Tips Cara Menghapus Folder (Undeletable) Pada Windows

12 Oct 2012 17:00 14636 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagi Anda yang mengakami kesulitan dalam menghapus file atau folder (undeletable), simak tips dan trik lengkap cara mengatasinya berikut ini.

Para pengguna sistem operasi Windows baik Windows XP, Windows Vista maupun Windows 7, pasti pernah mengalami ada sebuah/beberapa folder yang sulit dihapus. Adapun pesan yang dikeluarkan atau ditampilkan oleh Windows seperti berikut ini.

- Could not find this item. 

- Cannot delete file: Access is denied 

- There has been a sharing violation. 

- The source or destination file may be in use. 

- The file is in use by another program or user. 

- Make sure the disk is not full or write-protected and that the file is not currently in use.

Cara menghapus folder sulit dihapus yang pertama adalah dengan mempergunakan safe mode. Ada 3 cara untuk masuk ke booting safe mode pada sistem operasi Windows 7, Vista dan XP:

Cara Pertama 

- Hidupkan atau restart komputer.

- Setelah layar komputer blank (hitam) dan mulai hidup tekan/tahan tombol F8 sebelum logo Windows muncul pada keyboard komputer maupun laptop Anda.

- Pilih menu safe mode dengan cara menggunakan kursor tanda panah pada keyboard.

- Setelah menu Safe Mode terpilih, lalu tekan Enter.

- Tunggu hingga proses login safe mode pada Windows tersebut selesai. Jika logo Windows tetap muncul walaupun Anda telah menekan tombol F8, silahkan coba lagi sambil menunggu Windows logon prompt muncul dan restart kembali komputer lalu ulangi langkah di atas dengan cepat.

Jika Anda masih gagal dan sulit untuk masuk ke safe mode, maka ada kemungkinan setting-an bios untuk masuk safe mode bukan F8 karena ada ada juga komputer yang memakai F1, F2, ataupun F12 untuk masuk ke safe mode, karena setiap komputer maupun laptop memiliki pengaturan BIOS yang berbeda-beda.

Cara Kedua 

- Jika cara di atas masih tidak berhasil, kita bisa memaksa komputer untuk masuk safe mode tanpa harus me-restart komputer maupun laptop dengan menekan tombol F8.

- Silahkan masuk ke desktop Windows Anda, lalu klik Start Menu dan klik RUN.

- Ketik msconfig. Maka akan muncul jendela pengaturan login maupun booting Windows.

- Pada pilihan Boot.INI8, silahkan Anda cheklist /SAFEBOOT dan pilih minimal. Pada saat komputer atau laptop Anda di-restart, maka secara otomatis sistem Windows akan langsung masuk pada tampilan menu safe mode tanpa harus menekan F8.

Dan jangan lupa untuk mengembalikan pengaturan yang tadi telah diubah pada booting Windwos yang normal dengan menghilangkan checklist tadi jika sudah berhasil agar komputer maupun laptop milik Anda tidak berjalan pada menu safe mode secara terus-menerus.

http://www.youtube.com/watch?v=mR2NkDjPQq4&feature=related Namun jika setelah mempergunakan safe mode folder masih sulit dihapus dan masih gagal, Anda bisa mempergunakan aplikasi gratis yang bernama Unlocker.

Unlocker Adalah sebuah aplikasi yang sangat mudah digunakan untuk membuka maupun menghapus file-file ataupun folder yang terkunci. Jika Anda pernah tidak bisa menghapus file di Windows, dan tidak tahu program apa yang harus dipergunakan , maka Unlocker adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah Anda tersebut.

  1. . Download aplikasi Unlocker di situs resminya pada alamat link ini.
  2. . Setelah proses download selesai kemudian instal pada komputer milik Anda, lalu klik kanan di eksplorer dan akan muncul menu unlocker.
  3. . Pilih file atau folder yang ingin dihapus.
  4. . Klik kanan, kemudian pilih Unlocker.
  5. . Pada menu unlocker, terdapat emat pilihan menu yaitu No action, Delete, Rename, Move. 
  6. . Karena kali ini Anda ingin menghapus folder yang tidak bisa dihapus pilih menu Delete lalu klik OK.
  7. . Tunggu hingga proses penghapusan folder oleh aplikasi Unlocker selesai, lama proses tergantung pada ukuran file ataupun folder yang ingin dihapus, semakin besar ukuran sebuah file atau folder maka akan lama juga proses penghapusannya. [AG]
Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel