Melihat Pariwisata Garut Melalui Darajat Pass

20 Jun 2015 14:56 10036 Hits 0 Comments
Jika  Bandung dikenal sebagai Paris Van Java, Garut dikenal sebagai Switzerland van Java.

JAKARTA, Plimbi - Selama ini Kabupaten Garut lebih dikenal dengan penghasil dodol dan domba asli Indonesia yang cukup fenomenal. Sesungguhnya Garut merupakan salah satu wilayah di tanah jawa, khususnya di Jawa Barat yang memiliki potensi pariwisata yang cukup besar. Kalau Bandung dikenal sebagai Paris Van Java, Garut dikenal sebagai Switzerland van Java.

Sekitar awal abad ke 20, Garut mulai dikenal dikancah pariwisata mancanegara. Keindahan akan Garut yang permai, pernah digambarkan dalam Encyclopedie van Nederlands-Indie (Ensiklopedia Hindia-Belanda) terbitan tahun 1917, yang menyebutkan Garut adalah salah satu tempat terindah di Jawa dengan iklim nyaman (tinggi 700m) dengan lingkungan yang sangat indah, tempat pesiar yang sangat disukai orang Batavia yang banyak datang di musim kemarau.

Dari sekian banyaknya tempat pariwisata yang tersebar dan berpotensi sebagai income pendapatan daerah, ada tempat wisata yang cukup bagus untuk dikunjungi di wilayah ini, khususnya bagi keluarga yang ingin menjalani liburan bersama, yaitu Darajat Pass (DP), atau bisa disebut Puncak Pass-nya Kabupaten Garut.

Seperti yang diungkapkan oleh Operation Manager Darajat Pass, Andry Moch. Hidayat, salah satu tujuan pembangunan kebudayaan dan kepariwisataan khususnya untuk Darajat Pass adalah menjunjung nilai-nilai kebudayaan dan kepariwisataan yang terkandung di daerah atau lingkungan masyarakat setempat dan memiliki daya tarik untuk di kunjungi para wisatawan baik domestik maupun lokal. “Kebudayaan dan kepariwisataan bertumpu pada semua aspek kehidupan masyarakat, kekayaan alam dan kelestarian lingkungan,geografis dan budaya yang dimiliki masyarakat merupakan aset penting dalam membangun kebudayaan dan kepariwisataan,” ujar Andry.

 

Baca juga :

               Konsep Kendaraan Pariwisata dari Yamaha untuk Masa Depan

               4 Cara Jepang Membuat Smartphone ini Perlu Dicontoh Produsen Asal Negara Lain

 

Kepedulian Akan Potensi Alam

Adapun filsafat kebudayaan dan kepariwisataan Jawa Barat Khususnya adalah keseimbangan hubungan manusia dengan Tuhan, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, adat istiadat dan budaya serta kegiatan kebudayaan tidak boleh melanggar nilai-nilai luhur agama. Selanjutnya keseimbangan hubungan manusia antar individu dengan masyarakat yakni jati diri,kesejahteraan jasmani dan rohani, persatuan dan kebhinekaan, multikultur, kesehatan, saling menghargai, dan mencintai dalam kerangka harmonisasi silih asah, silih asih, silih asuh dan membentuk karakter someah hade ka semah. begitupun keseimbangan hubungan manusia dengan lingkungan alam yaitu pemeliharaan, pemanfaatan dan pengembangan sumber daya alam.

Hal tersebut diaktualisasikan oleh putra daerah yang peka terhadap peluang bisnis demi untuk memajukan daerah serta bermanfaat bagi lingkungannya,maka terbaca betapa kayanya alam indonesia akan keaneka ragaman potensi alam yang dapat dimanfaatkan untuk lingkungan dan daerah sekitarnya.

“Berawal dari pemikiran putra daerah yang menyayangkan terbuang dengan sia-sianya potensi alam mulai menelusuri dan berfikir bagaimana caranya agar potensi yang berupa air panas khas pegunungan yang mengalir dari alam dapat dimanfaatkan. Dengan ketekunan,kesabaran,dan keyakinan hati akhirnya terwujudlah impian besar membuat arena Taman Air ( Water Park ) dengan luas awal area ± 5 Hektare,dengan nama Darajat Pass Water Park. Yang bealamat di Jl.Darajat km. 14 kp. Bedeng desa karyamekar kecamatan Pasirwangi kab. Garut,” ungkap Andry.

Darajat pass water park adalah sebuah objek wisata taman air panas yang memiliki 4 kolam renang dewasa dan anak-anak,hydro terapy. “Kami juga menyuguhkan kepada pengunjung berbagai wahana  waterboom, water slide, kami juga memikili wahana permainan yang dapat memacu adrenalin antara lain out bound, Kuda tunggang, Motor ATP, Flaying fox, Bungge trampoline dan permainan anak seperti Istana balon, Kereta mini dan Scooter. Serta kami memiliki beberapa Penginapan (bungalow) Dengan di dukung panorama alam yang indah nan segar hijau khas perkebunan priangan. Selain itu, kami juga menyediakan event order Family gathering, Tour package Darajat Pass, Pesta ulang tahun, Hiburan live musik, Catering ditambah lagi beberapa fasilitas restoran dan sebagainya,” terang Andry. (red)
Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel