Fungsi dan Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Control Panel Windows 7

18 Feb 2014 12:45 15701 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Control Panel mungkin merupakan istilah yang sangat dikenal bagi Anda pengguna sistem operasi Microsoft Windows. Namun bagi Anda yang masih pemula tentu masih belum memahami fungsi Control Panel Windows 7 karena di dalamnya begitu banyak ikon dan opsi yang membingungkan.

Control Panel mungkin merupakan istilah yang sangat dikenal bagi Anda pengguna sistem operasi Microsoft Windows. Namun bagi Anda yang masih pemula tentu masih belum memahami fungsi Control Panel Windows 7 karena di dalamnya begitu banyak ikon dan opsi yang membingungkan.

Control Panel merupakan antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi pengaturan sistem dasar serta kontrol melalui applet seperti penambahan hardware, menambahkan maupun menghapus perangkat lunak, pengendalian account pengguna, serta mengubah pilihan aksesibilitas. Selain appalet standar bawaan, applet tambahan juga dapat disediakan oleh perangkat lunak pihak ketiga jika telah terintegrasi. Fasilitas Control Panel sudah ada sejak jaman sistem operasi lama Windows 2.0, namun Control Panel mulai dihadirkan diimplementasikan sebagai folder khusus baru pada Windows 95. Pada setiap versi Windows, tampilan Control Panel mengalami perubahan meski tidak terlalu signifikan seperti dari XP ke 7. Pada sistem operasi terpopuler saat ini yakni Windows 7, fitur Control Panel setidaknya memiliki 8 opsi berdasarkan kategori pada halaman utamanya. Setiap opsi memiliki fungsi masing-masing. Berikut ini ulasan mengenai fungsi Control Panel Windows 7.

  • System and Security

Pada opsi ini Anda bisa menemukan berbagai tool-tool yang berhubungan dengan sistem komputer dan keamanannya. Didalam System and Security setidaknya ada 5 fitur pengaturan bawaan, diantaranya adalah Action Center, Windows Firewall, System, Windows Update,  dan Back up and Restore serta tambahan lainnya sesuai perangkat lunak yang berhubungan dalam sistem. Pada Windows XP opsi ini dinamai Security Center dengan fungsi sama yakni memonitoring serta mengkonfigurasi keamanan sistem komputer yang digunakan.

  • Network and Internet

Sebuah opsi yang didalamnya memuat berbagai tool-tool untuk pemeriksaan, pengontrolan dan pengubahan mengenai sistem jaringan serta internet. 3 tool utama dalam Network and Internet adalah Network and Sharing Center, Home Group dan Internet Options. Pada Windows XP, opsi ini dinamai Network and Internet Connection yang memiliki fungsi tetap sama yakni mengatur perangkat jaringan dan internet.

  • Hardware and Sound

Sudah pasti Anda akan mengetahui fungsi bagian Control Panel ini, yakni pengaturan untuk konfigurasi perangkat keras eksternal dan pengaturan suara. Bagi Anda yang ingin mengatur, memasang, menghapus perangkat seperti printer, speaker dan perangkat lain bisa melalui Hardware and Sound. Pada Windows XP pengaturan ini dinamai Sound, Speech and Audio Device dengan fungsi hampir untuk merubah pengaturan suara speaker pada Komputer.

 

Baca juga :

               Cara Mudah Install Remix OS Tanpa Flashdisk (Dual Boot dengan Windows 7)

               Tak Perlu Aplikasi Task Killer Begini Cara Mengelola Aplikasi di Android

 

  • Program

Selanjutnya adalah opsi Program yang juga sangat penting. Fitur ini memuat berbagai macam tool-tool untuk melakukan instalasi maupun uninstall program atau fitur yang terpasang pada komputer. Atau bahkan juga bisa mengatur program ke pengaturan awal serta menambahkan gadget pada dekstop. Pada Windows XP opsi Program dinamai Add or Remove Program dengan fungsi sama yakni untuk memasang, menghapus program perangkat lunak pada komputer.

  • User Accounts and Family Safety

Cukup spesifik karena pada opsi ini yang ada hanyalah tool-tool untuk pengaturan akun pengguna baik itu membuat maupun menambahkan, dan didalamnya terdapat fitur pasword, peraturan orang tua, dan lain-lain. Pada sistem operasi Windows kategori ini dikenal dengan nama Usser Account dengan fungsi yang tentu hampir sama, yakni mengubah dan mengatur password akun pengguna komputer.

  • Appearance and Personalization

Jika Anda menginginkan perubahan pada dekstop komputer, maka Anda harus masuk dalam opsi ini. Anda bisa melakukan personalisasi seperti penggantian tema, background, screen saver, atau pengaturan display untuk layar, pengaturan Taskbar, pengaturan folder maupun pengaturan Fonts. Dahulu pada, komputer Windows XP, opsi ini dinamai Appearance and Themes dengan fungsi untuk merubah tampilan pada layar komputer.

  • Clock, Language  and Region

Selanjutnya dari fungsi Control Panel ada Clok, Language and Region, sebuah fitur yang berisi beberapa tool-tool untuk mengubah tanggal, jam, zona waktu, bahasa, angka, mata uang, dan lain-lain sesuai tempat dimana Anda berada. Pada Windows XP,  opsi ini memiliki nama yang hampir sama yakni Date, Time, Language and Regional dengan fungsi yang sama persis dengan opsi pada Windows 7.

  • Ease of Acces Center

Bagi Anda yang berkebutuhan khusus, inilah fitur yang harus Anda manfaatkan. Fitur ini bisa dipakai untuk menyesuaikan pengaturan komputer sesuai penglihatan, pendengaran, dan mobilitas serta melakukan konfigurasi pengenalan suara. Pada Windows XP Ease of Acces Center dinamai Accesbillity Options dengan fungsi sama.

Yang penting disini adalah memahami fungsi Control Panel dan jangan takut untuk mengeksplorasinya. Karena banyak fitur pada komputer yang mungkin belum Anda manfaatkan. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel