Cara Menggunakan Fitur Up Next Pada iTunes 11

10 Dec 2012 15:30 2739 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Para pengguna produk-produk Apple tentunya sudah cukup lama menanti kehadiran iTunes versi 11. Pemutar dan toko multimedia online ini rupanya hadir dengan beberapa tampilan serta fitur-fitur terbaru.

Para pengguna produk-produk Apple tentunya sudah cukup lama menanti kehadiran iTunes versi 11. Pemutar dan toko multimedia online ini rupanya hadir dengan beberapa tampilan serta fitur-fitur terbaru. iTunes 11 memberikan nafas baru melalui desain minimalis dan tampil lebih bersih dibandingkan pada versi sebelumnya. Ada beragam fitur terbaru seperti penyatuan fungsi library. Adapula fitur yang hanya hadir pada versi 11 ini seperti Expanded View yang memungkinkan penggunanya melihat isi sebuah album untuk memudahkan proses pencarian lagu. Adapun Apple telah membuat tampilan iTunes terbaru ini dalan versi yang lebih kecil. Mereka menamakannya sebagai Mini Player agar dapat melihat informasi mengenai lagu yang tengah diputar.

Secara tampilan, Apple telah mendesain ulang layanan multimedia miliknya ini. Maka penggunanya akan mendapatkan kenyamanan saat menonton, mendengar, melakukan browsing, dan berbelanja beragam hal melalui layanan ini. Bahkan versi 11 ini mampu memutar file multimedia yang berada di iCloud. Hal tersebut tidak dapat digunakan pada versi pendahulunya dan hanya dapat dilakukan di iTunes Store saja. Versi ini sejatinya sempat tertunda satu bulan dari rencana awal perilisannya. Bersamaan dengan tampilan baru itu pula muncul sebuah fitur bernama "Up Next." Fitur tersebut seperti penyambung playlist antara iTunes. Anda dapat menambahkan, mengatur, menyunting, dan menghapus lagu dari fitur ini kapanpun.

Untuk mulai menggunakan Up Next, update iTunes Anda ke versi 11 dan lihat tampil library musik. Saat mengarahkan mouse kepada nama artis, album, atau lagu Anda akan mendapatkan sebuah tanda panas kecil muncul. Klik pada tanda panas tersebut untuk memunculkan sebuah daftar langkah yang harus Anda lakukan. Pilihlah opsi "Play Next" untuk memainkan artis, album, atau lagu yang telah dipilih sebelumnya. Atau Anda dapat menambahkannya ke dalam Up Next dengan memilik opsi "Add to Up Next."

Untuk melihat daftar yang berada di Up Next Anda, klik pada tiga garis di bagian atas layar. Anda akan melihat berapa banyak lagu yang telah masuk ke dalam daftar dan perintah apa yang akan mereka mainkan. Agar dapat dengan epat melihat history dari Up Next Anda, klik pada jam pada bagian atas daftar. Untuk membersihkan daftar yang telah dipilih dapat dengan mudah dilakukan dengan memilih opsi "Clear." Saat mengarahkan mouse pada lagu, maka Anda akan melihat beberapa ikon tambahan muncul di samping lagu. Pada bagian kiri Anda akan mendapatkan sebuah tombol untuk menghapus lagu. Sedangkan bagian kanan merupakan ikon panas yang sama seperti pada library musik. Anda punn dapat melakukan drag serta drop beragam lagu untuk melakukan pengaturan daftar lagu.

Saat menambahkan beragam hal seperti album atau artis ke dalam daftar Up Next, iTunes 11 akan bertanya apakah Anda ingin membersihkan list terlebih dahulu atau menambahkan item terbaru ke dalam daftar. Fitur iTunes 11 terbaru ini pun tersedia saat Anda menggunakan Mini Player. Melalui Mini Player Anda dapat menggunakan seluruh fungsi yang sama seperti sebelumnya. Klik pada ikon pencarian memungkinkan Anda mencari library dan menambahkannya ke dalam Up Next. Hal tersebut dapat dilakukan tanpa membuat iTunes secara penuh.

Pihak Apple sendiri telah memberikan sedikit bocor mengenai update aplikasi iOS Remote terbaru. Update tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengontrol Apple TV beserta library iTunes. Hal tersebut memungkinkan penggunanya untuk menonton dan menyunting daftar Up Next Anda melalui perangkat iOS. Selain Up Next, ada beragam fitur-fitur terbaru yang diberikan oleh Apple. Up Next sendiri tidak dapat dikatakan sebagai sebuah fitur yang revolusioner, tetapi ia memberikan warna tersendiri kepada para pengguna iTunes yang terbiasa menggunakannya sebagai pemutar musik utama mereka. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel