6 Langkah Memperindah Tampilan Desktop Jadi Minimalis & Elegan

17 Nov 2012 09:00 7864 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Desktop merupakan tampilan awal saat Anda akan menggunakan komputer. Dengan memperindah tampilan desktop, dapat memberikan semangat tersendiri ketika kita memakai komputer. Namun, banyak orang tidak terlalu mempedulikan tampilan komputer meskipun dengan tampilan standar. Bagi Anda yang ingin merubahnya, simak tips triknya berikut ini.

Desktop merupakan tampilan awal saat Anda akan menggunakan komputer. Dengan memperindah tampilan desktop, dapat memberikan semangat tersendiri ketika kita memakai komputer. Namun, banyak orang tidak terlalu mempedulikan tampilan komputer meskipun dengan tampilan standar. Apakah desktop Anda dijejali oleh banyak ikon? Kapan terakhir kali Anda mengganti wallpaper? Pertanyaan ini akan muncul saat pertama kali Anda menggunakan komputer dan desktop Anda telah muncul dengan tampilannya. Setelah itu, bagaimana tampilan dari desktop Anda tersebut? Jika dirasa berpenampilan apa adanya dengan banyak ikon yang menyelimuti, maka langkah-langkah berikut ini akan membimbing Anda untuk membuat desktop berpenampilan minimalis dan elegan, dan Anda akan gembira dengan tampilan yang dihasilkan.

1. Hapus icon pada dektop Ada dua cara untuk menghapus ikon untuk memperindah tampilan desktop yang minimalis: - Dengan cara manual, Anda dapat menghapus semua shortcut dan memindahkan file yang ada ke folder baru. - Dengan melakukan klik kanan pada desktop, kemudian pilih View dan uncheck Show Desktop Icons. - Jika Anda memilih opsi pertama yang direkomendasikan, maka tampilan komputer Anda akan kosong kecuali menyisakan Recycle Bin saja. Jika memilih Opsi kedua, maka tampilannya akan benar-benar kosong tanpa ikon shortcut.

Menyembunyikan Recycle Bin Apabila pada langkah pertama Anda memilih opsi pertama, maka Anda harus menyembunyikan Recycle Bin. Cara ini dapat digunakan pada Windows XP dan Windows 7. Untuk Windows XP, pergi ke menu Start> Run> ketik gpedit.msc pada tempat yang disediakan kemudian klik OK. Pada Windows 7, pilih Start dan pada kotak pencarian ketik gpedit.msc dan Enter. Pada Local Group Policy Editor klik User Configuration kemudian pilih Administrative Templates. Lalu ke Desktop folder> Hapus ikon Recycle Bin diikuti double klik. Properties window akan muncul, kemudian pilih hide the Recycle Bin dan klik OK. Setelah semua dilakukan, reboot komputer agar perubahan bisa dilakukan.

Menyembunyikan Taskbar Setelah menyembunyikan ikon pada desktop termasuk Recycle Bin, tampilan desktop Anda kini lebih sederhana, tetapi kita masih akan terganggu dengan adanya taskbar. Untuk menyembunyikannya, klik kanan pada taskbar dan pilih Properties. Dalam Properties Window, checklist Auto-hide the taskbar. Kini, tampilan komputer Anda akan dipenuhi oleh wallpaper saja.

Mengelola shortcut Sekarang, bagaimana tampilan yang kosong itu dapat membantu Anda mengakses file atau folder? Caranya mudah. Anda cukup memasukkan program dock, di mana akan membantu Anda mengelola file dengan tampilan yang cantik. RocketDock merupakan satu program dock paling populer yang bisa Anda gunakan. Program ini akan mengelola berbagai ikon shortcut file. Anda dapat menghapus item pada dock dengan melakukan drag dan mengeluarkannya dari area dock, kemudian Anda dapat mengganti berbagai macam ikon dan drag ikon baru ke dalam dock dari folder Anda. File tersebut bisa dimasukkan dalam bentuk shortcut dan Anda dapat menempatkan dock di sisi layar monitor manapun, dan juga dapat disembunyikan secara otomatis. Dock ini akan membantu Anda dalam mengakses komputer melalui desktop.

5. Mengakses program dengan cepat Program dock kini telah memperindah tampilan desktop Anda. Yang sekarang Anda butuhkan adalah program launcher, yang akan membantu Anda dengan cepat membuka berbagai program dalam komputer Anda. Di sini Anda bisa memakai program *launcher* yang bernama Launchy, yang merupakan program sederhana yang bisa mencari program dan file dalam komputer. Anda juga dapat menggunakan pencarian Google melalui Launchy.

6. Wallpaper yang cantik Sekarang setelah Anda melaksanakan langkah-langkah yang direkomendasikan, Anda mendapatkan tampilan desktop yang minimalis, elegan, dan terorganisasi. Dan sekarang waktunya untuk menampilkan wallpaper yang indah. Ada banyak sekali wallpaper yang bisa Anda pakai. Namun, pilihlah wallpaper yang memiliki kualitas tinggi dan mempunyai sisi artistik. Sesuaikan wallpaper dengan karakter yang Anda dapatkan dari langkah-langkah tadi, seperti dock yang akan Anda gunakan. Dan itu semua yang harus Anda lakukan. Kini Anda telah mempunyai tampilan yang fantastik, dan tidak ada yang item yang akan merusak pemandangan. Silakan berelaksasi dengan desktop buatan Anda. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel