Cara Membuat Aplikasi Prototipe Di iPhone Dan iPad

11 Dec 2012 19:00 4827 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Developer pasti memiliki gambaran umum mengenai aplikasi yang dibuatnya. Walau sebagian developer mungkin memiliki teknik dan cara membuat aplikasi yang berbeda seperti langsung megerjakannya ke program pembuat aplikasi, atau langsung membuka Xcode dan mengisi layarnya dengan kode-kode aplikasi.

Untuk membuat sebuah aplikasi tentunya kita membutuhkan konsep. Dari konsep inilah nantinya kita akan bergerak menuju aplikasi yang sebenarnya. Developer pasti memiliki gambaran umum mengenai aplikasi yang dibuatnya. Walau sebagian developer mungkin memiliki teknik dan cara membuat aplikasi yang berbeda seperti langsung megerjakannya ke program pembuat aplikasi, atau langsung membuka Xcode dan mengisi layarnya dengan kode-kode aplikasi.

Prototipe juga dapat berfungsi sebagai kerangka dari sebuah aplikasi. Kerangka ini berfungsi agar si pembuat game tidak terlalu jauh keluar dari konsep yang telah di tentukan. Apalagi untuk sebuah aplikasi yang besar dan kompleks, dan untuk pengerjaannya bukan satu atau dua orang. Tentunya kita membutuhkan patokan agar aplikasi yang dibuat tidak melenceng dari konsep awal.

Bagi pemula, ini juga bisa digunakan untuk mendesain aplikasi yang ada di imajinasinya. Walau belum bisa membuat sebuah aplikasi, jangan hentikan kreatifitas Anda. Simpanlah ide-ide Anda dalam bentuk prototipe yang mungkin nantinya bisa diwujudkan. Berikut 3 aplikasi yang mungkin bisa membantu Anda membuat aplikasi untuk iOS.

POP Untuk iPhone

Ide datang bukan hanya pada saat kita memikirkannya. Terkadang ide juga datang ketika kita mengalami suatu hal atau terlintas begitu saja ketika kita mengerjakan sesuatu. Dan untungnya Anda memiliki iPhone di tangan Anda. Dengan Aplikasi ini, imajinasi mengenai aplikasi yang ada di pikiran Anda bisa langsung di terjemahkan kedalam bentuk desain.

Anda bisa menggunakan kertas mencatat, menggambar atau memberikan coretan keterangan dari gambar Anda di kertas untuk desain aplikasi yang baru ditemukan. Namun, ini jaman digital. Teknologi mempermudah pekerjaan kita dan membuatnya semakin praktis. Ingat, teknologi merupakan perpanjangan tangan manusia. Jadi yang seharusnya rumit kita kerjakan kini dibantu oleh terknologi.

Jika dilhat secara mendasar, POP berfungsi sama dengan kertas yang Anda buat untuk menggambar desain suatu aplikasi. Namanya juga diambil dari hal tersebut, POP (Prototyping On Papper). Dengan tools ini cara membuat aplikasi akan semakin mudah. POP akan membantu menterjemahkan gambar yang Anda buat dikertas kedalam sebuah prototipe. Cukup ambil gambar desain aplikasi dikertas kemudina Anda bisa membentuk link-link antara element-element gambar atau link antar halaman. Setelah itu, Anda bisa berbagi dengan teman-teman atau mitra kerja agar mendapat tanggapan dari mereka. Prototipe ini tentunya akan lebih dimengerti mereka karena penggambarannya akan lebih jelas daripada lembaran kertas desain aplikasi Anda.

POP bisa berjalan di iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPod touch (3rd generation), iPod touch (4th generation), iPod touch (5th generation) dan iPad. Requires iOS 5.0 diatasnya. Aplikasi ini juga sudah dioptimalisasikan untuk iPhone 5. Download POP untuk iPhone gratis di sini dengan ukuran 17,9Mb

AppSketcher Untuk iPad

Aplikasi ini hanya dibuat untuk iPad, tetapi aplikasi ini salah satu aplikasi desain yang cukup baik. Seperti namanya, AppSketcher merupakan aplikasi yang dibuat untuk menciptakan sketsa. Tidak seperti aplikasi sebelumnya yang bisa langsung mengambil foto dari desain kita, pada palikasi ini kita harus menggambar sendiri desain dari aplikasi tersebut. Secara fungsional cara ini lebih membuat kita bisa mengeksplor desain sendiri tanpa harus mengikuti struktur storyboard yang ada. kita lebih bebas berekpresi.

Setelah selesai menginstal, alat pertama yang Anda dapatkan adalah pensil gambar yang berbeda warna. Aplikasi ini memberikan tiga template aplikasi secara gratis yaitu vertikal, horizontal dan template kosong. Untuk menambah template Anda bisa membelinya seharga US$ 0.99. Setelah selesai mendesain, Anda bisa menyimpan filenya dalam bentuk PDF, foto atau langsung menyimpannya di DropBox. POP bisa berjalan di semua iPad dengan iOS 3.2 atau di atasnya. Download AppSketcher gartis di sini dengan ukuran 2.2MB.

iMockup untuk iPad

Jika Anda memang serius bergelut di bidang pengembangan game, sepertinya mengeluarkan uang untuk mempermudah cara membuat aplikasi bukan hal yang berat. Dengan US$6.99 Anda mendapatkan aplikasi prototyping yang lebih lengkap dari aplikasi sebelumnya. Namun, aplikasi ini hanya tersedia untuk iPad saja. Tetapi dengan iMockup Anda bisa membuat kerangka web, aplikasi iPhone dan iPad.

iMockup tampak lebih profesional. Mengisi kanvas desain dengan menggunakan peralatan yang lebih detail lagi seperti snap-to-gridlines, mengukur elemen-elemen aplikasi dan juga posisinya. Kontrolnyapun tergolong komplit untuk sebuah aplikasi pembuat prototipe. Setalah selesai ANda bisa simpan projek dalam bentuk PNG atau Balsamiq BMML. Kemudian bagikan ke rekan-rekan atau mitra kerja Anda. Kompatible dengan iPad dengan OS iOS 3.2 atau di atasnya. Download iMockup untuk iPad US$6,99 di sini dengan ukuran 10.7MB. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel