Inilah Profil dan Biografi Joey Alexander!

16 Feb 2016 15:35 13755 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Profil sang pianis kecil kenamaan

Tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang, kalau yang membawa nama harum Indonesia di kancah musik dunia  bukanlah seorang diva ataupun suatu band ternama yang mengaku Go Internasional.

Sosok terpuji dan diakui oleh para musisi dunia justru dihadirkan oleh seorang bocah berusia  12 tahun. Bocah tersebut tidak bernyanyi melainkan memainkan sebuah musik instrumen jazz dengan sangat bagus dan ciamik. Bocah tersebut memukau banyak orang dan para musisi di acara gelaran musik ternama Grammy Award 2016.

Nama bocah laki-laki yang sering terlihat memakai kacamata tersebut adalah Joey Alexander. Namanya “melangit” setelah dia masuk nominasi Grammy Award 2016. Meskipun tidak menang, Joey tampil di acara tersebut dan mendapat tepuk tangan sambil berdiri (Standing Ovation) dari musisik seperti Rihana, Selena Gomez, Mark Ronson, bahkan sampai penyanyi sekaliber Bruno Mars.


Coba saja simak videonya berikut ini!


 

Hebat bukan? Meski tidak memboyong piala Grammy, Joey Alexander mampu mengangkat nama Indonesia.  Ia masuk dua nominasi Grammy, yakni Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album versi Grammy Awards 2016. Masuk ke nominasi saja tentu sudah merupakan kebanggan tersendiri.


Perjalanan Karir Joey Alexander

Nama Joey Alexander sebenarnya sudah cukup menarik perhatian banyak orang ketika dalam usia muda, ia mampu memainkan permainan piano dalam aliran jazz. Jenis permainan ini umumnya hanya bisa dimainkan oleh mereka yang sudah berlatih selama bertahun-tahun. Tapi, Joey justru mampu melakukannya saat usianya menginjak 7 tahun.

Pada usia 11 tahun, Joey unjuk kebolehannya dengan meluncurkan albmum berjudul “My Favorite Things" pada tanggal 12 Mei 2015. Album inilah yang membawa Joey masuk  salah satu nominasi Grammy 2016.

 

Perjalananya meraih album tersebut karena banyak orang yang kagum akan kemampuan Joey. Wynton Marsalis, contohnya. Pemain terompet dan pencipta lagu asal Amerika tersebut pernah mengundang Joey  untuk tampil dalam ajang musik Jazz  di Lincoln Center  pada 2014.

Permainannya kala itu mampu memukau dan masuk berita di The New York Times.  Majalah Down Beat juga memuji Joey sebagai seorang jenius yang memiliki arti dan memiliki permainan solonya sendiri.

Joey pun cukup dikenal di kalangan musisi di Amerika. Setelah itu, ia banyak mendapat undangan tampil.  Salah satunya di Arthur Ashe Learning Center, ketika ia harus memainkan piano di depan mantan presiden Amerika, Bill Clinton.


Joey juga pernah bermain  di Apollo Theater. Ia juga tampil di Juilliard School, yang memukau para siswa dan menarik perhatian NBC News. Dan yang paling fenomenal adalah ketika Joey tampil di salah satu kampus Kolombia. Penampilannya di kampus tersebut mampu menyedot perhatian netizen  sampai 500 ribu penonton.


Joey juga tidak hanya tampil di Amerika. “Anak ajaib” ini juga pernah tampil di gelaran festival jazz yakni di Denmark pada gelaran Copenhagen Jazz Festival. Dan tentu saja ia juga tampil di tanah kelahirannya, Indonesia pada ajang International Java Jazz Festival di Jakarta pada 2014.

Beberapa festival Jazz lain yang Joey ikuti adalah Newport Jazz Festival di Rhode Island dan Montreal International Jazz Festival di Kanada.

Inilah Profil dan Biografi Joey Alexander


Kehidupan Pribadi

Lalu, bagaimana latar belakang Joey Alexander? Emngapa anak sekecil itu mampu memainkan piano dengan hebat?

Tampaknya jawabannya adalah karena Joey Alexander memang terlihat untuk musik, terutama musik Jazz.  Ayahnya, Denny Silla adalah soerang musisi jazz amatir. Sementara ibunya, Farah Leonora Urbacm, merupakan seorang yang sangat menggemari musik Jazz.

Lahir dari lingkungan keluarga yang menyukai musik Jazz, membuat Joey kecil akrab dengan musik jazz.  Saat balita, Joey sering mendengarkan musik-musik Jazz yang merupakan musik dan album koleksi ayahnya.

Saat usianya menginjak enam tahun, Joey kemudian mulai belajar memainkan pianon sendiri. Ia belajar piano menggunakan keyboard listrik kecil yang merupakan hadiah dari ayahnya..

Paham akan kemampuan sang anak, ayahnya kemudian membawa Joey alexander lebih dekat dengna musik  Jazz. Saat itu, Joey banyak mendapat pengalaman dari musisi Jazz dari Bali dan Jakarta.

Saat usia 9 tahun, Joey Alexander mendapatkan penghargaan Grand Priz dalam event Master-Jam Fest 2013. Event tersebut adalah sebuah kompetisi musik Jazz yang diikuti 43 musisi dari segala umur yang berlangsung di Ukraina.

Perjalanan panjang bocah yang lahir pada 25 Juni 2003 itu kemudian mendapatkan hasil positif dengan semakin terkenlanya dia pada ajang Grammy Award 2016.  Apalagi, sebelumnya ia sempat masuk Billboard 200 di Amerika Serikat untuk album debutnya My Favorite Things.

Penghargaan tersebut menjadikan pianis cilik bernama lengkap Josiah Alexander Sila ini menjadi artis Indonesia pertama yang masuk Billboard 200. Sebuah penghargaan yang luar biasa bukan?


Sebagai penutp, berikut kumpuan video  Joey Alexander yang sedang memainkan piano berikut ini.

 

  • Armando Rumba (Chick Corea Cover)

 

  • Round Midnight

 

  • Giant Step

 

 

Jika  tertarik dengan lagu-lagu dari Joey Alexander, silakan membelinya di iTunes Music. Atau bisa langsung ke tautan album My Favorit Things ini. 

 

 

Tags Biografi

About The Author

Hilman 77
Spidol

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel