Mari Mengkaji Lebih Dalam Pengertian CDMA RUIM Card yang Telah Berkembang Pesat di Dunia Ponsel

22 Apr 2015 15:00 41125 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pengertian CDMA RUIM card atau kepanjangannya Removable User Identity Module, merupakan sebuah smartcard yang dirancang untuk disisipkan pada handphone yang secara modern mampu mengidentifikasi pelanggan jaringan CDMA dan didalamnya tersimpan data-data terkait pelanggan yang menggunakannya, seperti kontak, memori pesan, dan rincian layanan

Pernahkah anda mendengar tentang pengertian CDMA RUIM card? Ini merupakan sebuah pengetahuan yang sangat jarang diketahui oleh masyarakat, meskipun sebetulnya banyak sebagian dari mereka telah memiliki dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, Plimbi berinisiatif untuk menuliskan kepada Plimbi semua terkait pengertian CDMA RUIM card sekaligus penjelasan secara lengkap apa saja yang ada dan dimiliki oleh kartu cerdas ini. Mari kita simak bahasannya dibawah ini!

 

Pengertian CDMA RUIM card atau kepanjangannya Removable User Identity Module, merupakan sebuah smartcard yang dirancang untuk disisipkan pada handphone yang secara modern mampu mengidentifikasi pelanggan jaringan CDMA dan didalamnya tersimpan data-data terkait pelanggan yang menggunakannya, seperti kontak, memori pesan, dan rincian layanan. Kartu ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi berbasis CDMA, dimana RUIM bekerja untuk menerima dan melakukan panggilan antar operator tanpa harus melalui proses aktivasi.

 

CDMA RUIM card dirancang dengan bentuk dan dimensi berukuran 86 x 54 mm yang disertai sebuah kartu chip dengan ukuran 25 x 15 mm. Kapasitas penyimpanan pada CDMA RUIM card sangat bervariasi, mulai dari 32 Kb, 64 Kb, hingga 128 Kb. Dengan kapasitas tersebut, RUIM mampu menyimpan data kontak sebanyak 250 hingga 500 nomor, dan pesan singkat sebanyak 30-50 pesan.

 

Apabila kita cermati, pada sisi belakang RUIM card tersemat sederetan angka yang berjumlah 19 digit. Deretan angka tersebut merupakan nomor registrasi fisik RUIM card, yang mana disebut dengan ICCID number (Integrated Circuit Card Identification). ICCID number di tulis pada saat proses produksi RUIM card, yang menunjukkan identitas produsen, tanggal produksi, lokasi produksi, dan berbagai informasi lainnya yang ditetapkan oleh standar ITU (International Telecommunication Union).

 

Pada 2 digit pertama ICCID number, merupakan informasi yang mengidentifikasi manufacture. Kemudian, pada angka berikutnya diatur oleh ITU ke seluruh negara (global) sesuai dengan ketentuan dari badan ITU. Dalam setiap series number yang ada pada ICCID number suatu negara, mereka terdiri dari satu hingga tiga digit. Sedangkan angka selanjutnya diletakkan pada setiap jaringan licenses dari setiap otoritas regulasi nasional. Rangkaian ICCID number pada tiap RUIM card menjamin kode - kode unik yang ditetapkan untuk setiap operator.

 

Layaknya sebuah trobosan teknologi mutakhir, CDMA RUIM card dilengkapi juga dengan secure and protector system. Terkandung sebuah kode rahasia berupa serangkaian angka berjumlah empat digit pada RUIM card. Serangkaian kode tersebut dinamakan Personal Identification Number (PIN) yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna ponsel. PIN bekerja sebagai mekanisme secure yang akan mencegah pihak - pihak tak berwenang untuk menggunakan CDMA RUIM card.

 

Beralih ke mikrosirkit, RUIM card mengandalkan Central Processing Unit (CPU) yaitu sebuah mikroprosesor yang mampu beroperasi untuk menjalankan set instruksi 8 bit. Selain itu, tersedia memory card yang secara permanen menyimpan berbagai fungsi level tingkat tinggi, dimana fungsi - fungsi tersebut bisa dibilang sebagai Smart Card Operating System pada RUIM card. Jenis memori yang digunakan oleh CDMA RUIM card yaitu Read Only Memory yang dasarkan non-volatile memory. Terdapat pula Random Access Memory (RAM) yang merupakan sebuah main memory dimana ia bekerja untuk melakukan penyimpanan data dan informasi berupa nama dan parameter yang diinput kedalam sistem RUIM card. Yang tidak kalah penting dalam sebuah CDMA RUIM card, yaitu Erasable Programmable Read Only Memory, yang merupakan sebuah memory sector yang berfungsi menyimpan data dan informasi berupa aplikasi spesifik, yakni data - data yang menge-set penginputan data issuer, data user, dan juga berbagai operasi didalam kartu.

 

Hal yang tidak kalah penting untuk diketahui lainnya, yaitu seberapa jauh penggunaan CDMA RUIM card yang ada di Indonesia. Bicara soal penggunaan, tentunya RUIM card cenderung digunakan oleh perusahaan - perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi, dimana mereka mempunyai jaringan / basis CDMA 20001X. Beberapa perusahaan telekomunikasi yang mengandalkan penggunaan RUIM card dalam permainan bisnis mereka diantaranya adalah CERIA yang merupakan sebuah produk seluler milik PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, ESIA yang dibangun oleh PT. Bakrie Telecom Tbk, perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk yang mengandalkan CDMA RUIM card untuk menjalankan bisnisnya dibidang operator seluler yang berlabelkan TelkomFlexi. Selain itu, terdapat juga perusahaan - perusahaan lainnya seperti StarOne, PT. Mobile-8 Telecom Tbk, dan sebagainya.

 

Itulah ulasan mengenai pengertian CDMA RUIM card yang disertai dengan penjelasan - penjelasan lengkap, mulai dari sistem hingga penggunaannya di dunia telekomunikasi Indonesia. Dengan tulisan ini, diharapkan Plimbi semua bisa menjadi lebih paham dan memiliki pengetahuan yang lebih luas terhadap fasilitas telekomunikasi yang tersedia di Indonesia. [HRS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel