Robot Cerdas yang Ingin Menyelamatkan Hidup Anda

9 Sep 2013 20:00 4325 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Robot sudah lama menjadi peringan pekerjaan manusia. Bukan hanya peringan, pekerjaan yang mustahil dikerjakan manusia atau yang resikonya tinggi bisa dikerjakan robot. Misalnya pengiriman robot ke planet Mars atau bulan untuk mengetahui bahaya yang ada di sana, karena bila manusia langsung dikirim ke tempat itu bisa membahayakan nyawa. Atau penyelamatan ekstrem dari kebakaran, bencana alam, bom dan lain sebagainya. Robot cerdas bisa melakukan itu untuk manusia.

Robot sudah lama menjadi peringan pekerjaan manusia. Bukan hanya peringan, pekerjaan yang mustahil dikerjakan manusia atau yang resikonya tinggi bisa dikerjakan robot. Misalnya pengiriman robot ke planet Mars atau bulan untuk mengetahui bahaya yang ada di sana, karena bila manusia langsung dikirim ke tempat itu bisa membahayakan nyawa. Atau penyelamatan ekstrem dari kebakaran, bencana alam, bom dan lain sebagainya. Robot cerdas bisa melakukan itu untuk manusia.

Kali ini kita akan membahas Robot cerdas penyelamat yang terus mengalami perkembangan. Pada tahun 2007 DARPA cukup mendominasi misi penyelamatan yang ekstrem. Seperti menyelamatkan manusia dari kebakaran hutan, longsor atau bencana alam lainnya. Namun tugas itu kali ini sepertinya akan beralih ke robot-robot yang lebih modern dari DARPA. Ilmuan mengembangkan robot penyelamat yang lebih fleksibel dari DARPA karena gerakan DARPA terbatas seperti hewan berkaki emat. Namun begitu kemampuan DARPA tidak bisa diragukan, apalagi dia bisa membawa korban atau perbekalan bersamanaya. Baiklah, mari kita lihat robot-robot apa saja yang bakal ikut serta membantu manusia dalam misi penyelamatan.

CHIMP

Robot ini masih dalam pengembangan. Seperti namanya, dia mengambil desain dari Simpanse. Keuntungan dari desain ini adalah robot bisa berjalan dengan dua kaki dan juga keempat kakinya. Belum lagi ilmuan memang ingin membuat CHIMP bisa memanjat dengan keempat kakinya. Bila ingin mengalahkan DARPA, mereka harus berusaha keras agar CHIMP bisa bergerak cepat, karena DARPA bergerak begitu cepat dengan keempat kakinya. Kecepatan sangat dibutuhkan dalam misi penyelamatan.

CHIMP merupakan ciptaan dari ilmuan Carnegie Mellon University. Dia diciptakan dengan kemampuan yang sangat banyak dan tentunya untuk misi penyelamatan. Kemampuannya antara lain memanjat tangga, berguling di antara puing-puing dan yang paling penting bagi robot penyelamat adalah membuka pintu. Dia di desain untuk bekerja di daerah-daerah yang bisa dijangkau manusia. CHIMP sendiri akan bergerak otonom menemukan manusia dengan sedikit input dari manusia. Menurut keterangan dari ilmuan yang menciptakannya, CHIMP bisa menyeimbangkan, menghindar dari reruntuhan dan kembali berdiri dengan software dan internal intelligence yang mereka tanamkan. Tetapi bila memang CHIMP tidak bisa mengatasi masalah-masalah tersebut kendali bisa di ambil alih oleh manusia dengan komputer. Tetapi tidak semua kontrol bisa di ambil alih manusia, CHIMP tetap mempertimbangkan keadaan medan. Selain itu, bahan CHIMP juga dibuat sangat kuat, dia masih bisa berjalan walau kakinya ditembak, kejatuhan reruntuhan bangunan dan lain sebagainya.

 

Baca juga :

                    Delapan Robot Cerdas Bartender Yang Siap Melayani Manusia

                    Hati-Hati! Tombol Reaksi Facebook Ternyata Berbahaya

 

Robotic Safety Crawler

Crawler merupakan robot buatan Jepang. Robot ini full dikendalikan oleh remot kontrol dengan daya tahan yang sangat kuat. Crawler bisa mengangkut orang hingga 250 pound didalam badannya. Dan manusia tersebut terlindungi dari segala benturan atau jatuhan benda-benda karena kuatnya badan yang dimilinya.

Robot ini diciptakan untuk kepolian Yokohama. Misi utamanya adalah menyelamatkan manusia dari gempa bumi. Salah satu usaha Jepang karena di sana memang sangat sering terjadi gempa. Segala teknologi gempa untuk meminimalisir kerugian gempa termasuk menyelamatkan manusia ada di Jepang.

Walau pencariannya terbatas karena masih menggunakan infrared dia masih bisa berfungsi maksimal karena bisa dikendalikan penuh oleh manusia. Ketika korban berada di dalam badannya, dia bisa mendeteksi denyut nadi dan tekanan darah korban. Ini penting karena bila korban berada dalam keadaan kritis pengontrol bisa mempercepat laju Crawler. Bentuknya yang seperti mesin tempur tank tidak masalah bila dia terbalik ketika dalam misi penyelamatan.

Snake Robot

Snake Robot di desain agak menakutkan, seperti robot jahat di film-film. Namuan di sini dia sangat berguna bagia manusia. Dia bisa menyusup dibalik reruntuhan bangunan karena bentuknya yang seperti ular. Walau ruang yang ada di depannya kecil, Snake Robot bisa mengusahakan masuk kedalamnya. Salah satu yang penting dalam misi penyelamatan dari reruntuhan bangunan adalah makin robohnya bangunan ketika penyelamat mencoba membongkar reruntuhan. Dengan adanya snake robot bisa terlebih dahulu di cek bagaimana keadaan reruntuhan bangunan tersebut.

Dengan sensor suara, kamera dan lampu membuat Snake bisa menemukan orang yang ada di dalam reruntuhan bangunan. Untuk memperkuat hasil yang diinginkan dia juga bisa di kolaborasikan dengan anjing pelacak. Ini merupakan terobosan yang luar biasa untuk menyelamatkan manusia dari reruntuhan sebelum regu pembersih merapikan sisa-sisa bangunan. Robot ini juga ciptaan ilmuan Carnegie Mellon University dan sudah diuji coba. Silahkan lihat video di bawah:

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel