Apa yang Dapat Diharapkan Dari Sistem Operasi Android di Tahun 2013

31 Jan 2013 18:30 3472 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hanya dalam hitungan hari, tahun 2013 akan segera tiba. Artinya akan ada banyak perangkat Android terbaru diluncurkan. Melalui ajang Consumer Electronic Show yang digelar pada awal tahun, tentunya para pecinta sistem operasi Android akan bertanya-tanya apa saja yang akan dihadirkan produk buatan Google ini.

Hanya dalam hitungan hari, tahun 2013 akan segera tiba. Artinya akan ada banyak perangkat Android terbaru diluncurkan. Melalui ajang Consumer Electronic Show yang digelar pada awal tahun, tentunya para pecinta sistem operasi Android akan bertanya-tanya apa saja yang akan dihadirkan produk buatan Google ini. Merujuk pada perkembangannya pada tahun 2012 ini, ekosistem Android termasuk hardware, software, ataupun produk dari para vendor akan mengalami banyak perubahan. Tren yang telah berlalu tentunya akan menghasilkan harapan-harapan lebih baik di tahun mendatang.

Sebelum kedatangan perangkat HTC Evo 4G, sebagian besar layar smartphone hanya berukuran sekitar 3.2 inci hingga 3.5 inci saja. Berkat popularitas perangkat seperti Samsung Galaxy S III dan Galaxy Note, konsumen dapat menikmati sajian layar berukuran lebih besar. Semakin berkembang, semakin banyak pula vendor yang mengikuti tren pasar tersebut. Di tahun 2013 mendatang, sepertinya Anda masih akan melihat peningkatan dalam hal ukuran layar. Standar perangkat high-end saat ini berada pada ukuran 4.5 inci. Dengan begitu bagi perangkat yang masuk ke dalam kelas kedua atau ketiga diperkirakan akan mengalami peningkatan ukuran. Di samping ikut tingkat ketajaman resolusipun diharapkan akan semakin meningkat.

Para pecinta sistem operasi Android pun sepertinya akan semakin dimanjakan dengan pengingkatan kualitas prosesor. Jika menilik kepada perusahaan seperti Nvidia dan Qualcomm, fakta bahwa quad-core menjadi prospek di masa depan adalah sebuah kenyataan. Dan Android merupakan pesaing terberat diantara para produsen handset di pasar global. Anda pun harus mengantisipasi gelombang perangkat berukuran besar pada tahun depan yang akan didukung oleh prosesor quad-core 1.5GHz atau lebih. Area lain yang sepertinya harus mengalami peningkatan ada pada memori perangkat dan media penyimpanan data. Jika pada tahun ini RAM 2GB dapat menjadi primadona dari spesifikasi lainnya, tahun depan mungkin Anda akan melihat RAM 3GB mampir di banyak perangkat baru.

Tahun 2013 dapat menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengalami pengalaman 3D secara langsung melalui perangkat bersistem operasi Android. Namun hal ini masih menjadi sekadar prediksi belaka. Pasalnya kebutuhan pasar akan teknologi grafis 3D ini belumlah terlalu banyak. Namun, tentu hal tersebut akan menjadi fitur yang sangat menarik pada sebuah perangkat mobile. Selain itu NFC diprediksi akan terus bercangkol pada produk-produk Android sebagai nilai standarisasi sebuah perangkat. Semakin banyak perusahaan yang menekan ruang pembayaran secara mobile, semakin banyak pula konsumen yang tertarik akan kapabilitas teknologi NFC. Sementara itu, secara bertahap isu terbesar dari perangkat smartphone berlayar besar dan memiliki prosesor super cepat adalah kualitas ketahanan baterai. Tentunya di tahun 2013 mendatang, isu ini harus sudah terselesaikan.

Salah satu hal menarik dari Android adalah kemampuannya beradaptasi pada wilayah-wilayah teknologi lain. Samsung Galaxy Camera mungkin bukanlan kamera digital Android pertama, tetapi ia menjadi perangkat pertama yang terikat dengan sebuah operator wireless. Tahun 2013 adalah tahun dimana Anda akan menyaksikan produsen kamera seperti Nikon dan Polaroid saling bersaing menelurkan kamera-kamera Android. Tetapi demi kebutuhan pasar yang besar, tentunya harga perangkat tersebut haruslah mampu mengadopsi kemampuan pasar itu sendiri. Selain itu, Anda pun akan sering melihat produk-produk tablet ataupun perangkat Android lainnya yang khusus diperuntukkan bagi anak-anak.

Dalam sisi produk, Nexus sepertinya akan terus melanjutkan peningkatannya dalam hal hardware. Dengan tiga pilihan varian: Google Nexus 4, Nexus 7, dan Nexus 10, sepertinya tidaklah mudah bagi Google memperbaharui ketiga perangkat dalam satu tahun. Oleh sebab itu Anda dapat mengharapkan peningkatan pada satu perangkat. Menilik adanya perbedaan perusahaan yang menyediakan hardware untuk kebutuhan Nexus, Googgle sepertinya akan kembali menawarkan lini Nexus ini kepada vendor lainnya. Oleh sebab itu tak salah apabila ada beberapa pihak yang memprediksi Motorola akan mendapatkan jatah tersebut. Secara keseluruhan, tahun 2013 akan menjadi tahun yang sangat menarik bagi Android. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel