Lenovo K800 - Handphone Lenovo Android Pertama Berprosesor Intel Atom Z2460 dengan Fitur WiDi

16 Jan 2012 17:00 9121 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di mata para pengguna komputer, Intel merupakan *brand* yang sangat popular dan hebat. Kiprahnya dalam di bisnis prosesor komputer tak perlu diiragukan. Namun bagaimana dengan handphone Lenovo K800 yang ditanamkan prosesor Intel? Mampukah lebih baik?

Di mata para pengguna komputer, Intel merupakan brand yang sangat popular dan hebat. Kiprahnya dalam di bisnis prosesor komputer tak perlu diiragukan. Namun, pada tahun 2012 belakangan ini Intel pun mulai mencoba peruntungannya di dunia mobile. Sudah cukup lama beredar isu terkait ketertarikan Intel merambah bisnis tersebut. Saat itu, mereka dikabarkan sedang mengembangkan produk perangkat mobile yang akan dirilis pada tahun 2012.

Akhirnya, isu tersebut telah tejawab. Intel benar-benar telah terjun untuk bersaing dengan merek-merek lama dan ternama. Dengan rilisan prosesor perangkat mobile-nya yang pertama ini, Intel menggaet Lenovo untuk menciptakan handphone pertama yang menggunakan prosesor Intel buatannya.

Rilisan prosesor Intel tersebut bernama Atom Z2460 yang memiliki kekuatan hingga 1,6 Ghz, selain itu juga didukung dengan teknologi Intel Hyper Threading. Prosesor ini pun mendukung HSPA+ dengan platform Intel XMM 6260 yang merupakan manufaktur fabrikasi 32 nanometer. Intel menanamkan prosesor ini dalam handphone Lenovo K800. Lenovo merupakan salah satu dari dua perusahaan yang bekerja sama dengan Intel.

Handphone Lenovo ini berjalan pada sistem operasi Android 2,3 Gingerbread. Sistem operasi tersebut telah mengalami berbagai modifikasi agar sistem operasi Android dapat bekerja dengan baik di perangkat yang menggunakan prosesor Intel. Lenovo 800 hadir dengan layar standar sebesar 4,5 inci atau 1280x720 piksel.

Lenovo K800 dilengkapi dengan kamera 8MP berkemampuan ISO hingga 3200. Sedangkan fitur konektivitasnya pun cukup lengkap dengan kehadiran WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 3,0 dan dipersenjatai dengan GPS. Selain itu, handphone Lenovo ini pun memiliki fasilitas jaringan 4G Long Term Evolution (LTE), Near Field Communication (NFC) dan juga HDMI port.

Ada satu fitur menarik yang terdapat pada handphone Lenovo ini. Hadirnya fitur WiDi atau Wireless Display yang dapat dipergunakan untuk menonton TV dengan menggunakan adapter. Lenovo berhasil membuat K800 terasa ringan dengan berat 160 gram. Namun, tampilan desainnya tidak terlalu menarik. Meskipun demikian, handphone ini dapat memainkan game dan video dengan sangat baik. Bahkan, kinerja yang ditampilkan Lenovo K800 dapat bersaing dengan perangkat high-end yang menggunakan chipset model ARM.

Lenovo mengklaim bahwa baterai sebesar 1900 mAh yang digunakannya dapat bertahan dalam kurung waktu yang cukup lama. K800 memiliki dua speaker kembar yang terdapat di atas dan di bawah handphone Lenovo ini. Anda pun dapat menemukan microUSB, jack handphone serta tombol power.

Untuk rilisan pertama, Lenovo dan Intel akan mulai memasarkannya di Cina. Dalam waktu dekat ini pula, prosesor Atom ini akan digunakan oleh Motorola untuk memproduksi produk terbarunya. Keberanian Intel memproduksi prosesor handphone pertamanya ini menjadi bukti bahwa mereka siap bersaing dengan produk-produk seperti ARM, Qualcomm dan NVIDIA. Tiga merek tersebut adalah produk-produk yang mendominasi pasar prosesor untuk mobile, tablet dan smartphone. Apakah Intel akan berhasil dengan handphone Lenovo K800 miliknya? Kita lihat saja nanti! [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel