Inilah 5 Aplikasi Android untuk Ramadhan

16 Jun 2015 08:00 2480 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk mendukung ibadah puasa Anda, sudah hadir berbagai jenis aplikasi Android untuk bulan Ramadhan

Aplikasi Android untuk Ramadhan-Bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan datang. Di bulan yang umum dikenal sebagai bulan puasa ini, walau sedang dalam keadaan berpuasa, berbagai kegiatan sehari-hari tetap dilaksanakan seperti biasa. Untuk menunjang ibadah di bulan suci Ramadhan, dengan perkembangan teknologi yang pesat, ada beberapa aplikasi android yang dibuat untuk digunakan pada bulan Ramadhan. Aplikasi-aplikasi tersebut akan membantu dalam memudahkan seseorang untuk mengaji Al-Quran, mengetahui jadwal salat, dan lain-lain. Uraian 5 jenis aplikasi android untuk digunakan pada bulan Ramadhan adalah sebagai berikut.

 

Aplikasi Android Jadwal Imsakiyah 1436H â2015M

Di bulan Ramadhan, kita mengenal istilah imsakiyah yang merupakan penanda segera berakhirnya waktu sahur dan menuju azan subuh. Jadwal imsakiyah ini kini tidak lagi hanya akan didapatkan dari televisi, radio, atau dari pengumuman-pengumuman dari masjid, tetapi bisa juga didapatkan dari gadget android Anda. Salah satu aplikasi yang memberitahu waktu imsak ini adalah “Jadwal Imsakiyah 1436H â2015” yang dikeluarkan oleh Makal Development. Selain bisa mengetahui jadwal imsak, Anda juga bisa mendapatkan jadwal berbuka puasa. Informasi imsak dan berbuka puasa dalam aplikasi ini tersedia untuk seluruh wilayah di Indonesia. Jadi Anda tidak perlu khawatir, di wilayah mana pun berada, Anda tetap bisa mengetahui jadwal imsak dan berbuka puasa.

Link Jadwal Imsakiyah

 

Aplikasi Android Waktu Salat

Butuh pembertitahu waktu salat setiap harinya terutama di bulan Ramadhan? Jangan khawatir, saat ini dalam aplikasi android terdapat aplikasi waktu salat. Aplikasi ini akan menampilkan waktu salat untuk seluruh daerah di Indonesia. Selain itu terdapat juga pengaturan waktu salat yang disesuaikan dengan daerah masing-masing, bisa diatur secara manual atau otomatis. Ketika waktu salat tiba, maka aplikasi ini otomatis akan segera memutarkan suara azan. Bagi Anda yang memiliki aplikasi kompas dalam ponsel, maka ada salah satu fitur dari aplikasi waktu salat ini yang bisa digunakan yaitu fitur arah kiblat. Jadi, ketika Anda tidak sedang di rumah atau berada di luar kota, Anda tetap bisa mengetahui arah kiblat.

Link Waktu Salat, Azan, dan Kiblat

Link Jadwal Salat
 

 

Aplikasi Android Al-Quran

Membaca ayat-ayat suci Al-Quran terutama di bulan suci Ramadhan merupakan hal yang membuat hati menjadi tentram dan nyaman. Untuk Anda yang sering bepergian atau memiliki pekerjaan yang berada di luar ruangan dan tetap ingin bisa membaca Al-Quran selama perjalanan, kini bisa menggunakan aplikasi android Al-Quran portable. Aplikasi ini akan memudahkan untuk Anda bisa membaca Al-Quran di mana saja dan kapan saja. Beberapa aplikasi yang bisa Anda unduh sebagai teman di bulan Ramadhan di antaranya Quran for Android dan Al-Qur’an Bahasa Indonesia. Aplikasi Al-Quran ini juga tersedia terjemahannya sehingga Anda tetap bisa membaca Al-Quran dan membaca terjemahannya juga.

 

Link Al-Qur’an Bahasa Indonesia

Link Quran for Android

 

Aplikasi Android Doa Harian

Doa-doa harian merupakan doa yang dilakukan setiap akan melakukan sesuatu. Tentunya Anda ingin setiap harinya apa yang Anda lakukan menjadi berkah untuk Anda, salah satunya adalah dengan selalu berdoa. Terkadang, tidak semua doa dikuasai, maka dari itu, kehadiran aplikasi android doa harian ini bisa sangat membantu Anda. Ketika Anda hendak melakukan sesuatu dan lupa atau mungkin tidak tahu doanya, Anda bisa segera menyalakan ponsel dan mencari doa untuk melakukan kegiatan tersebut. salah satu aplikasi Android tentang doa harian yang bisa Anda unduh dan gunakan sehari-hari terutama di bulan Ramadhan adalah aplikasi yang bernama Doa Harian Rasulullah SAW.

Link Doa Harian

 

Aplikasi Android Muslim Pro Ramadhan

Butuh aplikasi android pendukung ibadah puasa di bulan Ramadhan yang lengkap? Untuk memenuhi kebutuhan dukungan ibadah Anda di bulan Ramadhan, ada salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Bitsmedia Pte Ltd. Aplikasi android tersebut adalah Muslim Pro Ramadhan. Aplikasi ini bisa dikatakan sebagai aplikasi Ramadhan paket kumplit. Mengapa? Aplikasi ini menyediakan jadwal salat, Al-Quran yang dilengkapi dengan terjemahan dan audio pelafalan, kompas untuk menentukan arah kiblat, kalender Hijriah, informasi restoran-restoran halal, dan masjid. Aplikasi ini ternyata juga hadir dalam berbagai pilihan bahasa. Bila Anda membutuhkan aplikasi android yang lengkap dan mendapatkan semua informasi hanya dari satu aplikasi saja, maka Muslim Pro Ramadhan bisa menjadi pilihan aplikasi yang cocok untuk Anda.

Link Muslim Pro

 

Demikianlah pembahasan tentang beberapa jenis aplikasi android yang bermanfaat pada bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa. [DIA]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel