Tips Memperkuat Keamanan Sistem Operasi Mac OS X

1 Oct 2013 20:00 3015 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Walaupun masih kalah banyak dari sistem operasi Windows dalam hal pengguna, namun sistem operasi Mac OS X mulai meraih popularitas beberapa tahun belakngan ini. 

Walaupun masih kalah banyak dari sistem operasi Windows dalam hal pengguna, namun sistem operasi Mac OS X mulai meraih popularitas beberapa tahun belakangan ini. Seiring meningkatnya popularitas terebut, maka secara otomatis para hacker juga mulai melirik sistem operai ini sebagai sasaran operasinya. Terbukti, slogan bebas virus yang selalu disematkan pada sistem operasi Mac akhirnya dicabut oleh Apple pada tahun 2012 yang lalu. Oleh karena itu, kali ini Plimbi akan mengulas beberapa cara untuk meningkatkan keamanan Mac seperti yang direkomendasikan oleh Costin Raiu, yang merupakan Kaspersky Lab Expert.

1.    Buatlah akun non-admin untuk kegiatan sehari-hari

Akun default pada Mac OS X Anda adalah pengguna administrator, dan pembuat malware dapat mengambil keuntungan dari sana untuk menginfeksi komputer Anda. Untuk kegiatan sehari-hari, Anda disarankan untuk membuat akun non-admin dan log in menggunakan akun administrator jika ada keperluan saja.  

2.   Gunakan Google Chrome

Google Chrome merupakan browser yang sangat direkomendasikan karena berbagai keunggulannya, salah satunya adalah karena Google Chrome lebih sering diperbaharui dibandingkan dengan browser Safari milik Apple. Sebagai tambahan untuk sandbox, Chrome dilengkapi dengan versi sandbox dari Flash Player yang memberikan penghalang yang signifikan untuk website berbahaya. Google Chrome juga memiliki mekanisme pembaharuan yang stabil yang menghilangkan pembatas pada kerapuhan keamanan.

3.   Hapus Flash Player

Flash Player milik Adobe kerap kali menjadi target hacker dalam mengambil alih komputer Anda. Versi lama dari Flash Player sangat beresiko pada saat Anda melakukan browsing di internet. Untuk menghapus Flash, Anda bisa menggunakan dua pilihan yang disediakan Adobe, untuk versi 10.4 – 10.5 dan 10.6 dan lainnya.

4.  Hapus Java

Seperti halnya dengan Flash Player, Java juga merupakan target para hacker untuk menanamkan malware dalam perangkat Anda. Sayangnya, Apple tidak memperkenankan Oracle untuk memperbaharui Java untuk Mac secara langsung. Mereka melakukannya sendiri, biasanya beberapa bulan kemudian. Hal ini membuat window of exposure pada Mac membutuhkan waktu lama daripada pengguna PC sehingga Anda disarankan untuk menghapusnya dari komputer.

5. Jalankan Software Update

Belakangan ini banyak penyerangan terhadap Mac OS X mengambil keuntungan dari software tua atau tidak terbaharui. Biasanya Microsoft Office, Adobe Reader/Acrobat, dan Java Oracle, namun banyak aplikasi lainnya yang dapat disalahgunakan juga. Office untuk Mac 2011 lebih baik daripada keamanan Office untuk Mac 2008. Jika Anda masih menggunakan 2008, Anda disarankan untuk memperbaharuinya menjadi 2011. Kapanpun Anda melihat Apple “Software Update”, pastikan Anda melakukan perbaikan dan reboot perangkat jika diperlukan.

 

Baca juga :

                   Delapan Mac OS X Add-ons yang Akan Membantu Aktivitas Anda

                   Kulkas Pintar ini Dijual Seharga 78 Juta Rupiah Lho!

 

6. Gunakan pengelolaan kata sandi

Tidak seperti halnya Windows, Mac memiliki pengelolaan kata sandi yang sudah terpasang dalam sistem “Keychain.” Jika memungkinkan, coba untuk membuat frase unik dan kuat dan simpan mereka dalam keychain daripada harus mengingat kata sandi yang lebih mudah. Kapanpun pelaku kriminal dunia maya menyerang, mereka akan menggunakan kata sandi yang sama pada semua akun Anda – Gmail, Facebook, eBay, PayPal dan lainnya. Oleh karena itu, dengan memiliki kata sandi yang kuat dan unik pada setiap sumber, mampu menciptakan keamanan yang lebih kuat untuk keamanan online.

 7.  Jangan aktifkan IPv6, AirPort dan Bluetooth jika tidak dipergunakan

Matikan koneksi jika tidak dipergunakan atau tidak diperlukan. Hal ini diperuntukkan untuk IPv6, AirPort dan Bluetooth yang menjadi celah bagi para hacker dalam menyerang. IPv6 merupakan protocol komunikasi terbaru yang dapat dipergunakan pada Mac.

Untuk menonaktifkannya, Anda dapat memilih menu Apple > System Preference dan kemudian tekan Network. Jika Network Preference dikunci, klik pada icon kunci dan masukkan kata sandi Admin untuk melakukan perubahan. Pilih network service yang Anda inginkan dengan IPv6, seperti Ethernet atau AirPort. Klik Advanced dan klik TCP/IP. Klik pada Configure IPv6 menu yang muncul (biasanya diatur secara otomatis) dan pilih Off.

8. Nyalakan full disk encryption (Mac OS X 10.7+) atau Firevault

Pada Mac OS X Lion, Apple memperbaharui solusi encryption (FileVault) dan menambahkan full disk encryption, yang dikenal dengan sebutan “FileVault 2”. Hal ini memberi keuntungan pada keamanan untuk keseluruhan disk dibandingkan dengan home folder dan bisa sangat berguna jika laptop Anda dicuri.

9.  Perbaharui Adobe Reader

Adobe Reader telah menjadi target incaran bagi pelaku kriminal dunia maya pada platform Windows dan masih menjadi peringkat tertinggi di antara perangkat di seluruh dunia. Pastikan Anda mendapatkan versi terbarunya dengan cara mengunduh pada halaman Adobe. Sayangnya, banyak dari versi lama masih tersedia untuk diunduh dan sangat membingungkan.

10. Pasang Antivirus

“Mac tidak terinfeksi virus” telah menjadi tema yang biasa kita dengar sejak iklan 2006 dengan gambaran PC yang “sakit” dan Mac yang “sehat”. Enam tahun telah berlalu dan situasi telah berubah dramatis. Tahun 2011, pelaku kriminal dunia maya mulai menekan DNSChangers dan memalsukan anti-virus pada pengguna Mac dengan cara yang agresif. Trojan Flashback yang muncul September 2011 menyebabkan gebrakan besar pada Maret 2012 yang terhitung setengah juta pengguna di seluruh dunia terinfeksi. Oleh karena itu Anda wajib untuk memasang antivirus yang sudah memiliki nama untuk menjamin keamanan komputer Anda. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel