Belajar Ilmu Astronomi Gratis Melalui 5 Website Ini

14 Dec 2012 19:00 7884 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mempelajari berbagai sesuatu tentang luar angkasa memang sangat mengasyikkan, apalagi jika kita dapat melihat berbagai keindahan benda di luar angkasa. Namun terkadang kita merasa kesulitan untuk mendapatkan berbagai referensi tentang hal-hal tersebut karena kita hanya mendapatkan pelajaran tentang **ilmu astronomi** dasar di sekolah. Kini Anda dapat menemukannya dalam sebuah website online.

Mempelajari berbagai sesuatu tentang luar angkasa memang sangat mengasyikkan, apalagi jika kita dapat melihat berbagai keindahan benda di luar angkasa. Namun terkadang kita merasa kesulitan untuk mendapatkan berbagai referensi tentang hal-hal tersebut karena kita hanya mendapatkan pelajaran tentang ilmu astronomi dasar di sekolah.

Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena terdapat beberapa situs yang memberikan berbagai macam referensi tentang ilmu astronomi. Melalui situs tersebut Anda dapat mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan luar angkasa secara gratis dan mudah. Apa sajakah situs tersebut? Berikut ulasannya.

Science Daily

Science Daily merupakan situs yang sangat tepat untuk Anda para pecinta Sains dari berbagai bidang, karena situs ini menyediakan berbagai informasi untuk berbagai ilmu seperti kesehatan, komputer, Matematika, dan lainnya. Salah satu ilmu yang juga terdapat di situs ini adalah The Space and Time yang terdiri dari berbagai sub-ilmu seperti astronomi, kosmologi, tata surya, dan lainnya. Anda dapat mengunjungi bagian untuk ilmu astronominya di sini.

Pada situs ini terdapat berbagai macam berita, artikel, foto, dan video yang berkaitan dengan semua hal tentang astronomi. Situs Science Daily sangat bagus baik untuk seorang pemua yang baru mulai belajar tentang ilmu astronomi maupun untuk seorang professional yang ingin menambah pengetahuan mereka.

BBC Stargazing

BBC Stargazing merupakan situs yang dibuat dan dikelola oleh BBC sehingga secara tidak langsung situs ini difokuskan untuk pengunjung di wilayah Inggris. Namun bagi Anda yang tinggal di luar Inggris, situs ini juga masih dapat digunakan sebagai referensi. Situs Stargazing ini didesain untuk dapat digunakan oleh berbagai kalangan dan usia sehingga situs ini sangat cocok sekali untuk digunakan oleh anak-anak yang baru belajar ilmu astronomi.

Situs ini menyediakan berbagai macam informasi tentang ilmu astronomi yang dapat Anda akses dalam bentuk tulisan, audio, maupun video. Terdapat juga sebuah grup yang sering melakukan perkumpulan untuk membahas dan belajar bersama tentang berbagai hal di luar angkasa sana. Selain itu, tersedia juga grup foto Flickr yang menawarkan berbagai gambar-gambar menarik dari luar angkasa. Untuk mengunjungi situs ini, Anda dapat mngaksesnya di sini.

HubbleSite

HubbleSite merupakan sebuah situs yang dikembangkan secara resmi oleh organisasi yang menaungi teleskop Hubble. Dari namanya kita dapat mengetahui bahwa situs ini berisi tentang berbagai berita serta penemuan dari teleskop Hubble yang sudah ada sejak tahun 1990. Anda dapat mengunjungi situs ini di sini.

Dalam situs ini terdapat berbagai macam berita dan gambar yang berkaitan dengan teleskop Hubble, seperti bagaimana cara kerja teleskop Hubble dan sebagainya. Selain itu, situs ini juga memberikan informasi tentang benda apa saja yang dapat Anda lihat di langit setiap malamnya dan juga menyediakan sebuah kuis untuk mengukur seberapa jauh pengetahuan Anda tentang ilmu astronomi.

Night Skies Network

Night Skies Network merupakan salah satu dari sedikit website yang menyediakan video live streaming langsung dari luar angkasa. Namun sayangnya berbagai kejadian celestial unik di langit jarang sekali terjadi, sehingga sebaiknya Anda mengunjungi stus ini ketika terjadi gerhana matahari atau fenomena unik lainnya.

Anda juga bisa mendaftar untuk menjadi anggota dari situs ini secara gratis. Dengan menjadi anggota maka Anda dapat melihat video live streaming langsung dari luar angkasa. Selain itu, ada juga fasilitas RSS Feed yang akan memberitahu Anda ketika ada fenomena unik akan terjadi di langit. Untuk melihat situs ini, Anda dapat mengunjunginya di sini.

NASA APOD

NASA APOD (Astronomy Picture of the Day) merupakan bagian dari website yang dikelola oleh NASA. Situs ini sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi setiap hari karena selalu menghadirkan gambar-gambar terbaru setiap harinya.

Setiap gambar yang ditampilkan akan menyajikan informasi detail mengenai gambar tersebut di bawahnya sehingga akan menambah ilmu pengetahuan Anda tentang dunia astronomi. Situs ini juga menyediakan berbagai gambar luar angkasa yang diambil sejak tahun1995. Untuk melihat situs ini, Anda dapat mengaksesnya di sini. (GAN)

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel