Lima Cara Belajar Bermain Game agar Menjadi Hebat

22 Dec 2014 15:30 9956 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Lupakan tentang peralatan game yang canggih dan fokus pada dasar-dasar bermain game. Perjalanan dari Noob ke Pro tidaklah mudah dan tidak akan cepat. Bila Anda ingin menjadi lebih baik maka Anda perlu bersabar dan usaha yang lebih gigih.

Lelah menjadi gamer noob? Padahal Anda bukan gamer yang baru. Apalagi, Anda sering mendapat cemoohan dari pemain-pemain lainnya. Ditambah lagi Anda jarang sekali menang didalam game yang paling Anda sukai. Itu memang agak menyakitkan. Anda pelu belajar bermain game yang benar agar nasib Anda berubah.

Lupakan tentang peralatan game yang canggih dan fokus pada dasar-dasar bermain game. Perjalanan dari Noob ke Pro tidaklah mudah dan tidak akan cepat. Bila Anda ingin menjadi lebih baik maka Anda perlu bersabar dan usaha yang lebih gigih.

 

Perbaiki kebiasaan buruk

Untuk meningkatkannya yang pertama dan paling penting adalah sikap yang benar. Kedengarannya memang klise, tetapi klise ini memiliki alasan tertentu. Anda mungkin dapat meningkatkan kemampuan bermain game tanpa sikap yang benar, tetapi prosesnya akan jauh lebih lama.

Bagaimana sikpa yang benar? Sulit mendefinisikannya dengan tepat, jadi mari kita definisikan yang salah terlebih dahulu. Dave Sirlin yang merupakan seorang disainer game dan penantang turnamen memiliki pendapat tentang gamer yang kalah. Scrub. Ini adalah istilah yang yang ering digunakan gamer untuk mendefinisikan gamer yang suka menyalahkan keadaan bukan dirinya atau dengan kata lain membuat pembenaran. Ini adalah salah satu hambatan besar untuk gamer. Contoh scrub:

  • Menyalahkan orang lain untuk kesalahan yang dia buat
  • Selalu membuat alasan atas perfomanya yang buruk
  • Tidak pernah mencari kesalahan yang dibuatnya
  • Tidak pernah berencana memperbaiki kesalahan yang dibuatnya

Scrub membuat gamer kalah sebelum bermain. Ingin bermain dengan benar, hilangkanlah pemikiran di atas. Ketika Anda kalah, buatlah kesalahan bertumpu pada Anda, jangan salahkan sistem game, jangan salahkan tim Anda, jangan salahkan kinerja perangkat Anda. Belajarlah dari kesalahan dan perbaiki semua itu. Itulah sikap pemenang.

 

Temukan mentor pribadi

Hubungan guru-murid adalah hubungan yang umum bila Anda ingin belajar sesuatu. Salah satu jalan terbaik untuk menuju perbaikan adalah belajar langsung dari orang lain. Anda perlu mentor. Jadi, bila didekat Anda ada orang yang lebih baik bermain game dari Anda ajaklah dia untuk mengajari Anda. Atau Anda sering bermain bersamanya. Pertanyaan dengan jawaban langsung sangat penting dalam perkembangan bermain game.

Jika Anda tidak memiliki teman yang bisa dijadikan mentor, carilah di dunia maya. Ini mengharuskan Anda untuk masuk ke komunitas khusus game yang khusus membahas game yang Anda mainkan. Di forum, Anda bisa mengajukan pertanyaan walau jawabannya tidak langsung.

 

Baca juga :

               5 Kejahilan Pada Komputer yang Sangat Mudah untuk Dilakukan

               OnePlus Pergi dari Indonesia, Bagaimana Nasib Garansi Resminya?

 

Baca dan tulis panduan

Mungkin yang paling jelas  untuk meningkatkan kemampuan adalah membaca panduan. Panduan sering ditulis di komunitas atau forum. Jadi, pastikan Anda menelusurinya karena banyak yang akan Anda dapatkan dari situ.

Ada alternatif lain daripada harus membaca panduan. Menulis panduan. Banyak orang yang beranggapan kalau untuk menulis harus menjadi ahlinya terlebih dahulu. Satu sisi itu benar. Anda tidak menyebarkan informasi yang salah sehingga Anda harus tahu betul kalau panduan yang Anda buat benar. Dan ini akan membuat Anda terus bereksperimen. Bila panduan Anda sudah benar menurut Anda, itu akan membantu pemula lainnya.

 

Menonton video dan streaming

Panduan memang berguna, tetapi ada saat-saat gambar dan tulisan tidak cukup menyampaikan makna yang tepat. Video 30 detik bisa menjadi lebih bermanfaat dari seratus panduan teks. Jika Anda tidak menonton video dan streaming, Anda sangat rugi dalam proses belajar.

Selain menonton video, Anda juga perlu melihat komentar orang-orang dan bagaimana video tersebut di tanggapi orang-orang. Carilah channel dari yang sudah pro. Dua contoh channel yang baik adalah Merlini untuk Dota2 dan Day9 untuk StarCraft.

Selain channel, video juga sumber ilmu yang baik. Anda bisa mendapatkan ratusan video mengenai game yang ingin Anda mainkan. Disana tersedia strategi, tutorial dan lain-lain. Dan yang penting lainnya, tontonlah orang yang bermain game yang Anda mainkan. Itu tentu akan menambah pengetahuan Anda.

 

Main diluar kemampuan Anda

Anda perlu bermain diluar kemampuan biasa Anda. Belajar dengan AI atau easy mode memang bisa membantu, tetapi cobalah ke level yang lebih tinggi dan lebih sulit. Tetapi jangan berlebihan juga. Bila Anda baru belajar bermain tenis jangan juga langsung bermain dengan Roger Federer. Anda bisa sedikit demi sedikit meningkatkan level lawan Anda. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel