Nikon D5200 - Kamera Digital Nikon Terbaru di Kelas Mid-Range

30 Nov 2012 11:30 3589 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kamera Nikon terbaru D5200 datang untuk menggantikan bersi D5100. **Kamera digital Nikon terbaru** ini diperkenalkan guna memperbaiki kamera D5100, salah satunya adalah termasuk sensor 24.1 megapiksel dan peningkatan kemampuan fokus otomatis yang diusungnya. Selain prosesor baru EXPEED 3, para calon pengguna juga akan menikmati tampilan antar muka yang sama sekali baru serta penambahan mikrofon stereo built-in.

Kamera Nikon terbaru D5200 datang untuk menggantikan bersi D5100. Kamera digital Nikon terbaru ini diperkenalkan guna memperbaiki kamera D5100, salah satunya adalah termasuk sensor 24.1 megapiksel dan peningkatan kemampuan fokus otomatis yang diusungnya. Selain prosesor baru EXPEED 3, para calon pengguna juga akan menikmati tampilan antar muka yang sama sekali baru serta penambahan mikrofon stereo built-in. D5200 ini mampu merekam film full-HD dalam resolusi 1080p, kamera mampu menangkap gambar 5 fps dalam burst mode dan sports 921k-dot yang mana nantinya hasil gambar tangkapan Anda akan bisa Anda lihat pada layar artikulasi.

Fitur Baru yang Dibawa Nikon D5200

24.1-megapixel CMOS sensor menawarkan berbagai ISO dari 100 sampai 6.400 yang mana masih bisa ditingkatkan hingga 25.600, kamera 24.1 megapixel DX format CMOS dengan penambahan tingkat dari prosesor EXPEDD 3 akan menjanjikan kualitas gambar yang lebih baik dalam cahaya rendah.

Tampilan Antarmuka yang Baru Nikon telah mengimplementasikan grafis tampilan antarmuka yang memberikan pengguna sebuah gambaran singkat dari pengaturan kamera saat ini, bersama dengan tiga pengaturan kunci, shutter speed, aperture dan ISO, yang mana diwakili dengan tiga buah onscreen dials yang selalu siaga untuk para penggunanya.

Sistem Fokus Otomatis yang Ditingkatkan dipersenjatai dengan sistem autofocus 39-point, pengguna dapat memilih antara menggunakan berbagai kelompok focal point dan bahkan menggunakan pelacakan 3D untuk mempertahankan kunci fokus pada subyek bergerak.

HDMI Output yang Tidak Terkompresi kamera Nikon terbaru ini akan memungkinkan untuk merekam video full-HD dengan output HDMI yang tidak terkompresi, yang mana berarti bahwa videographer akan memungkinkan untuk mendapatkan kualitas video yang tinggi.

Inbuilt Stereo Mikrofon Nikon kini menambahkan mikrofon stereo yang akan menyediakan gambar kepada Anda dengan kualitas perekaman audio yang lebih tinggi pada saat pengambilan video.

Desain

Ketika D5200 dan D5100 disandingkan, sangat sulit menemukan perbedaan di antara keduanya, karena keduanya memang memiliki desain yang sama. Perbedaannya hanya terletak di penambahan mikrofon di atas tempat lampu flash dan tombol khusus pemotretan yang telah ditanamkan di dalam D5200. Salah satu yang menarik dari tampilan antar muka baru yang diusung oleh D5200 adalah adanya tiga tombol key circular onscreen dial untuk melakukan perubahan lebih visual. Seperti contohnya Anda dapat melihat aperture blade terbuka dan tertutup saat Anda mengubah pengaturan. Tampilan antar muka juga memberikan Anda gambaran tentang semua pengaturan kamera Anda dan memungkinkan penyesuaian pengaturan yang sering digunakan.

Tidak seperti pendahulunya, D5200 memungkinkan shutterbugs memiliki pilihan untuk memilih di antara pengaturan fokus otomatis yang berbeda. Bahkan memiliki fitur pelacakan 3D yang mana sangat berguna untuk menjaga fokus terkunci pada fokus yang bergerak.

Ada juga beberapa tingkat kustomisasi yang mana para pengguna dapat menetapkan pengaturan yang sering digunakan melalui tombol fungsi yang terletak di dekat bagian depan snapper. D5200 diperkenalkan dengan dua warna yang berbeda, merah mengkilap perunggu, dan hitam matte yang mana memiliki daya tarik yang disukai oleh para penggunanya.

Nikon D5200 tampaknya ditujukan untuk para pemula yang ingin belajar fotografi. Nikon mengklaim bahwa antarmuka pengguna grafis diubah sedemikian rupa karena agar para pengguna pemula lebih memahami hubungan antara kecepatan dan rana, aperture dan ISO. D5200 kemungkinan juga akan menarik perhatian para videographer dengan anggaran dana yang terbatas, karena kamera ini mampu memberikan file video kualitas tinggi dengan output HDMI yang tidak terkompresi saat merekam film dengan full-HD.

Aksesori

Selain memperkenalkan beberapa fitur baru, Nikon D5200 ini juga memperkenalkan aksesori pendukung seperti wireless triger kit yang berguna sebagai remote shooting, yang terdiri dari penerima nirkabel (WR-R10) dan pemancar nirkabel (WR-T10). Dibandingkan dengan pemicu jarak jauh yang khas yang menggunakan inframerah yang mana juga membutuhkan line-of-sight secara langsung, kit baru ini memanfaatkan gelombang radio 2.4GHz untuk secara nirkabel mengontrol kamera hingga jarak 20m.

Harga

Untuk harga sendiri, Nikon masih belum mengkonfirmasi berapa harga D5200 di pasaran Asia dan juga ketersediaan dari kamera ini. Namun menurut kabar yang beredar, kamera ini akan masuk ke dalam pasar Asia pada Desember mendatang. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel