Kumpulan Website Penyedia Game Edukasi Anak

17 Oct 2012 11:00 10132 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Orang tua tidak hanya menjaga keamanan dalam berinternet, namun juga harus mampu memanfaatkan internet menjadi hal yang lebih positif bagi anak-anaknya seperti melalui beberapa website yang menyajikan game edukasi anak berikut ini.

Akses yang mudah dan keinginan anak-anak untuk berselancar di dunia maya adalah suatu tantangan yang harus dihadapi orang tua ketika berbicara mengenai keamanan internet. Orang tua tidak hanya menjaga keamanan dalam berinternet, namun juga harus mampu memanfaatkan internet menjadi hal yang lebih positif bagi anak-anaknya. Beberapa website menciptakan game edukasi anak yang dapat digunakan sebagai salah satu sarana pendidikan. Game yang mendidik dengan cepat tumbuh menjadi suatu tren.

Kualitas game yang baik akan membantu anak-anak untuk dapat memecahkan suatu permasalahan, berpikir kritis, dan juga kreatif dalam suatu wadah yang dapat memotivasi anak-anak. Ada beberapa website yang menyediakan game edukasi anak dan tidak perlu biaya untuk memainkannya. Berikut di antaranya:

BrainPOP’s GameUp Mempunyai koleksi game gratis mulai kelas 4 hingga kelas 12 dengan berbagai macam pelajaran seperti ilmu pengetahuan alam, sosial, kesehatan, dan matematika tanpa adanya iklan dan tanpa syarat untuk login. Developer dari website ini mengumpulkan ratusan game online dengan berbagai macam bentuk permainan, kemudian memilih beberapa yang berkualitas, jadi hanya permainan terbaik yang ada di website ini. Jika ingin memainkan game di website ini, klik ikon game developer di halaman game untuk melihat daftar lengkap yang ditawarkan game tersebut. Setiap developer memiliki game berkualitas di websitenya dan tersedia secara gratis. BrainPOP’s GameUp merupakan website yang bagus bagi pelajar yang dapat dijadikan sebagai dasar pembelajaran. Anda bisa mengakses situs ini di sini.

Utah Education Network Utah Education Network menyediakan koleksi game edukasi anak gratis dari berbagai situs. Pada dasarnya Utah Education Network telah melakukan cara untuk memudahkan anak-anak dengan cara memberikan keterangan pada website, sehingga game yang akan dimainkan dapat berguna bagi perkembangan anak. Terdapat pilihan subjek dan kelas-kelas, ditambah tampilannya yang atraktif bagi anak-anak dan mudah dimainkan. Situs ini dapat diakses di sini 

Sheppard Software Sheppard Software memiliki game untuk anak-anak yang berkualitas dari berbagai tingkatan mulai dari pre-school hingga tingkatan sekolah, menyenangkan dan mudah digunakan. Ada beberapa iklan pada website, jadi pastikan anak tetap fokus pada permainan, tanpa memainkan mouse agar tidak menyentuh iklan tersebut. Akses game ini di sini http://www.sheppardsoftware.com/.

ABCya Memiliki game dengan basis bahasa dan matematika, dengan berbagai macam topik, dan memiliki permainan yang mendidik sekaligus menyenangkan. Ada juga kumpulan aplikasi yang tersedia untuk platform iPad, iPhone, atau iPod Touch. Game ini bisa diakses di sini 

BBC UK BBC UK memiliki fitur yang bersahabat dengan anak-anak yang membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan permainannya memiliki kemampuan untuk dapat mengorganisasi aktifitas dengan berbagai subjek. Akses game ini [di sini](http://www.bbc.co.uk/schools/gcsebitesize/games/ "BBC UK").

Hooda Math Merupakan game untuk anak-anak yang bertumpu pada game yang interaktif. Ada juga beberapa kertas kerja dalam format PDF dan beberapa tutorial matematika untuk kelas 3 hingga kelas 7. Untuk game ini, anak-anak bisa mengerti bahwa belajar juga dapat menyenangkan. Mainkan game ini di sini.

GameStar Mechanic Website ini tidak hanya menawarkan permainan gratis bagi para pelajar yang ingin bermain, tetapi juga memberikan kesempatan anak-anak untuk membuat dan mempublikasikan game mereka sendiri. Sangat kreatif dan juga menyenangkan. Game ini bisa di akses di sini.

PBS Kids Game dalam website ini baik digunakan bagi pelajar yang baru masuk lingkungan sekolah. Terdapat game yang mendidik dan menyenangkan, di mana Anda dapat menyaring berdasarkan subjek dan skill. Ada juga menu PBS CyberChase yang berisi kolesi game dengan tema matematika. Disarankan untuk berhati-hati, karena ada beberapa game premium di website ini.

FunBrain FunBrain dapat membuat anak-anak sering mengunjungi website ini, karena mereka juga mempunyai permainan yang tidak berhubungan dengan pelajaran. Namun situs ini memiliki banyak buku yang ditawarkan secara online, dan ini merupakan hal yang bagus. Anak-anak yang mengunjungi website ini tidak disarankan tanpa pendampingan, karena terdapat game yang dimainkan untuk bersenang-senang saja. Anda dapat mengakses game ini di sini.

IXL IXL menawarkan game untuk anak-anak secara online. Anak-anak dapat berlatih berbagai macam bentuk pelajaran matematika. Ada banyak game yang dapat digunakan untuk latihan dan mengasah kemampuan, yang berarti game ini ‘tidak begitu menyenangkan’ dan tidak memiliki pertanyaan yang akan menyulitkan penggunanya. Yang terbaik dari website ini adalah kemampuan untuk melatih skill matematika yang didapat secara gratis. Game ini bisa diakses di sini [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel