Kamera Nikon Terbaru 2012 - Nikon 1 V2 yang Lebih Canggih dengan Adanya Interchageable Lens Camera (ILC)

17 Dec 2012 08:30 3193 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pasar penjualan kamera digital dewasa ini mengalami kemajuan yang pesat, sebanding dengan pasar penjualan ponsel pintar di tanah air. Hal ini bisa kita temukan pada makin ramainya jenis-jenis kamera baru yang muncul di pasaran, salah satunya adalah **kamera Nikon terbaru 2012**, Nikon 1 V2 yang mana kamera Nikon terbaru ini menawarkan fokus otomatis yang cepat dan juga menawarkan daya rekam video yang terbaik di kelasnya.

Pasar penjualan kamera digital dewasa ini mengalami kemajuan yang pesat, sebanding dengan pasar penjualan ponsel pintar di tanah air. Hal ini bisa kita temukan pada makin ramainya jenis-jenis kamera baru yang muncul di pasaran, salah satunya adalah kamera Nikon terbaru 2012, Nikon 1 V2 yang mana kamera Nikon terbaru ini menawarkan fokus otomatis yang cepat dan juga menawarkan daya rekam video yang terbaik di kelasnya. Dan Nikon 1 V2 ini juga menjanjikan memperbaiki beberapa kekurangan yang ditemukan pada V1.

Nikon 1 V2 dilengkapi dengan lensa Interchageable Lens Camera (ILC) sebagai pengganti dari lensa yang dipakai V1 sebelumnya dan datang dengan beberapa upgrade. Selain membawa sensor lensa sebesar 14.25-megapixel dan image profesor, V2 memiliki pegangan yang lebih besar, mode PASM dia dan inbuilt pop-up flash. Nikon juga mempertajam kemampuan snapshot yang mana para pengguna memungkinkan untuk menangkap video 1.6 seconds dan memutarnya pada 4 seconds. Kemampuannya menggunakan shutter elektronik dalam modul burst, V2 juga mampu mencatatkan kemampuannya dalam merekam full-HD video dalam kualitas 1080p.

Nikon 1 V2 ini sendiri akan masuk ke pasar Singapura pada akhir November nanti. V2 dengan 10-33mm kit lense dibanderol dengan harga $899 di Amerika Serikat atau jika dirupiahkan akan mendapatkan angka 8,6 juta.

Desain

Ketika V2 disandingkan dengan V1,V2 terlihat memberikan keseimbangan yang sempurna jika digunakan menggunakan satu tangan, hal ini sudah terlihat dari desain kamera yang dibawanya. Sudut pegangan dari V2 ini terlihat ergonomi yang mana dapat memantapkan pegangan tangan sang pengguna. Ketika lensa ILC terlihat menawan pada balutan warna putih yang bersih, V2 dengan versi warna hitam pun tak kalah menawannya dengan saudaranya yang berwarna putih yang mana justru terlihat menawarkan pegangan yang lebih mantap dan memiliki desain yang premium akibat warna hitamnya yang premium.

Beberapa kekurangan yang diperbaiki pada V1 adalah kurangnya mode dia di sepanjang panel atas kamera. Tombol dia on pada V2 membuat performa kamera ini lebih cepat untuk beralih mode pada saat Anda sedang melakukan pemotretan. Di sisi lain, Anda akan menemukan tombol dia yang mana memungkinkan Anda untuk menggulirkan beberapa gambar ketika Anda melihat gambar hasil tangkapan Anda atau mengatur nilai kecepatan rana ketika mengambil gambar.

Salah satu fitur unik yang bisa Anda gunakan pada Nikon 1 adalah sistem Smart Photo Selector dan Motion Snapshot Mode. Mode ini juga berfungsi pada V2. Mode Smart Photo Selector akan merekam 20 gambar pada 30fps dan memilih lima gambar terbaik berdasarkan kualitas gambar dan komposisi, sementara Motion Snapshot Mode menangkap 40 frame secara berurutan dan memungkinkan Anda bermain kembali dalam gerakan yang lambat.

Kamera ini juga datang dengan fitur Live Image Control yang mana memungkinkan Anda melihat bagaimana tangkapan akan terlihat seperti secara real Time ketika Anda menyesuaikan pengaturan kamera seperti latar belakang, motion balur atau kecerahan.

Performa

V2 memiliki fokus otomatis yang mampu memukau para penggunanya, yang mana fokus otomatisnya ini mampu menangkap gambar secara cepat dengan akurasi yang cepat. Bahkan ini akan semakin cepat jika Anda mengatur fokus menuju ke tengah dan menggunakan face-detection. Mode burst pada V2 juga telah mengalami upgrade dari 10fps ke 15fps. Jika Anda membutuhkan kecepatan, mengaktifkan shutter elektronik akan memberikan kecepatan 60fps speed boost.

Kualitas Gambar

Kamera ini memproduksi warna yang sangat bersemangat dan tajam. Dalam komposisi cahaya yang baik, V2 mampu menghasilkan gambar yang berkualitas. Namun ketika berada di malam hari, lensa kit 18-55mm tidak cukup cepat untuk indoor lightning. Dalam kinerja cahaya yang rendah, seseorang dapat mengharapkan kualitas gambar terbaik dari ISO 100 sampai 400 yang khas untuk kamera kompak. Dari ISO 800, detail gambar dipertahankan dengan sedikit noise. Pada ISO 1.600, detail gambar jauh lebih berkurang. Dan tipikal untuk V2 adalah ISO 3.200.

Kesimpulan

V2 merupakan pemain terbaik dengan kinerja fokus otomatis yang sangat cepat dengan kinerja video di atas rata-rata dalam paket yang kecil. Perusahaan juga telah membahas isu-isu yang lalu dengan menerapkan beberapa upgrade yang berguna seperti built-in flash dan tombol fungsi yang patut dihargai. Namun belum ada kabar resmi kapan kamera ini akan masuk ke dalam pasar tanah air. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel