Pecinta Gamer Online? Kenali Kawan & Lawan Melalui Tipe-Tipe Gamer Berikut Ini

8 Nov 2012 11:00 3652 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebelum Anda terjun ke game online sebaiknya Anda mengetahui tipe-tipe pemain game tersebut agar tidak merasa kesal pada mereka atau paling tidak Anda memiliki pengetahuan bagaimana menghadapi gamer-gamer yang membuat Anda kesal. Mungkin banyak tipe-tipe gamer yang Anda temui namun Paseban akan merangkumnya menjadi lima tipe gamer online.

Jika Anda seoarang gamer pastinya telah bertemu tipe-tipe gamer yang berbeda-beda sifatnya. Karena sekarang game online lebih berkembang daripada game single player tentunya kita lebih banyak bertemu dengan orang lain dan sedikit banyak mengetahui tingkah laku mereka yang terkadang menjengkelkan. Sebelum Anda terjun ke game online sebaiknya Anda mengetahui tipe-tipe pemain game tersebut agar tidak merasa kesal pada mereka atau paling tidak Anda memiliki pengetahuan bagaimana menghadapi gamer-gamer yang membuat Anda kesal. Mungkin banyak tipe-tipe gamer yang Anda temui namun Paseban akan merangkumnya menjadi lima tipe gamer online.

n00b

Istilah ini awalnya berasal dari game online. n00b biasanya merupakan gamer online yang baru (newbie. Mereka akan berkelana kesana kemari, mengganggu teman setim atau musuh, memberikan pertanyaan-pertanyaan konyol atau malah membuat tindakan yang memberikan kerugian pada tim sendiri padahal kerugian terbesar mereka adalah untuk dirinya sendiri. Sebenarnya tidak perlu tindakan tersebut, dia bisa menghabiskan waktunya untuk belajar daripada mengganggu orang lain.

Talker

Sepertinya ini cukup jelas. Bila Anda pernah bermain DotA istilah yang sering dipakai adalah Bacod. Mereka akan terus berbicara tentang apa saja yang terlintas di kepalanya atau menghina lawan atau temannya sendiri. Tipe gamer ini tidak akan mau diam walau sudah disuruh diam, terkadang malah menjadi-jadi karena merasa berhasil mencuri perhatian pemain lain. Ada beberapa jenis tipe Talker ini. Ada yang berbicara biasa hanya saja tidak dapat berhenti, ada yang berbicara tidak berguna atau menghina lawan agar memecah konsentrasi, ada pula yang mengetikkan lirik lagu yang sedang dia dengar atau lagu yang terlintas di kepalanya.

The Quitter

Dalam game online seperti DotA ini sering di sebut leaver. Sebelum game usai dia terlebih dahulu meninggalkan permainan. Meninggalkan permainan sebelum usai akan merugikan tim karena jumlah yang tidak lagi seimbang. Bahkan mereka tidak sempat mengucapkan selamat tinggal. Walau hanya dalam game dan kita mencari kesenangan, tipe gamer seperti ini juga mengaplikasikannya di dunia nyata. Orang dengan tipe gamer seperti ini cenderung mudah menyerah dan tidak menyelesaikan sesuatu secara tuntas. Orang seperti ini tidak tahan dengan kecurangan, tidak terima kekalahan, dan hinaan dari musuh.

The Cheater8

Ini tipe gamer yang paling dibenci oleh hampir semua gamer. Cheat akan merusak sebuah game walau game tersebut sudah terkenal. Mungkin Anda pernah bermain game FPS Point Blank. Begitu terkenalnya dan booming-nya game tersebut. Tetapi ketika cheater mulai merasuk game tersebut kehilangan peminat dan jumlah pemainnya menurun drastis. Yang tersisa kebanyakan cheater-cheater yang dengan bangga bisa membunuh secara instan atau malah tanpa bergerak.

Terkadang cheat diciptakan oleh saingan game tersebut. Ini merupakan salah satu langkah jitu untuk menghancurkan sebuah game, terutama game online. Bila orang-orang bersusah payah mendapatkan exp atau kredit pada game tersebut, cheater hanya membutuhkan beberapa menit saja. Bila seseorang harus mengeluarkan banyak uang untuk karakter mereka cheater bisa membunuhnya dengan sekali sentuhan. Satu yang penting menanggulangi cheater adalah GM (Game Master) tersebut. GM haruslah tanggap terhadap cheat dan secepatnya memberantas cheat bila ingin gamenya tidak ditinggalkan pemainnya.

The Soloist

Tipe soloist lebih suka bermain secara sendiri, dia tidak ingin diganggu orang lain ketika sedang bermain. padahal game online kebanyakan diciptakan dengan sosial yang tinggi. Bahkan banyak game yang dibuat agar diselesaikan secara tim. Game yang harus melibatkan kerja sama tim merupakan kunci kemenangan, wajar jika DotA atau Hon sangat membenci tipe pemain seperti ini. Game ini merupakan game bahu-membahu agar meraih kememangan. Tidak ada gunanya bila satu orang terus selamat namun timnya dibantai dan pertahanan telah hancur. Tipe gamer seperti ini agak licik. Di dalam pikirannya yang penting dia selamat walau timnya hancur berantakan. Saran Paseban hindari pemain seperti ini bila ingin bermain game seperti DotA, HON atau PB (Point Blank). [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel