Apakah Efek Radiasi Handphone Berbahaya? Berikut Cara Kerja dari Radiasi Tersebut

18 Jan 2014 13:00 6724 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Handphone sudah lama menjadi barang umum bagi setiap manusia. Tak dapat dipungkiri, gejala penggunaan handphone telah menjangkiti orang-orang di dunia ini.

Handphone sudah lama menjadi barang umum bagi setiap manusia. Tak dapat dipungkiri, gejala penggunaan handphone telah menjangkiti orang-orang di dunia ini. Setiap hari, setiap jam, bahkan setiap menit, sebagian besar manusia di dunia ini tidak bisa lepas dari yang namanya handphone. Memang, handphone memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia. Namun, apakah setiap manusia tersebut mengerti, jika handphone juga memiliki dampak negatif bagi dirinya sendiri? Dan satu hal negatif yang perlu diperhatikan oleh setiap orang yang menggunakan handphone adalah efek radiasi handphone.

Mungkin, banyak dari Anda yang pernah mendengar fakta-fakta tentang efek radiasi handphone ini. Tetapi, apakah radiasi yang ditimbulkan oleh benda elektronik seperti handphone  akan benar-benar mempengaruhi tubuh Anda? Jangan memikirkannya terlalu dalam. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk benar-benar menarik kesimpulan yang akan bermanfaat bagi Anda.

Tipe Radiasi

Pertama, kita akan memulai dari apa saja tipe-tipe radiasi. Pertanyaannya, apakah semua tipe radiasi ini berbahaya? Tidak. Beberapa dari Anda mungkin telah mengetahui dasar radiasi, seperti misalnya radiasi kosmik dan Radon. Lalu, yang paling sering Anda temui adalah matahari, sumber kehidupan manusia yang paling penting dimana memberikan manusia limpahan radiasi melalui sinar matahari. Setiap hari kita memerlukannya, dan kita sangat bergantung padanya. Sekarang yang perlu diperhatikan adalah, asal dari radiasi tersebut, apakah alami atau buatan.

Polusi Elektromagnetik

Kini, kita beralih pada kata polusi elektromagnetik. Apakah polusi elektromagnetik? Ini merupakan penjelasan tentang  radiasi elektromagnetik yang ditimbulkan oleh perangkat elektronik seperti handphone, Wi-fi router, atau perangkat yang memiliki Bluetooth. Energi yang ditimbulkan oleh benda elektronik ini tidak memiliki kemampuan untuk merusak tubuh manusia, termasuk tidak merusak DNA yang berpotensi dapat menyebabkan kanker. Meskipun radiasi elektromagnetik tidak dapat langsung merusak tubuh manusia, radiasi ini tetap beriteraksi dengan tubuh kita, dimana masih memiliki potensi untuk merusak terutama jika kita menggunakannya secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

 

Baca juga :

               5 Mitos Mencas Handphone

               Zenbo, Robot Buatan Asus Yang Dapat Bantu Manusia

 

Radiasi Elektromagnetik

Lalu, bagaimana radiasi elektromagnetik dari benda-benda elektronik akan berpengaruh pada tubuh manusia? Tubuh kita dapat menyerap radiasi elektromagnetik sebagai energi. Sebagai contoh, jika kita terkena pancaran sinar matahari, maka kulit kita akan terasa hangat bukan? Di sisi lain, energi yang ditimbulkan oleh perangkat elektronik juga dapat bekerja dengan cara yang sama. Hal ini memang akan terjadi pada setiap tubuh manusia, namun tidak dengan cara yang cepat, hanya sedikit demi sedikit. Radiasi elektromagnetik seperti ini akan terus tumbuh pada tubuh kita seiring dengan banyaknya pemakaian perangkat elektronik, serta intensitas hubungan kita dengan perangkat elekronik. Namun, tidak ada hitung-hitungan pasti yang dapat kita gunakan untuk mengetahuinya.

Efek bagi tubuh

Hal yang sering kita dengar adalah efek radiasi handphone pada tubuh kita. Bahkan, tidak hanya handphone, benda elekronik lainpun dapat memberikan efek yang sama. Radiasi elektromagnetik dari benda-benda elektronik ini bisa kita temui pada kehidupan sehari-hari. Lalu, apakah kita harus menghindari benda-benda elektronik tersebut? Tidak, namun kita hanya perlu beradaptasi dalam menghindari potensi merusak yang mungkin dapat ditimbulkan oleh polusi elektromagnetik ini.

Cara melindungi diri

Handphone adalah salah satu contoh yang tepat, karena kita akan menemuinya setiap waktu. Bagaimana cara kita melindung diri dari polusi elektromagnetik yang ditimbulkan dalam penggunaan handphone? Anda bisa memulainya dengan mengurangi intensitas bertelepon langsung melalui handphone. Caranya, cobalah beberapa kali menggunakan headset jika dirasa Anda akan berbincang lama melalui handphone. Selanjutnya, hindari bertelepon ketika sinyal pada handphone sedang lemah, karena di saat inilah radiasi pada handphone sedang tinggi-tingginya. Satu yang juga patut menjadi perhatian lebih adalah, jauhkan handphone dari Anda ketika Anda akan tidur. Cukup mudah bukan?

Kesimpulan

Tentunya, Anda tidak perlu merasa terlalu khawatir dengan efek radiasi handphone ini. Seperti dikatakan tadi, tidak ada hitung-hitungan pasti untuk mengetahui seberapa besar dan bagaiaman efek radiasi ini pada tubuh Anda. Yang perlu diperhatikan adalah gunakan benda-benda elektronik, terutama handphone, dengan cara yang wajar dan bijaksana. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel