Biography Matt Mullenweg, Sang Pendiri WordPress

27 Aug 2013 13:15 6115 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perubahan tersebut dapat ditemukan pada Wordpress yang didirikan 10 tahun silam, berkat Matt Mullenweg, seorang pendiri Wordpress.

Perkembangan teknologi bukan hanya seputar perkembangan gadget dan perangkatnya, perkembangan teknologi juga berimbas ke dunia maya. Blog dan website terus berkembang menghadirkan tampilan yang menarik dan segar, munculnya Content Management System dengan metode pengembangan Open Source menjadi awal perubahan dunia blog. Perubahan tersebut dapat ditemukan pada Wordpress yang didirikan 10 tahun silam, berkat Matt Mullenweg, seorang pendiri Wordpress.

WordPress diciptakan pada tahun 2003 olehnya untuk meningkatkan penulisan di dunia maya, WordPress menjadi Content Management System dengan metode pengembangan Open Source yang cukup sukses. Hingga saat ini diperkirakan satu dari enam website yang ada di internet menggunakan atau pun diperkuat oleh wordPress. Menurut data, ada sekitar 66,283 juta situs web di seluruh dunia yang menggunakan platform WordPress, setiap bulannya ada sekitar 41,5 juta konten baru dan 53,2 juta komentar baru dari para pengguna WordPress. Matt Mullenweg memberikan jalan baru bagi pengguna dunia internet untuk berekspersi di situs blog ini. Lalu, seperti apa sosok dibalik kesuksesan Wordpress satu dekade ini?

Pendidikan dan karir

Ia lahir pada 11 Januari 1984 di Houston, Texas - Amerika Serikat. Siapa sangka pemuda ini dulu bersekolah di SMA mengambil kelas Seni Pertunjukan dan Visual, belajar jazz saxophone hingga sukses di dunia website. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan kuliah di University of Houston dan mengambil jurusan Ilmu Politik. Pada tahun 2004, Matt memutuskan keluar dari kuliah untuk mengejar impiannya bekerja di CNET Networks. Pada akhir tahun 2005, ia memutuskan mundur dari pekerjaannya di CNET Networks.

Pada tahun 2005, penikmat musik ini mendirikan Automattic, perusahaan pengembang web yang kemudian mengembangkan Wordpress ke level berikutnya. Pada Februari 2005, ia dan timnya merilis Wordpress versi 1.5 yang langsung menggebrak dunia maya. Setelah dirilis, web ini telah didownload lebih dari 900.000 kali.

Pada bulan Januari 2008, Automattic berhasil mendapatkan keuntungan  US$ 29.500.000 dari berbagai perusahaan mitra seperti Polaris Venture, Ventures Benar, Mitra Radar, dan New York Times Company. Pada bulan Juli 2011, blog Wordpress berhasil melewati lebih dari 50 juta pengguna blog di seluruh dunia. Di tahun 2012, Automattic berhasil mengumpulkan pendapatan hingga 45 juta Dollar.

Awal wordpress

WordPress berawal dari sebuah piranti lunak Open Source lain bernama b2/cafelog. Awalnya, Matt menggunakan b2/cafelog untuk menyimpan dan mem-publish foto-foto perjalanannya dari ajang  the National Fed Challenge Competition Juni 2002.

Namun, beberapa bulan kemudian blog b2/cafelog tempat Matt mempublikasi fotonya berhenti dalam mengembangkan software-nya. Matt pun segera menghubungi temannya, Mike Little. Dan bersama mereka berdua segera memulai mengembangkan Wordpress berdasarkan beberapa kode dari b2/cafelog. Untuk memperkuat Wordpress, mereka berdua segera bergabung dengan pengembang b2 asli Michel Valdrighi.

WordPress lahir dari keinginan untuk memiliki sebuah sistem penerbitan personal yang memiliki arsitektur baik dan elegan yang berbasis PHP dan MySQL. WordPress menjadi Content Management System dengan metode pengembangan Open Source dengan lisensi GPL.

Di usia 19 tahun, ia bersama rekannya mendirikan GMPG dengan format yang lebih kompleks dari HTML. Setahun kemudian, WordPress meluncurkan fasilitas Ping-O-Matic yang berguna untuk mengirim ping notifikasi kepada search engine blog, ini menjadi awal mula dikenalnya Wordpress di kalangan pengguna internet.

 

Baca juga :

                   Inilah Profil dan Biografi Joey Alexander!

                   "Tahu Bulat Digoreng Dadakan," Sekarang ada Game-nya lho!

 

Antara Musik dan Teknologi

Satu hal yang unik dari sang pendiri WordPress ini ialah kehidupannya. Matt lahir di tengah keluarga yang memiliki bidang yang berbeda, musik dan teknologi. Ayahnya yang seorang komputer engineer di Texas memberikan sedikit pengaruh tekonologi pada dirinya, keluarganya sendiri memiliki hobi musik yang kuat. Matt Mullenweg kecil telah digiring untuk mempelajari musik dengan belajar alat musik favorit keluarga, saxofon. Matt pun diarahkan masuk ke SMA dan memperdalam musik dengan mengambil jurusan studi musik Jazz.

Takdir sebagai seorang pengembang teknologi tidak bisa dihindari olehnya, disela-sela sekolah, ia justru mengembangkan kemampuannya di bidang jaringan dan kode penyusun piranti lunak. Matt pun mulai mengembangkan berbagai piranti lunak Open Source hingga salah satunya menjadi Wordpress yang dikenal saat ini. Kegemaran Matt pada musik juga berimbas pada WordPress, setiap versi besar WordPress selalu diberi nama kode dari nama pemusik Jazz terkenal. Ini dimulai sejak WordPress 1.2 (Mingus) dan berlanjut hingga versi 3.0 (Thelonious).

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel