Intip Spesifikasi Xbox Terbaru yang Sebentar Lagi Rilis

3 Dec 2012 12:30 3559 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Topik tentang rilis konsol video game terbaru dari Microsoft pada tahun 2013 sudah makin sering beredar di forum-forum games dan portal teknologi. Meskipun sampai saat ini Microsoft sendiri belum pernah merilis pernyataan resmi tentang rencana produk baru mereka. Spekulasi yang berkembang bahwa penerus Xbox baru tersebut akan dinamai -Xbox 720-, -Durango-, bahkan -Xbox 3.

Topik tentang rilis konsol video game terbaru dari Microsoft pada tahun 2013 sudah makin sering beredar di forum-forum games dan portal teknologi. Meskipun sampai saat ini Microsoft sendiri belum pernah merilis pernyataan resmi tentang rencana produk baru mereka. Spekulasi yang berkembang bahwa penerus Xbox baru tersebut akan dinamai ‘Xbox 720’, ‘Durango’, bahkan ‘Xbox 3. Hingga akhirnya titik terang mulai terlihat pada akhir tahun ini, setelah beredar bocoran mengenai spesifikasi yang akan termuat pada Xbox terbaru, seperti dilansir dari computerandvideogames.com, yang turut memajang foto konsol masa depan itu. Dalam foto yang menampilkan Xbox berwarna hitam dalam posisi vertikal dan horizontal tersebut, terlihat bahwa Xbox baru masih akan berbentuk kotak kaku seperti pendahulunya. 

Dengan model lebih minimalis, Microsoft menjejalkan tempat untuk cooling fan, sync button, usb slots dan tentu saja port input dan output audio/video pada mainan barunya itu. Dijelaskan lebih lajut bahwa Xbox nantinya akan mengaplikasikan Kinect 2.0 yang dapat membaca gerakan jauh lebih detail sampai gerakan jari tangan sekalipun. Selain itu, jumlah pemain yang bisa turut bermain pun makin bertambah hingga 4 orang sekaligus. Pada sisi pembaca data, Xbox tersebut akan menggunakan piringan Blu-Ray. Seperti diketahui, sampai saat ini hanya Sony Playsation 3 saja yang menggunakan format piringan Blu-Ray. Bahkan Wii U dari Nintendo saja masih menggunakan DVD dual-layer yang memiliki kapasitas simpan data lebih kecil daripada Blu-Ray.

Pada bagian inti dari sistem mesin, Microsoft menggunakan prosesor quad-core dengan kapasitas RAM mencapai 8GB. Sebuah lompatan besar daripada Xbox yang ada sekarang, yang hanya berada diangka RAM 512 MB. Bisa dibayangkan kualitas grafis yang akan dihasilkan nantinya, meski secara umum grafis saat ini pun sudah cukup halus dan terlihat detail. Dan dari kesemua detail tersebut, fitur Augmented Reality (AR) jadi yang paling menarik. Keberadaan AR memungkinkan permainan di Xbox dapat dikembangan lebih jauh dengan memasukan fitur interaksi menggunakan benda atau ruangan di sekitar area permainan.

Satu yang belum terlihat adalah tampilan kontrolnya, apakah akan tetap sama atau mengalami perubahan radikal seperti halnya Wii U. Yang jelas perkembangan informasi tersebut semakin menambah rasa penasaran para penyuka video game, apalagi dikabarkan Sony juga siap meluncurkan Playstation 4. [DMS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel