Cara Upgrade Hard Disk PS3

21 Aug 2013 11:15 25659 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Game konsol telah menjadi pusat media utama bagi banyak orang, yang dapat berarti mengunduh sejumlah besar film. Di samping semua kontroversi seputar Digital Right Management (DRM), saat ini Anda dapat mengunduh judul premium AAA tanpa harus menunggu kepingan plastik tiba di kotak pos Anda.

Game konsol telah menjadi pusat media utama bagi banyak orang, yang dapat berarti mengunduh sejumlah besar film. Di samping semua kontroversi seputar Digital Right Management (DRM), saat ini Anda dapat mengunduh judul premium AAA tanpa harus menunggu kepingan plastik tiba di kotak pos Anda. Jika Anda pelanggan PlayStation Plus, Anda memiliki banyak game baru yang benar-benar bisa Anda dapatkan setiap bulan. Namun ini berarti, Anda harus memiliki ruang penyimpanan yang besar. Inilah mengapa Anda harus mengupgrade ruang penyimpanan Anda. Untungnya, Sony memudahkan upgrade hard disk PS3 – tidak seperti Microsoft, yang menguncinya dan meminta Anda untuk membeli model yang disetujui pihak pertama saja. 

Perlu Anda ketahui bahwa upgrade hard disk PS3 Anda tidak akan membatalkan garansi.

Drive Apa yang Harus Dibeli?

PlayStation 3 membutuhkan drive SATA 2,5 inci – sama seperti yang Anda temukan di laptop, bukan desktop. Anda juga bisa menggunakan SSD atau drive tradisional, namun sebaiknya Anda menggunakan yang sesuai dengan kemampuan saja. Terutama drive tebal – 12.5mm – mungkin membutuhkan case mod, sehingga Anda mungkin menemukan beberapa drive 1 TB yang tidak cocok.

EuroGamer menemukan bahwa dalam hal keuntungan kinerja untuk menginstal game, yang menjadi faktor pembatasnya adalah drive Blu-ray – memiliki SSD tampaknya tidak begitu membantu untuk sebagian besar game. Dalam hal waktu memuat game, Gran Turismo 5 memakan waktu dua kali lebih lama (sekitar 30 detik) untuk memuat level tertentu pada drive 5400 rpm dibandingkan dengan SSD, namun game lainnya melihat sedikit atau tidak ada manfaat. Sebagai kesimpulan, Anda tidak akan melihat perbedaan yang nyata. Keseimbangan antara harga dan kinerja tampaknya sebuah kebohongan di drive 7200 rpm.

Jika Anda ingin menyimpan data Anda saat ini, Anda akan membutuhkan satu lagi hard drive eksternal dengan koneksi USB, asalkan memiliki setidaknya kapasitas drive Anda saat ini, tidak ada masalah dengan ukuran fisik. Untuk mengupgrade drive PS3 Anda, yang dibutuhkan adalah obeng cross, dan dalam beberapa kasus, kepala obeng untuk membongkar bagian kotaknya.

Langkah Pertama: Backup

Dengan asumsi Anda ingin menyimpan game dan profil yang saat ini Anda mainkan, terlebih dahulu Anda harus menyalin sistem penuh. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

  • Ini tidak akan menyalin game dan media yang diunduh dari store – Anda harus mengunduhnya kembali pada sistem upgrade Anda.
  • Trophy yang tidak terkait dengan akun PSN tidak dapat disalin, sehingga sebaiknya Anda terlebih dahulu membuat akun PSN untuk setiap pengguna.
  • Game tersimpan yang copy-protected akan disalin, namun mereka tidak dapat digunakan pada sistem lain. Jadi selama Anda mengembalikannya ke PS3 yang sama, seharusnya tidak ada masalah.
  • Drive yang Anda gunakan saat ini dienkripsi – Anda tidak bisa hanya menghubungkannya ke PC dan meng-copy seluruh file kemudian, hal itu harus dilakukan dengan menggunakan utilitas cadangan.
  • Drive dikunci untuk PS3 Anda – Anda tidak dapat memberiknya kepada teman dan meminta mereka mengakses file Anda, ia akan meminta untuk diformat ketika mereka memasukkannya ke PS3 mereka.

Sebelum menyalin, drive USB eksternal harus diformat dengan FAT32, bukan NTFS. Data yang ada tidak akan ditimpa.

Mulai membackup dari System Settings -> Backup. Data akan disimpan dalam folder PS3 -> EXPORT -> BACKUP.

Sebelum melanjutkan, penting juga untuk mengunduh dan menginstal firmware terbaru. Setelah memastikan Anda menjalankan software sistem terbaru pada PS3, kunjungi website ini untuk mengunduh file instalasi sistem yang diperlukan agar sistem dasarnya berjalan. Tautannya agak tersembunyi – terlihat tombol hitam berlabel DOWNLOAD NOW dalam teks kecil di bawah judul “Update data download procedure”.

Tempatkan pada drive Anda di folder PS3 -> UPDATE. Nama file tersebut seharusnya PS3UPDAT.PUP. Jika Anda membuat kesalahan atau mengubah penamaan sistem, PS3 Anda tidak akan dapat membaca update tersebut.

Panduan Upgrade: Super Slim (terbaru)

Super Slim 12 GB dilengkapi dengan memori flash, sehingga tidak ada drive internal dan Anda tidak perlu membuat backup atau mengembalikannya. Untuk menambahkan drive model ini, Anda harus membeli caddy pemasangan drive pengganti. Caddy untuk Super Slim tidak kompatibel dengan model lama, jadi periksa dulu sebelum Anda membeli.

Drive area dapat ditemukan pada sisi kanan perangkat (lihat dari depan), di samping baki CD. Geser panel plastik ke arah belakang perangkat untuk melepaskannya.

Sesuaikan drive Anda ke tempatnya dengan empat sekrup yang disediakan. Masukkan dengan hati-hati, selaraskan konektor SATA dan amankan dengan sekrup biru.

Jika sudah selesai, Anda bisa langsung boot – sistem akan mendeteksi drive baru, dan menanyakan apakah Anda ingin menggunakannya untuk menyimpan data sistem dan lain-lain. Perhatikan bahwa setelah Anda melakukan ini, memori flash internal tidak akan digunakan lagi – Anda tidak dapat memilih untuk mengunduh game untuk yang satu atau yang lain.

Panduan Upgrade: Slim (lama)

Drive bisa diakses dari bawah, Anda akan menemukan penutup persegi panjang di sebelah kiri tengah, angkat dan putar untuk membuka sekrup biru yang mengamankan drive.

Berikutnya, plastik hitam penutup drive di bezel depan di bawah drive Blu-ray, geser ini ke samping, dan caddy drive bisa ditarik keluar. Video berikut ini akan menjelaskan prosesnya.

 

Baca juga :

                Penurunan Penjualan PS3 dan Xbox 360 dikerenakan Kenaikan Penjualan PS4 dan Xbox One

                4 Fitur Android Praktis ini Jarang Digunakan Banyak Orang

 

Petunjuk Upgrade: Fat (paling lama)

Anda akan menemukan slot drive pada bagian bawah perangkat (perangkat dalam posisi berdiri). Anda dapat melepaskan penutup drive dengan mudah, dan di dalamnya ada skrup tunggal berwarna biru yang mengunci drive metal ke PS3.

Buka skrup tersebut, kemudian geser ke arah depan perangkat, dan ini harusnya terbuka. Anda sekarang dapat menggeser drive. Drive itu sendiri diamankan dengan empat skrup biasa.

Instal Kembali

Setelah boot sistem pertama, Anda akan disambut dengan sebuah error. Pasang drive eksternal untuk menginstal software sistem terlebih dahulu, setelah Anda menjalankannya, lanjutkan untuk mengembalikan data lama Anda, dari System -> Backup utility. Selesai!

Mungkin cara upgrade HDD PS3 ini tampak rumit pada awalnya, namun sebenarnya tidak. Sony telah memudahkan Anda untuk mengupgrade, dan untuk itu kita harus berterima kasih kepadanya. Backup, ganti drive, instal software, restore dari backup – ini semua sangat sederhana. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel