Robot Humanoid Calon Pendamping Manusia di Masa yang Akan Datang

1 Aug 2013 16:00 4348 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sejarah Robot Humanoid berawal dari ditemukannya sistem Automata oleh Lie Zi pada tahun 250 sebelum masehi. Perkembangan ini dilanjutkan dengan Penggambaran automata humanoid  oleh  Al-Jazari pada tahun 1206 beliau menggambarkan sebuah band yang terdiri dari automata humanoid sebuah band dengan Robot Humanoid sebagai para personilnya.

Robot, adalah salah satu hasil perkembangan teknologi yang bertujuan mempermudah pekerjaan manusia. Berbagai macam robot diciptakan dengan berbagai kemampuan yang berbeda. Mulai dari yang membutuh kan bantuan operasional manusia secara manual untuk bekerja. Hingga yang dapat bekerja dengan sendirinya secara otomatis. Dari berbagai macam robot tersebut, ada yang berbentuk menyerupai manusia dan sengaja didesain untuk menyerupai manusia pada umumnya. Robot yang seperti itu biasa disebut dengan Robot Humanoid.

Sejarah Robot Humanoid berawal dari ditemukannya sistem Automata oleh Lie Zi pada tahun 250 sebelum masehi. Perkembangan ini dilanjutkan dengan Penggambaran automata humanoid  oleh  Al-Jazari pada tahun 1206 beliau menggambarkan sebuah band yang terdiri dari automata humanoid sebuah band dengan Robot Humanoid sebagai para personilnya. Al-Jazari juga menciptakan sebuah mesin cuci automata dengan pelayan Robot Humanoid otomatis dan jam kastil yang menggabungkan pawang humanoid otomatis yang menabuh simbal pada setengah jam. “Jam kastil” miliknya ini juga mampu menampilkan lima pemusik automata yang otomatis memainkan musik ketika digerakkan oleh tuas yang dioperasikan oleh poros bubungan tersembunyi yang terhubung pada roda air. Robot humanoid modern yang pertama diperkenalkan oleh Universitas Waseda di Tokyo, robot yang diberi nama Wabot-1 ini mampu berkomunikasi dengan orang dalam bahasa jepang dan mengukur jarak dan arah dari obyek menggunakan reseptor eksternal, telinga dan mata artifisial, dan juga mulut artifisial.

Berbeda dengan robot otomatis pada umumnya Robot Humanoid lebih identik dengan manusia, inilah kenapa Robot Humanoid disebut sebagai pendamping manusia di masa yang akan datang. Robot Humanoid biasanya memiliki banyak sensor untuk mengidentifikasi lingkungan di sekitarnya. Pada masa sekarang sensor yang paling sering digunakan pada Robot Humanoid modern adalah sensor kamera, sensor tekanan, sensor suara, dan sensor gravitasi. Hal-hal inilah yang membuat robot mampu bergerak menyerupai manusia.

Perusahaan maju seperti Toyota dan Honda kini berlomba-lomba untuk dapat menciptakan Robot Humanoid yang kian menyerupai manusia. Robot Humanoid memiliki ukuran yang beraneka ragam mulai dari yang berukuran kecil antara 30-80 cm, ada yang berukuran sedang dan menyerupai tinggi anak kecil usia 7 tahun, dan ada pula yang bentuknya menyerupai manusia dewasa. *Asimo* adalah Robot Humanoid buatan Honda yang paling menyerupai manusia dan sudah bisa berperan membantu manusia. Robot ini mampu berjalan, berlari, memainkan musik, mengenali wajah sang pemilik, bertindak sebagai pelayan, berbicara, dan masih banyak lagi. Salah satu alasan Honda menciptakan robot Asimo adalah untuk mengembangkan robot yang dapat berjalan sendiri, yang bisa menolong manusia sebagai praktek penggunaannya dalam masyarakat. Penelitian dan pengembangan robot Asimo dimulai pada tahun 1996 dengan prototype robot P2, dan pada tahun 1997 dalam format robot P3. Asimo termasuk prototype dari robot P3, yang dapat berjalan halus tanpa suara. Dengan tinggi badan sekitar 120cm terlihat matanya akan sejajar dengan mata orang dewasa ketika orang dewasa duduk di kursi. Asimo lebih ringan daripada P3, yang lebih tinggi 40cm dan lebih berat 87 kg dibandingkan Asimo. Dengan berat 43 kg, Asimo dapat mengoperasikan peralatan rumah tangga, meraih tombol pintu, berdansa, dan menjalankan tugas rumah tangga.

 

Baca juga :

                    Robot yang Nyaris Mendekati Wanita Cantik Sempurna Telah Dibuat di Tiongkok

                    Apakah Saat ini Kita Sedang Berjalan ke Dunia tanpa "Windows?"

 

Tak mau kalah, Robot Humanoid keluaran Toyota yang diberi nama *Robina dan Humanoid* adalah partner robot yang dibuat dari gabungan komunikasi, “artificial intelligence”,dan “movement”. Kedua robot ini masih berupa konsep dan belum dipasarkan untuk umum. Keduanya digerakkan listrik dan baterai dan bisa dikendalikan  jarak jauh dengan remote. Menurut Murakami Hiroyuki, Industri robot Toyota sudah berkembang sejak tahun 1980an. Namun, partner robot baru dimulai sejak tahun 2000. Yang dimaksud dengan partner robot adalah robot yang didesain untuk dapat memahami dan melayani manusia. Sampai sekarang Honda dan Toyota masih terus bersaing dalam memunculkan produk-produk robotik terbaru yang nantinya akan diterima di masyarakat umum.[AHA]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel