, Twitter, dan Instagram) dengan Kleora. Jika Anda kemudian update produk di media sosial Anda, maka secara otomatis produk tersebut akan muncul di Kleora. 

Dengan sistem ini tentunya Anda bisa menjual barang ke lebih banyak orang. Barang-barang yang dijual pun cukup beragam. Mulai dari produk fashion, kecantikan, peralatan rumah, sampai peralatan yang berhubungan dengan kuliner. 

Yang menarik Kleora merupakan layanan gratis. Kleora akan mendapatkan untung 5 sampai 7 persen jika terjadi transaksi karena Kleoran menerapkan sistem rekening bersama. Artinya, jika produk Anda terjual lewat Kleora, Kleora akan mendapatkan untung dari transaksi tersebut.

 

2. Shopious 

5 Situs e-Commerce Media Sosial yang Membantu Anda Berjualan Online

Salah seorang teman saya ada yang berjualan di Instagram dengan fokus pada produk fashion. Dan saya menyarankan dia untuk menggunakan Shopious, sebuah situs yang mirip dengan Kleora. 

Shopious didirikan tahun 2013. Ketika didirikan situs ini memiliki konsep marketplace C2C layaknya Tokopedia dan Bukalapak. Namun, konsep tersebut ternyata kurang menguntungkan bagi Shopious. Shopious pun melakukan pivot. 

Untuk yang belum tahu, pivot merupakan kondisi bagi sebuah startup untuk melakukan perubahan tetapi masih tetap satu konsep dengan sebelumnya. 

Kondisi pivot ini mriip dengan perubahan Portal Paseban menjadi Plimbi. 

Nah, shopious awalnya sebagai sebuah marketplace tapi kemudian menjelma menjadi website aggregator media sosial Instagram khusus pengguna yang berjualan produk fashion. 

Jika Anda punya akun  jualan produk fashion di Instagram, maka Anda bisa menggunakan layanan ini. Keuntungannya, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. 

Shopious pun tidak mengambil komisi dari transaksi. Hanya saja untuk menggunakannya Anda harus membayar langganan per bulan untuk jumlah foto yang terunggah di Shopious. 

 

3. Zocko

5 Situs e-Commerce Media Sosial yang Membantu Anda Berjualan Online

Zocko adalah layanan yang tepat untuk Anda yang ingin berjualan di media sosial tetapi tidak memiliki produk sendiri.  Anda bisa  mendapatkan keuntungan dari layanan ini dengan membantu menjual produk-produk yang ada di Zocko. 

Bagaiamana cara kerja Zocko? 

Cara kerjanya cukup mudah. Siapapun Anda, Anda bisa brgabung dengan Zocko. Syaratnya Anda memiliki media sosial yang memiliki pengaruh besar terhadap teman atau pengikut Anda.  Artinya, Anda sebagai buzzer. 

Tentu saja layanan ini cocok untuk Anda yang memiliki jumlah followers tinggi di Twitter atau memiliki status (postingan) yang berpengaruh di Facebook dan Instagram. 

Yang perlu Anda lakukan cukup melakukan update status (posting) tentang produk yang Anda pilih di Zocko. Jika Ada yang melakukan transaksi berdasarkan posting tersebut, makan  Anda akan mendapatkan komisi. 

 

4. Oiffel 

Oiffel ini adalah layanan yang mirip dengan Shopious. Perbedaanya, Oiffle tidak fokus pada produk fashion saja. Semua produk yang Anda jual lewat media sosial Instagram bisa ditampilkan di produk ini. 

Menariknya lagi, Oiffel tersedia gratisan alias Anda yang ingin menghubungkan akun Instagram Anda dengan Oiffle tidak perlu berlangganan perbulan. Hanya saja, jika produk Anda ingin tampil di halaman depan, maka Anda perlu emngeluarkan uang. 

Oiffel ini bisa dikatakan cocok untuk Anda yang ingin berjualan di Instagram yang ingin menjangkau banyak orang. Mereka yang terbatas dengan dana tentunya bisa menggunakan layanan ini dibandingkan Shopious. 

 

5. Jualio 

5 Situs e-Commerce Media Sosial yang Membantu Anda Berjualan Online

Jualio adalah marketplace media sosial yang menggabungkan konsep Kleora dan Zocko.  Artinya, Anda yang memiliki produk dapat menjual lewat Instagram, Facebook, dan Twitter kemudian dihubungkan lewat Jualio. 

Anda pun bisa bebas menjual apa saja seperti produk digital maupun produk fisik. Konsepnya yang mirip dengan Zocko adalah riset dari tim Jualio yang akan menilai rating penjual melalui media sosialnya. 

Situs yang didirkkan oleh aktivitas media sosial yang cukup ternama, Nukman, ini nantinya akan memiliki keuntungan dari transaksi barang yang terjadi lewat Jualio. Nilai keuntungan bermacam-macam tergantung nominal barang. Khusus produk digiral, tidak ada biaya transaksi. 

Nah, jika Anda memang fokus berjualan di media sosial, tidak ada salahnya untuk menggunakan salah satu dari lima layanan tersebut. Beberapa teman saya yang jualan produk pun sudah saya rekomendasikan. 

Dan nantinya, jika saya memiliki produk menarik untuk dijual, saya tidak perlu pikir panjang untuk menggunakan salah satu dari lima layana social media e-Commerce ini. 

 

Tags

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel