Beragam Fitur BlackBerry Tersembunyi yang Belum Anda Ketahui

4 Oct 2012 18:00 8538 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fitur BlackBerry ini biasanya tersembunyi di dalam aplikasi bawaan BlackBerry yang notabene jarang dibuka oleh penggunanya. Paseban kali ini akan menyajikan beberapa fitur BlackBerry yang mungkin belum Anda ketahui.

BlackBerry merupakan salah satu jenis ponsel pintar yang mendominasi di masyarakat Indonesia saat ini. Selain karena memiliki kemampuan yang luar biasa, ternyata BlackBerry memiliki fitur-fitur kecil yang luput dari perhatian kita padahal terbilang berguna. Fitur BlackBerry ini biasanya tersembunyi di dalam aplikasi bawaan BlackBerry yang notabene jarang dibuka oleh penggunanya. [Paseban](http://www.plimbi.com "Paseban Berita dan Informasi Tekmologi") kali ini akan menyajikan beberapa fitur BlackBerry yang mungkin belum Anda ketahui.

Auto ON/OFF BlackBerry Apakah Anda terkadang lupa untuk mematikan atau menyalakan BlackBerry karena terlalu lelah atau terlalu sibuk, sehingga akhirnya BlackBerry Anda kehabisan baterai di pagi hari? Anda tidak perlu khawatir lagi, karena sebenarnya BlackBerry memiliki fitur untuk dapat mati dan menyala secara otomatis sesuai pada waktu yang diinginkan. Bagaimanakah cara mengatur fitur auto ON/OFF ini?

- Options - Device

- Auto ON/OFF.

- *Weekday (untuk hari Senin - Jumat).

- *Weekend (untuk hari Sabtu - Minggu).

- Tandai kotak Enabled.

- Kemudian Anda bisa mengatur ingin menyalakan BlackBerry pada jam berapa (Turn On At), atau mengatur kapan Anda ingin mematikan BlackBerry Anda (Turn Off At).

- Selesai. Anda telah mengatur BlackBerry agar bisa mati dan menyala secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan.

Menghapus Aplikasi Menyeluruh dari BlackBerry Apakah Anda ingin menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah diinstall pada ponsel BlackBerry? Anda dapat menghapus aplikasi-aplikasi yang Anda install melalui fitur yang sudah disediakan khusus oleh BlackBerry. Fitur ini tentunya memastikan bahwa aplikasi yang akan Anda hapus sudah seluruhnya terhapus dari ponsel Anda.

- Options - Device

- Application Management.

- Pada bagian Application, Anda dapat memilih aplikasi yang ingin dihapus.

- Tekan menu BlackBerry dan pilih Delete, maka aplikasi Anda akan terhapus dari BlackBerry Anda.

Mematikan Koneksi BlackBerry untuk Sementara Bila Anda berpergian dengan menggunakan pesawat, Anda diwajibkan untuk mematikan ponsel, sehingga tidak mengganggu jalannya penerbangan. Hanya saja, untuk beberapa tipe BlackBerry, mematikan dengan menggunakan tombol off ternyata tidak mematikan BlackBerry sepenuhnya. Terkadang bila Anda tidak sengaja menekan tombol power, BlackBerry Anda akan kembali menyala dan langsung mencari sinyal. Pada jenis ponsel pintar lainnya terdapat mode pesawat yang mencegah hal ini terjadi, lalu bagaimana dengan BlackBerry? Ternyata BlackBerry juga memiliki mode seperti ponsel pintar lainnya, yaitu mode di mana ponsel mematikan koneksi dengan provider kartu SIM Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

- Buka daftar aplikasi Anda, kemudian cari Manage Connections.

- Hilangkan tanda centang pada Mobile Network.

- Selesai. BlackBerry Anda sekarang tidak akan terhubung dengan provider untuk sementara, sampai Anda mencentang kembali pilihan tersebut.

Menghapus History Browser BlackBerry BlackBerry Anda terasa lemot? Mungkin itu akibat browser sudah terlalu banyak menyimpan history browsing Anda. Ada baiknya Anda menghapus history browser untuk meningkatkan performa BlackBerry. Langkah langkahnya adalah sebagai berikut:

- Buka aplikasi Browser BlackBerry Anda.

- Tekan menu BlackBerry kemudian pilih Options. 

- *Scroll* layar BlackBerry Anda sampai paling bawah.

- Centang semua kotak, kemudian klik Clear Now.

- Selesai. History browser Anda sudah terhapus.

Mengunci BlackBerry dengan Password Apakah BlackBerry Anda pernah digunakan teman tanpa sepengetahuan Anda, kemudian digunakan untuk hal yang tidak baik atau merugikan Anda? Atau mungkin Anda menyimpan data rahasia yang tidak ingin dilihat orang lain? Tidak perlu khawatir, BlackBerry memiliki fitur agar ponsel Anda hanya dapat dibuka bila Anda memasukkan password. Hal ini dapat mencegah adanya akses tangan-tangan jail yang ingin menggunakan BlackBerry untuk hal yang tidak Anda inginkan. Caranya adalah sebagai berikut:

- Options

- Security

- Password

- Centang Enable kemudian buat password yang diinginkan

- Anda juga dapat mengatur berapa kali kesalahan yang diijinkan untuk memasukkan password yang salah, dengan menggunakan Number of Passwords Attempts 

- Anda juga dapat mengatur berapa menit BlackBerry Anda akan mengunci ponsel Anda setelah tidak digunakan lagi Fitur fitur di atas merupakan sebagian fitur BlackBerry yang mungkin belum Anda ketahui Maksimalkan fitur-fitur yang dimiliki oleh BlackBerry Anda sekarang juga. Selamat mencoba. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel