7 Hal Penting Sebelum Mengadopsi Hewan Peliharaan

18 Aug 2015 14:00 3132 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hal berikut perlu Anda ketahui sebelum mengadopsi hewan

Siapa disini yang berniat untuk mengadopsi hewan peliharaan

Bagi mereka yang suka kucing, anjing atau hewan peliharaan lain dan berencana untuk mengadposinya, baik hewan liar ataupun hewan dari penangkaran, berikut adalah tips apa yang harus anda ketahui sebelum mengadopsi hewan peliharaan khususnya kucing dan anjing.

 

1. Jangan mengandalkan cinta pertama

Jangan melihat hewan peliharaan mana yang paling lucu. Memang benar, kalau suka terhadap hewan peliharaan itu bisa menjadikan para calon pemilik menjadi sayang dan suka memanjakan hewan peliharaannya.

Namun ada hal lain yang harus diperhatikan yaitu tentang pribadi atau personality si hewan peliharaan.

Contohnya, Anda adalah seseorang yang suka berolahraga setiap hari, khususnya jogging. Namun, hewan yang akan Anda adopsi itu hobinya bermalas-malasan di rumah.

Dari perbedaan kepribadian antara Anda, pemilik hewan peliharaan dengan hewan yang Anda pelihara sudah bertolak belakang. Hal ini akan menyebabkan Anda cepat bosan terhadap hewan peliharaan Anda.

Jadi jujurlah pada diri sendiri, cari hewan peliharaan yang Anda inginkan bukan dilihat dari fisiknya saja, namun dari kepribadian dan mungkin juga umurnya.

 

2. Bersiaplah untuk jadi pet trainer

Setelah mengadopsi hewan peliharaan, yang anda harus lakukan pertama kali mungkin adalah melatihnya. Seperti melatih untuk tidak masuk ke lokasi tertentu di dalam rumah.

Anda harus melakukan hal ini langsung ketika hewan peliharaan Anda tiba di rumah.

 

3. Bersihkan rumah Anda

Sebelum mengadopsi hewan peliharaan, alangkah baiknya untuk membersihkan rumah Anda dari berbagai macam hal yang mungkin bisa melukai pet Anda, seperti kabel listrik yang berantakan, mainan atau alat-alat kecil yang mudah tertelan, dan juga racun-racun serangga yang disimpan sembarangan.

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan barang kebutuhan hewan peliharaan Anda seperti mainan, makanan, ikat leher, dan tempat untuk mereka tidur.

Alasannya, dengan memberikan lingkungan yang nyaman bagi hewan peliharaan Anda memungkinkan untuk mereka beradaptasi secara cepat dengan lingkungan hidupnya yang baru.

 

4. Flexibilitas sangat dibutuhkan dalam memelihara hewan peliharaan

Memasang atau menyimpan kandang hewan di tempat yang jauh dari ruang keluarga apalagi di pojokan rumah mungkin tidak akan mengganggu keindahan rumah Anda.

Namun, pilihan seperti itu malah akan membuat proses adopsi menjadi lebih lama, karena hewan peliharaan mungkin merasa tidak nyaman dengan rumah barunya.

Selain itu, bersiap-siaplah untuk menghadapi masalah yang timbul setelah Anda mengadopsi hewan peliharaan, seperti kebutuhan mereka berupa perhatian dan jaminan kesehatan.

Walaupun situasi seperti itu mungkin bukanlah situasi yang ideal, mengadopsi hewan peliharaan itu berarti Anda siap menghadapi tantangan-tantangan yang belum pernah Anda hadapi sebelumnya.

 

5. Bersiap-siaplah mendapatkan perhatian lebih

Mengadopsi seekor hewan mungkin suatu hal yang menakutkan jika dilihat dari tantangan atau masalah yang akan dihadapi kelak. Namun, banyak keuntungan yang didapatkan bagi pemilik hewan peliharaan seperti perhatian yang Anda dapatkan dari hewan peliharaan Anda.

 

6. Mengadopsi mungkin murah, tapi bersiaplah untuk biaya kehidupan sehari-hari

Bagi mereka yang suka akan hewan peliharaan dan berniat mengadopsi hewan peliharaan, lebih baik perhatikan dulu kondisi ekonomi dari pengeluaran Anda setiap hari atau setiap bulannya.

Jika pendapatan Anda masih bersisa banyak setiap bulan, dipersilahkan untuk mengadopsi. Namun, bagi mereka yang selalu kekurangan setiap bulannya, lebih baik jangan mengadopsi hewan peliharaan dulu.

Alasannya, memelihara hewan peliharaan itu butuh biaya yang tidak sedikit. Terutama kebutuhan pokoknya seperti makanan, mainan, obat-obatan, vaksinasi, salon hewan, dan alat-alat kebutuhan lainnya.

Mengurungkan niat untuk mengadopsi hewan peliharaan ketik kondisi finansial tidak stabil merupakan salah satu wujud rasa kasih sayang terhadap hewan peliharaan. Karena dengan tidak mengadopsinya, Anda telah menyelematkan hewan peliharaan yang Anda sukai dari kehidupan yang menyengsarakan.

 

7. Lakukan penelitian

Setelah Anda menemukan hewan peliharaan idaman Anda, jangan terburu-buru untuk mengadopsinya. Pertama adalah meneliti tentang informasi hewan peliharaan yang akan Anda adopsi. Contohnya, Anda akan mengadopsi kucing; pelajarilah karakteristik kucing mulai dari sifat umum pada kucing hingga makanannya.

Cari juga dokter hewan terdekat dengan rumah Anda, agar jika terjadi sesuatu pada hewan peliharaan, Anda tahu harus kemana. Setelah itu, cari tempat penitipan hewan terdekat dari rumah Anda. Agar ketika Anda sibuk nanti, Anda tahu harus menitipkan hewan peliharaan Anda dimana.

Jika Anda tinggal di apartemen, pelajarilah kebijakan apartemen tempat Anda tinggal apakah memperbolehkan hewan peliharaan atau tidak.

Setelah semuanya sudah anda teliti dan pelajari, Anda sudah siap untuk mengadopsi hewan peliharaan. [FM]

 

 

Tags

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel