Tidak Tahan Dengan Kinerja Komputer Lambat? Berikut Penyebabnya

5 Dec 2012 19:00 2994 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada berbagai macam alasan bagi komputer maupun laptop yang memiliki performa lambat, menimbulkan masalah pada sistem serta membuat pekerjaan kita tertunda. Pada saat Anda sedang berinternet, mengetik menggunakan Word, ataupun sedang bermain game, kinerja komputer yang lambat sangat membuat masalah.

Ada berbagai macam alasan bagi komputer maupun laptop yang memiliki performa lambat, menimbulkan masalah pada sistem serta membuat pekerjaan kita tertunda. Pada saat Anda sedang berinternet, mengetik menggunakan Word, ataupun sedang bermain game, kinerja komputer yang lambat sangat membuat masalah. Namun dalam banyak kasus, komputer yang bermasalah ini akan bisa untuk diperbaiki, sekalipun keadaan komputer tersebut sudah parah. Dari mulai penggantian hardware hingga yang sederhana seperti melakukan pembersihan pada harddrive, segala permasalahan komputer dapat diperbaiki. Khusus untuk sistem komputer yang berjalan lambat, Anda dapat memperbaikinya jika telah memeriksa apa yang salah pada komputer Anda. Berikut ini merupakan daftar yang akan membantu Anda untuk mencari permasalahan mengapa kinerja komputer Anda berjalan lambat dan tidak semestinya.

System Startup

Booting Windows secara mendasar akan mengambil waktu yang sama pada berbagai komputer, dan hal ini dilakukan saat Anda berpikir kinerja komputer sedang tidak baik. Ketika Anda memasukkan software pada komputer, beberapa dari software tersebut akan dibuka sebagai bagian dari Windows StartUp, dan hasilnya akan mengganggu sistem komputer, atau bisa juga komputer Anda dapat mengalami crash. Untuk memperbaikinya, Anda disarankan untuk mengurangi jumlah aplikasi yang bekerja pada komputer Anda. Berbagai program juga dapat dipekerjakan untuk bersahabat dengan Windows StartUp yang berjalan lambat, seperti halnya MSConfig hingga Autoruns.

Temporary file

Temporary folder ditujukan untuk mempercepat kinerja Windows dan juga browser dengan menyediakan layanan akses file yang dapat dibuka dengan cepat. Ini dimungkinkan untuk data yang Anda unduh dari website atau dari berbagai program lain. Ketika kapasitas harddisk Anda hampir 90% penuh, Anda akan menemukan jika performa komputer Anda akan terkuras secara nyata. Untuk mencegahnya, satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menghapus temporary file dari Windows dan membersihkan browser internet Anda termasuk menghapus internet history dan temporary file internet melalui browser internet Anda.

Virus dan Spyware

Jika Anda memiliki program keamanan komputer, seharusnya program tersebut akan melindungi komputer Anda dari malware dan virus yang menyerang sistem. Software yang mudah diserang merupakan alasan mengapa performa komputer lambat, dan dapat memasukkan virus dengan mudah ketika Anda melakukan instalasi software yang baru Anda unduh melalui internet. Malware yang bisa datang berupa virus, worm, dan trojan dapat membuat gangguan yang cukup parah pada komputer Anda. Anda dapat menghentikan hal-hal tersebut dengan mempersenjatai komputer Anda menggunakan antivirus dan juga program anti malware yang dapat Anda jalankan setiap waktu. Menghapus malware dan virus akan menjadi pekerjaan yang sulit jika Anda tidak memiliki program-program tersebut.

Security software

Cobalah untuk mencari program anti malware atau anti spyware dengan reputasi yang baik, yang akan bekerja selaras dengan komputer Anda. Di antaranya juga terdapat program gratis yang dapat digunakan, tetapi dari mereka juga akan melakukan pekerjaan yang terlalu banyak pada sumber sistem. Anda dapat memeriksa jika security software bekerja pada banyak sistem dengan membuka Task Manager melalui klik kanan pada Windows taskbar atau dengan menekan CTRL+ALT+DELETE.

Menggunakan tab Process dan Performance, Anda dapat mengidentifikasi program apa yang menguras tenaga pada sistem. Jika yang meyebabkan security software, Anda akan memperbaiki hal ini pada program setting, atau jika tetap terjadi maka Anda dapat menghapusnya. Dengan banyaknya program antivirus dan anti malware lain yang disediakan gratis diinternet, maka menghapusnya merupakan hal yang mudah.

Uninstall Program

Ketka Anda melakukan uninstall suatu software pada Windows, hal tersebut tidak benar-benar menghapus semua file di dalamnya pada komputer Anda. Dengan begitu, file yang tidak terhapus itu akan menumpuk yang akan memenuhi kapasitas penyimpanan komputer Anda, kemudian bisa menyebabkan performa komputer berjalan lambat. Jika Anda menggunakan program uninstaller, maka program tersebut dapat menghapus file yang Anda inginkan hingga ke akar-akarnya, dan membersihkan sistem komputer Anda. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel