Wilayah Ini Memiliki Waktu Puasa Terpanjang

22 Jun 2015 14:48 2561 Hits 0 Comments
berpuasa di Bulan Ramadhan adalah Wajib Hukumnya bagi Umat Muslim di Seluruh Dunia. Dan perbedaan waktu ini juga menjadi sesuatu yang wajar mengingat sistem rotasi yang terjadi pada bumi kita membuat terjadinya perbedaan waktu siang dan malam di berbagai belahan dunia.

JAKARTA, Plimbi - Bulan Ramadhan baru memasuki hari ke lima di tahun ini. Umat Muslim di berbagai belahan Dunia saat ini sedang melakukan Ibadah Puasa yang dimulai sejak matahari terbit (Subuh) hingga Matahari terbenam (Mahgrib).

Namun siapa sangka, jika dihitung mengacu pada jarak waktu, terdapat perbedaan waktu berpuasa di beberapa belahan Dunia termasuk di Indonesia. Perbedaan waktu Puasa tersebut dikarenakan kemiringan Bumi dalam perputarannya atau yang dinamakan dengan rotasi Bumi. Perbedaan ini menjadi mencolok apabila melihat dari lamanya berpuasa dalam sehari apabila dihitung dengan menggunakan satuan jam.

Lalu, negara Manakah yang memiliki waktu berpuasa terpanjang dalam satu hari? Secara geografis, Negara pada belahan bumi bagian utara memiliki waktu berpuasa terpanjang, jauh lebih panjang bila di bandingkan dengan negara-negara yang berada di belahan bumi lain seperti di Indonesia.

Namun Wilayah yang memiliki rentan waktu terlama adalah Kota Reykjavik, Islandia, menempati urutan pertama dengan lama waktu puasa 22 jam. Panjangnya waktu berpuasa membuat beberapa praktisi kesehatan khawatir dengan kondisi umat Muslim di Islandia. Namun, beberapa ulama di Islandia menyarankan umat Muslim di sana untuk berpuasa dengan mengikuti waktu di Mekkah. Wilayah lain adalah Stokholm di Swedia. Di wilayah ini menjadi wilayah dengan waktu puasa terlama di Dunia, yakni dengan Rentan 20 Jam 17 Menit disetiap harinya.

 

Baca juga :

               Buat kamu Yang ingin Berhijab pada Ramadhan Kali Ini, Baca Nasehat Ini buat Mempersiapkan Hatimu

               Review Zotac GTX 750 Ti: Graphic Card Entry Level Efisien Bertenaga

 

Sementara Alaska menjadi kota dengan rentan waktu puasa terlama ketiga di Dunia dengan jumlah waktu mencapai 19 jam 45 menit. Sementara kota dengan waktu tercepat adalah kota Punta Arenas di Chile. Di negara ini, puasa dari subuh hingga datang waktu maghrib ialah sembilan jam 43 menit. Untuk di Indonesia sendiri, Lamanya berpuasa di Tahun ini adalah sekitar 13 jam 1 menit. Jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan Islandia ataupun Stokholm.

Untuk mengetahui waktu salat di seluruh negara yang ada di dunia, mulai dari Fajr (subuh) hingga Isya, pengguna bisa mengakses website Islamicity. Di website ini, pengguna bisa memasukan nama kota beserta negara. Wilayah lain adalah Stokholm di Swedia. Di wilayah ini menjadi wilayah dengan waktu puasa terlama di Dunia, yakni dengan Rentan 20 Jam 17 Menit disetiap harinya.

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel