Berbagai Penemuan Aneh di Dunia Tentang Masa Lalu

23 Sep 2013 06:00 37105 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ilmuan memang bekerja sangat baik dalam mencari tahu bagaimana dunia ini bekerja. Tetapi terkadang ilmuan juga mencari hal-hal yang mungkin bagi kita tidak layak untuk diteliti. Kali ini Paseban Akan berikan beberapa hasil penemuan aneh di dunia yang mungkin bagi kita tidak terlalu penting. Tetapi bagi ilmuan ini penting untuk mengungkap sejarah masal lalu.

Ilmuan memang bekerja sangat baik dalam mencari tahu bagaimana dunia ini bekerja. Tetapi terkadang ilmuan juga mencari hal-hal yang mungkin bagi kita tidak layak untuk diteliti. Kali ini Paseban Akan berikan beberapa hasil penemuan aneh di dunia yang mungkin bagi kita tidak terlalu penting. Tetapi bagi ilmuan ini penting untuk mengungkap sejarah masal lalu.

Berikut ulasan Paseban mengenai penemuan aneh di dunia:

Seperti Apa Suara Alexander Graham Bell?

Anda sekarang sudah bisa menikmati mendengar suara keluarga, teman atau pacar Anda lintas negara. Alexander Graham Bell sebagai penemu metode telepon dan perekam suara lainnya diam dalam sejarah, kita tidak tahu bagaimana suaranya. Tetapi berkat Museum Nasional Smithsonian American History dan bekerja sama dengan Library Of Congress dan  Lawrence Berkeley National Lab telah mengidentifikasi suara Bell. Rekaman suara ini berasal dari Bell Volta laboratorium dan ini merupakan rekaman yang paling pertama dibuat.

Peneleiti menemukan transkrip rekaman yang ditanda tangani oleh Bell dan diberi tanggal. Baru-baru ini peneliti mencocokkan rekaman ini dengan rekaman tertanggal 15 April 1885. Rekaman tua itu berdurasi sekitar 4 menit. Dalam rekaman ini Bell membaca nomer dengan keras-keras, di tandai dengan “in whitness whereoff, hear my voice, Alexander Graham Bell”. Teknik optik noninvasif digunakan untuk memulihkan suara rekaman ini yang telah dikembangkan selama 10 tahun terakhir. Tim masih mengumpulkan rekaman suara yang lain dari Volta Lab, berharap bisa menjelaskan bagaimana proses inovasi berlangsung.

Warna Kereta Jenazah Abraham Lincoln

Pemakaman Abraham Lincoln diadakan pada tahun 1865 termasuk prosesi kereta melintasi Negara Amerika Bagian Utara. Tetapi pada saat itu fotografi hanya hitam-putih saja dan tidak ada yang tahu warna kereta jenazah Lincoln berwarna apa. Pada peringatan kematian ke 150 tahunnya orang-orang mulai bertanya. Yang berkutat dengan pertanyaan ini adalah ilmuan dari Universitas Arizona bekerja sama dengan pembuat model kereta untuk mencari tahu secara persis warna apa kereta jenazah Lincoln agar bisa mencat dengan benar di replikanya. Kliping Koran cukup memberi petunjuk  tetapi tidak terlalu jelas karena dari waktu ke waktu warna Koran rentan terhadap perubahan. Ditambah lagi terjadi kebakaran pada tahun 1911 yang juga membakar mobil tersebut, semakin sulit dipastikan. Tetapi ada kimiawan UA dan perancang kereta yang antusias, Wayne Wesolowski memperoleh potongan kecil trim dari mobil kereta tersebut. Setelah membandingkan mikroskopik cat dari kereta ke mobil standar nasional warna aslinya terungkap, merah marun gelap.

Jenis Cat yang Digunakan Picasso

Art Institute of Chicago dan Argone National Lab telah bekerja sama untuk menentukan apa jenis cat yang ada di balik gambar terkenal ini. Hasilnya sudah diterbitkan di Fisika Terapan A: Material Science & Processing dan menambahkan teori kalau Picasso adalah salah satu orang pertama yang menggunakan cat rumah yang umum dari pada cat seniman. Untuk mengetahui hal ini ilmuan menggunakan sinar-X energi tinggi untuk mendapatkan tampilan terdekat unsur-unsur kimia pada material. Penelitian ini mengarahkan kalau cat yang digunakan Picasso cocok dengan susunan kimia Ripolin, cat komersial rumah pertama.

Seperti Apa Bau Bumi di Jaman Kuno

Para peneliti telah menemukan bau kuno berdasarkan fosil yang ditemukan sekitar Danau Superior di Kanada. Sebuah tim peneliti telah menerbitkan laporan di Proceedings of the National Academy of Sciences yang menunjukkan bagaimana microba berkumpul di Gunflinitia, sebuah cyanobacterium mirip fosil yang cara makanannya disebut hetereotrophy. Hetereotrophy merupakan hal yang sama dengan bacteria di usus kita saat menghancurkan bahan organik. Ini tidak jauh beda dengan bakteria-bakteria modern, memancarkan bau hydrogen sulfide dengan kata lain, bau telur busuk. Jadi, mereka menyimpulkan kalau 1900 juta tahun lalu akan dipenuhi bau telur busuk kata Prof. Martin Brasier dari Oxford.

Sakit Gigi Tertua

Tahun 2011, Universitas Toronto Mississauga menemukan adanya infeksi oral pada reptil Paleozoic yang hidup 275 tahun yang lalu. Ini memecahkan rekor penyakit gigi terdahulu pada mulut vertebrata darat 200 juta tahun yang lalu. Spesies malang Labidosaurus hamatus harus menghadapi sakit gigi yang didapat dari hidup di tanah dan memakan tumbuhan dan daging. Peneliti menggunakan CT-Scan untuk menemukan infeksi besar yang menyebabkan kerusakan tulang di rahang dan kehilangan gigi.

Keberadaan Franken-Mummy

Benarkan Franken-mummy itu ada? Ya, tetapi belum cukup bukti. Tetapi, ilmuan menemukan tubuh berumur 3000 tahun yang diduga mumi Frankenstein. Ada dua tubuh yang mereka temukan, satu pria dan satu wanita. Tubuh mereka ditempatkan di rawa gambut agar terjaga tidak busuk dan terkubur ratusan tahun kemudian. Para ilmuan menyadari kalau kerangka rahang wanita tidak cocok ke tengkorak. Dan setelah mengetes DNA, ternyata kerangka tersebut dari orang yang berbeda. Kerangka pria ternyata berbeda ratusan tahun dengan kerangka wanita. Teka-teki ini belum terjawab sepenuhnya. Dugaan sementara kepala mereka terputus dan kepala dari jasad lain tertempel pada kerangka tersebut. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel