Cara Mempercepat Android Anda Kurang dari 5 Menit

22 Jul 2013 23:00 21707 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Seiring waktu performa yang dimiliki Android akan melambat. Ketika Anda menekan tombol home atau meluncurkan aplikasi baru, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Android telah menjadi sangat lambat sehingga huruf tersebut akan muncul satu atau dua detik setelah Anda mengetiknya. Untungnya Plimbi memiliki cara mempercepat Android Anda dengan cepat.

Dulu pada saat kali pertama anda membeli perangkat Android,  performa yang disuguhkan tentunya akan sangat lancar dan cepat. Namun setelah sekian lama, performa yang dimiliki Android akan melambat. Ketika anda menekan tombol home atau meluncurkan aplikasi baru, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Mungkin ponsel Android telah menjadi sangat lambat sehingga huruf tersebut akan muncul satu atau dua detik setelah Anda mengetiknya. Untungnya Plimbi memiliki cara mempercepat Android anda dengan cepat.

Cara mempercepat Android anda ini tidak akan memakan waktu yang cukup lama, bahkan bisa dibilang kurang dari 5 menit. Seperti apa langkahnya? Berikut ulasannya.

Hapus Cache Aplikasi Anda (30 detik)

Seiring waktu, program anda akan menulis cache aplikasi pada ponsel anda dan memakan sumber daya sistem yang berharga dan memperlambat semuanya. Anda dapat menghapus cache pada setiap aplikasi dengan mengunjungi halaman properti dalam menu Pengaturan dan menekan tombol clear cache, tetapi dengan puluhan aplikasi pada ponsel anda, tentu akan memakan banyak waktu untuk melakukannya. Untung anda tidak harus melakukannya dengan tangan anda sendiri, sebab kini ada aplikasi Cache Cleaner, sebuah aplikasi gratis yang akan membuat mudah pekerjaan anda dalam membersihkan cache pada semua aplikasi Anda sekaligus dengan hanya beberapa ketukan. Setelah menginstal dan menjalankan aplikasi ini, cukup tekan Clear All dan tugas anda selesai.

Tentu saja, cache akan memenuhi ponsel anda dari waktu ke waktu, dan anda harus menghapusnya kembali. Aplikasi Cache Cleaner memiliki  fitur Auto Clear. Jika Anda masuk ke menu pengaturannya, tekan Auto Clear Intervaldan pilih durasi, maka secara otomatis akan menghapus cache secara teratur. Namun, ini berarti bahwa aplikasi perlu berjalan di latar belakang. Menginstal dan menggunakan aplikasi Cache Cleaner untuk pertama kalinya akan memakan waktu 30 detik. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini langsung di sini.

Nonaktifkan atau Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan (60 detik)

Anda mungkin tidak tahu banyak aplikasi yang tidak pernah anda gunakan berjalan di latar belakang dan memakan sumber daya sistem yang berharga. Setiap aplikasi yang tidak terpakai memiliki potensi untuk membawa performa ponsel anda menurun. Sangat mudah untuk meng-uninstall aplikasi yang telah anda download sendiri.

Jika Anda telah root Android anda, Anda benar-benar dapat menghapus setiap jejak aplikasi yang Anda instal. Jika tidak, Anda masih bisa menonaktifkan aplikasi tersebut melalui menu pengaturan. Perlu waktu sekitar 10 detik untuk menghapus atau menonaktifkan setiap aplikasi yang tidak Anda inginkan, dan satu menit untuk menghapus enam aplikasi sekaligus.

 

Baca juga :

               5 Antivirus Terbaik untuk Android di Bulan Mei 2016

               Begini Cara Membuat Tema Firefox Sendiri, Mau?

 

Install Aplikasi Launcher Baru (30 detik)

Aplikasi Launcher pada Android Anda tentu akan mengatur desktop anda, aplikasi lock screen dan bagian penting lainnya dari UI. Meskipun setiap ponsel Android dilengkapi dengan aplikasi launchernya sendiri, Anda dapat menginstal sebuah peluncur pihak ketiga yang tidak hanya akan mengubah tampilan dan nuansa dari perangkat Anda, tetapi juga mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk bernavigasi di seluruh OS. Ada banyak aplikasi launcher di luar sana, tapi Plimbi menyarankan untuk menggunakan Lightning Launcher, karena aplikasi ini merupakan salah satu yang tercepat dan termudah untuk digunakan.

Berikut cara untuk menggunakan Lightning Launcher:

  • Instal aplikasi Lightning Launcher dari Play Store di sini.
  • Tekan tombol Home. Sebuah menu akan muncul dan meminta Anda memilih peluncur yang Anda inginkan.
  • Pilih Lightning Launcher dan tekan Always.
  • Hapus Widget dan Shortcut yang tidak perlu (30 detik)

Bahkan dengan aplikasi launcher yang diinstal ke dalam ponsel anda, Android anda akan menggunakan lebih banyak memori yang lebih untuk widget dan shortcut. Anda bisa menyingkirkan widget dan shortcut yang tidak terlalu penting untuk digunakan dan menghapusnya dengan long pressing dan drag mereka keluar dari layar. Sejumlah ponsel membawa widget yang mengiklankan layanan seperti toko media atau layanan berita, jika anda memang tidak membutuhkannya, maka hapus dan singkirkan mereka. Menghapus setengah widget dan shortcut anda akan menghabiskan waktu selama 30 detik.

Membatasi atau Nonaktifkan Penggunaan Data Latar Belakang (10 sampai 60 detik)

Email, Gmail, Facebook, Twitter dan aplikasi lainnya akan membutuhkan penggunaan data setiap waktu dan teratur. Semua itu tidak hanya akan  memakan baterai Anda, tetapi juga memakan sumber daya sistem dan memperlambat perangkat Anda.

Ada beberapa layanan yang mungkin ingin anda lakukan untuk melakukan sinkronisasi secara real time, namun ada cara lain, yakni anda bisa memeriksanya secara manual. Untuk mematikan data di latar belakang dalam aplikasi lain seperti Facebook atau email, Anda harus pergi langsung ke menu pengaturan mereka dan mencari pilihan untuk tidak pernah melakukan update.[PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel