Cara Mengubah Warna Rambut dengan Photoshop

30 Sep 2013 10:00 10207 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bergaya boleh saja, namun tetap lihat kondisi. Karena akan sangat buruk jika seorang anak yang sekolah sudah menyemir rambutnya dengan berbagai warna mencolok. Tentu itu melanggar tata tertib sekolah. Namun ada cara lain “menyemir” tanpa melanggar aturan, yakni cukup merubah warna rambut dengan Photoshop.

Ya, kali ini Plimbi akan memberikan tips dan tutorial termudah mengenai cara mengubah warna rambut dengan Photoshop. Pastikan Anda tidak akan kebingungan membaca tutorial ini karena menggunakan metode sangat sederhana, tidak ada double layer, add mask layer maupun hal apapun yang sekiranya dianggap rumit. Anda cukup memasukan satu foto orang dengan rambut asli hitam atau warna lain, kemudian gunakan beberapa tool yang sesuai fungsinya lalu gunakan fitur-fitur dalam menu Adjustment (penyesuaian) untuk langkah akhirnya.

Meski terbilang menggunakan cara termudah, Anda tetap harus hati-hati dalam proses olah digital ini agar hasil foto sesuai yang diinginkan serta tidak nampak seperti manipulasi. Simak selengkapnya cara mengubah warna rambut dengan Photoshop di bawah ini:

Menggunakan Quick Selection Tool dan Color Balance

Ada banyak sekali proses editing foto (Retouch) yang memanfaatkan Quick Selection Tool. Begitu juga ketika Anda hendak merubah warna rambut dengan Photoshop. Simak tutorialnya:

  • Masukan satu foto ke dalam Photoshop (direkomendasikan minimal Photoshop CS3)
  • Pilih Quick Selection Tool pada toolbox. Biasanya terletak satu kotak dengan Magic Wand Tool.
  • Aturlah besaran Quick Selection Tool sesuai kebutuhan dengan shortcut “[“ (memperkecil) dan “]” (memperbesar).
  •  Klik Quick Selection Tool pada bagian rambut yang akan dirubah warnanya. Ingat dan hati-hati jangan sampai proses seleksi keluar dari rambut, apalagi jika mengenai area kulit kepala karena hasilnya bisa fatal.
  • Setelah proses seleksi dianggap cukup, lakukan klik kanan pilih Feather dan isi radiusnya hingga 10.
  • Lanjutkan dengan proses pewarnaan. Anda bisa pilih Image – Adjustment dan klik Color Balance. Ada pilihan warna Cyan, Red, Magenta, Green, Yellow dan Blue. Aturlah sesuka hati Anda, sampai benar-benar pas. Selesainya klik OK.
  • Segera Deselect untuk melihat hasil akhir. Jika ada bagian yang kurang terkena pewarnaan maupun bukan bagian rambut terkena pewarnaan, Anda bisa atasi dengan tool Clone Stamp.

Pewarnaan yang bagus adalah warna yang tidak begitu mencolok dan tidak kontras dengan orang dalam foto tersebut.

 

Baca juga :

               7 Tips Singkat Membeli Laptop "Gaming"

               PES Club Manager, Game Adiktif Sebenarnya

 

Menggunakan Quick Selection Tool dan Hue

Selain menggunakan Color Balance, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Hue yang ada dalam opsi Saturation. Namun meskipun berbeda dengan cara diatas, penggunaan seleksi tetap bisa menggunakan Quick Selection Tool untuk kemudahannya. Simak tutorialnya dibawah ini:

  • Masukan foto yang akan diedit ke dalam Photoshop.
  • Untuk proses seleksi rambut masih sama seperti diatas, yakni dengan pilih Quick Selection Tool, atur besarannya kemudian seleksi hanya bagian rambut.
  • Jangan melupakan feather sebelum proses pewarnaan. Sekali lagi jangan sampai menerobos seleksi ke bagian kulit kepala.
  • Bagian pewarnaan adalah proses yang berbeda dengan diatas, namun tetap mudah dan cepat. Masuk ke Image – Adjustment dan pilih Hue/Saturation. Atau agar lebih cepat bisa dengan shortcut CTRL + U.
  •  Geserlah titik point Hue hingga berubah warna sesuai keinginannya. Anda bisa mengatur dengan beberapa warna seperti oranye, hijau, biru, ungu, dan merah.
  • Pada penggunaan Hue sayangnya warna yang dihasilkan tidak begitu muncul dari pengaturan warna asli hitam meski kadang kali tetap terlihat pas. Jika merasa warna yang dihasilkan kurang, Anda bisa mengatasinya dengan menaikan fitur Saturarion.
  • Segera saja klik kanan pilih Deselect, atau CTRL + D untuk melihat hasil akhir.
  • Jika merasa sudah pas Anda bisa langsung save, namun jika ada kelebihan warna yang mengenai luar rambut Anda bisa atasi dengan Clone Stamp.

Ada cara lain selain Hue untuk merubah warna rambut, yakni cukup masukan foto yang rambutnya terseleksi ke fitur Variations dengan cara Image – Adjustment dan klik Variations (biasanya dibagian bawah). Akan ada beberapa pilihan warna yang tersedia dan klik salah satunya. Sangat mudah dan cepat.

Pada proses seleksi rambut dengan Photoshop sebenarnya Anda bisa memanfaatkan berbagai tool untuk proses seleksi seperti Lasso Tool, Plygonal Lasso Tool, Magnetic Lasso Tool, Magic Wand Tool, atau bahkan Pen Tool, maupun Freedom Pen Tool. Hanya saja Quick Selection Tool lebih mudah digunakan dan mudah dikendalikan karena secara otomatis bisa menyeleksi warna dari lingkup subjek yang dianggap memiliki warna hampir sama. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel