Q10, Kamera Digital Terbaik Pentax Nan Mungil dan Canggih

6 Oct 2012 11:00 4462 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hanya setahun setelah Pentax merilis Pentax Q yang merupakan kamera digital paling kecil dan ringan di dunia, kini Pentax mengeluarkan Pentax Q10. Kamera super kecil dan mungil ini diperkenalkan oleh Pentax Ricoh pada ajang Photokina 2012 beberapa waktu lalu.

Hanya setahun setelah Pentax merilis Pentax Q yang merupakan kamera digital paling kecil dan ringan di dunia, kini Pentax mengeluarkan Pentax Q10. Kamera super kecil dan mungil ini diperkenalkan oleh Pentax Ricoh pada ajang Photokina 2012 beberapa waktu lalu. Pengganti Pentax Q ini masih menyandang gelar sebagai kamera digital terbaik paling kecil dan paling mungil dengan lensa yang dapat diganti.

Tidak banyak perubahan dari sisi ukuran dan desain. Pentax Q10 masih tampil mungil dan ringan. Bahkan lebih mungil dari telapak tangan kebanyakan orang dewasa. Pentax mengklaim bahwa lensa kamera ini akan memberikan kualitas gambar yang tinggi. Sama halnya dengan Pentax Q, Pentax Q 10 memiliki sensor CMOS BSI 12 MP yang diklaim dapat menghasilkan foto dengan noise lebih minim pada setting ISO yang tinggi. Kinerja autofokus juga ditingkatkan, terutama saat memotret menggunakan lensa tele atau saat kondisi cahaya minim. Walaupun tampilan luarnya sangat mirip dengan Pentax Q, Pentax Q10 memiliki pegangan baru yang yang lebih mantap di tangan anda.

Peningkatan Autofokus Pentax mengklaim bahwa kinerja perbaikan noise dari sensor pencitraan dan algoritma AF yang baru memungkinkan Pentax Q10 untuk menghasilkan foto yang lebih fokus dari pada pendahulunya. Untuk hasil foto bebas kabur, Pentax Q10 telah dilengkapi dengan teknologi SR (Shake Reduction) yang secara otomatis akan menggeser sensor CMOS untuk mengurangi efek getaran yang terdeteksi. Meskipun ukurannya mungil, Q10 telah dilengkapi dengan flash internal yang dirancang untuk meningkatkan akurasi fokus dalam cahaya rendah, sedangkan fungsi Face Recognition AF secara otomatis akan mendeteksi hingga 12 wajah dan menempatkan fokus pada subjek utama.

Kontrol Exposure Meskipun aperture priority, shutter priority dan mode pengaturan exposure secara manual disukai oleh fotografer berpengalaman, Pentax Q10 juga memiliki 21 mode scene yang dapat dipilih oleh pengguna. Ada juga modus Auto Picture yang secara otomatis akan memilih modus bidikan yang paling tepat untuk digunakan.

Efek Digital Sama seperti Pentax Q, ada dua cara yang sering diterapkan untuk memberi efek pada foto dengan Pentax Q10. Fungsi Custom Image misalnya, memberikan anda sembilan pilihan mode, termasuk Bleach Bypass, yang akan menghasilkan efek foto yang dramatis. Pada Pentax Q10 juga terdapat sebelas digital filter seperti Toy Camera, Invert Color dan Posterization, yang dapat diterapkan ketika mengambil gambar dan klip. Delapan efek lainnya dapat diterapkan pada saat playback.

Di samping itu terdapat pula mode Smart Effect, seperti Brilliant Color dan Cross Process yang dapat diterapkan dan dilihat pada tahap pengambilan gambar. Fungsi-fungsi tersebut dapat anda pilih melalui quick-dial yang ada pada kamera. Dengan fungsi-fungsi tersebut, anda dapat memberikan berbagai efek menarik pada foto. Bagi sebagian pengguna, fitur ini akan dapat memenuhi kebutuhan penyuntingan foto di komputer. 

Bokeh Control Memiliki sensor yang kecil berarti bahwa terbatasnya kedalaman kontrol area foto, tapi fitur-fitur pada Pentax Q10 memberikan fungsi bokeh control yang unik yang telah diterapkan pada Pentax Q. Pengaturan ini membuat kamera secara otomatis menerapkan blur pada area yang diperkirakan keluar dari titik fokus pengambilan gambar. Yang pada umumnya, hal ini dapat dilakukan dengan kamera yang memiliki sensor yang lebih luas. Untuk lensa Q system, saat ini telah tersedia 6 jenis lensa dengan Pentax o6 Telephoto Zoom (15-45mm f/2.8 atau setara 80-250 mm) sebagai tambahan terbaru.

Pentax juga menyediakan adapter bagi lensa K-Mount untuk digunakan di Q10. Yang menarik, mengingat crop factor Q10 yang mencapa 5,5x, maka lensa 300 mm akan menjadi lensa 1650 mm di Q10. Pentax Q10 akan tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu hitam, silver dan merah. Dengan paket lensa zoom o2, Pentax Q10 akan dipasarkan seharga $599 atau sekitar Rp 5,3 juta. Lensa Pentax-o6 Telephoto Zoom akan dijual seharga $299 dan adapter Q untuk K-Mount di kisaran $249. Bagaimana, anda penasaran dengan si mungil nan canggih ini? [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel