Tips Cara Merawat Laptop Lama agar Tampak Seperti Baru

26 Nov 2012 08:30 6042 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Komputer akan berjalan lambat seiring berjalannya waktu. Begitu juga yang terjadi dengan laptop. Siapapun yang memiliki komputer ataupun laptop selama lebih dari tiga tahun akan mengalami kejadian seperti itu. Apa yang saat pertama tampak berjalan cepat, kini telah melambat dan performanya menurun.

Komputer akan berjalan lambat seiring berjalannya waktu. Begitu juga yang terjadi dengan laptop. Siapapun yang memiliki komputer ataupun laptop selama lebih dari tiga tahun akan mengalami kejadian seperti itu. Apa yang saat pertama tampak berjalan cepat, kini telah melambat dan performanya menurun.

Ada alasan untuk hal seperti ini, khususnya pada laptop. Sistem operasi akan lebih maju setiap waktu, lama pemakaian hardware, dan menyebabkan kinerja menurun tidak seperti saat bulan-bulan pertama memakainya. Inilah yang menyebabkan orang membeli laptop secara berkala, untuk memperbaharui kinerja laptop. Merawat laptop merupakan jalan bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya berlebih untuk mengganti sebuah laptop, dan Plimbi memiliki tips cara merawat laptop lama Anda agar tampak seperti baru kembali.

Bersihkan Laptop

Semua bentuk laptop akan dihinggapi debu dan menjadi kotor setiap waktu. Dalam skenario terburuk, kotoran tersebut akan menghambat kinerja laptop dengan memberikan debu. Temperatur internal akan meningkat, mengurangi efisiensi dari hardware pada laptop Anda. Problem buruk lainnya adalah beberapa komponen mungkin akan mengurangi performanya, yang akan membuat laptop berjalan lambat. Merawat laptop dengan cara membersihkannya adalah ide yang bagus

Membersihkan laptop bukan merupakan suatu hal yang sulit. Semua laptop, tidak terkecuali Macbook dari Apple, memiliki akses internal tersendiri dengan mengambil panel di bagian bawah. Ini sering direkomendasikan, dan Anda akan mengambil sekrup untuk kemudian menggunakan benda yang tajam dan kecil untuk membuka panel. Setelah ada di bagian dalamnya, gunakan alat untuk menyemprotkan udara yang akan membersihkan debu, atau bisa juga udara dari Anda dengan cara meniupnya. Bersihkan debu-debu di bagian pojok dan sela-sela komponen dengan menggunakan kapas ataupun kain yang halus. Setelah itu semua dilakukan, pasang kembali unit yang dilepaskan. Jangan lupa untuk membersihkan layar, karena hal ini penting agar laptop Anda tampak bersih. Anda mungkin butuh untuk melakukan hal ini secara berkala pada laptop yang Anda miliki, agar laptop Anda tetap terlihat baru.

Install Ulang atau Mengganti Sistem Operasi

Merawat laptop tidak harus dari luar saja, di dalampun Anda harus meperhatikannya. Sistem operasi dapat menjadi lemah setiap waktu. Secara ideal, Anda harus memperbaiki berbagai problem dengan melakukan uninstall pada software ataupun menghapus registry entries. Dalam kasus yang lebih besar, hal-hal tersebut akan sia-sia untuk dilakukan, atau usaha yang dilakukan tidak lebih baik dari melakukan install ulang pada sistem operasi.

Ketika Anda berpikir tentang melakukan install ulang pada sistem operasi Anda juga harus berpikir tentang mengganti sistem operasi tersebut. Jika laptop Anda berdiri pada sistem operasi versi lama dari Windows, misalnya Windows Vista, naikkan level menjadi Windows 7. Atau Anda juga bisa beralih ke arah lain, dengan melakukan install sistem operasi alternatif. Dengan merawat laptop melalui sistem operasi, maka Anda telah menyelamatkan laptop dari kemunduran.

Upgrade RAM

RAM merupakan hardware yang direkomendasikan untuk dilakukan upgrade pada laptop lama, dan ini memiliki suatu alasan yang bagus. Sistem operasi baru akan berjalan pelan tidak hanya karena performa processor yang tidak memadai, tetapi juga berasal dari performa memori yang kurang. Upgrade ini direkomendasikan karena biasanya mudah untuk dilakukan. Kebanyakan laptop memiliki panel kecil, yang biasanya akan dilindungi oleh satu atau dua sekrup, yang akan menjaga RAM. Buka panel tesebut dan Anda dapat melakukan upgrade tanpa mengobrak-abrik isi laptop. Perhatikan juga instruksi manual pada laptop Anda.

Menggunakan Solid State Drive (SSD)

Kecepatan hard drive merupakan hal yang biasa dibicarakan. Kebanyakan laptop memiliki transfer data yang lambat. Kabar buruknya, hard drive kualitas biasa ditemukan pada laptop yang memiliki waktu akses yang lambat. Hal ini akan menyebabkan laptop berjalan lambat dalam melakukan proses ketika Anda membuka file baru. Jadi, hal seperti ini tidak hanya disebabkan oleh prosessor, tetapi juga hard drive dimana memiliki sistem mekanikal dalam membaca data.

Untuk merawat laptop seperti ini, gunakan solid state drive. SSD tidak memiliki unit mekanikal, yang akan membuat akses laptop menjadi cepat. Transfer data akan berjalan dengan baik, jadi berbagai program pada laptop dapat dibuka secara cepat. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel