Komunikasi dan Jaringan Serta Pengaruhnya di Kehidupan Sosial

19 Jul 2012 16:30 4491 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Komunikasi dan Jaringan adalah kedua istilah yang tak bisa dipisahkan, apalagi perkembangan teknologi Komunikasi dan Jaringan Keduanya adalah hal yang saling berhubungan dalam perkembangan teknologi saat ini.

Komunikasi dan Jaringan adalah kedua istilah yang tak bisa dipisahkan, apalagi perkembangan teknologi Komunikasi dan Jaringan Keduanya adalah hal yang saling berhubungan dalam perkembangan teknologi saat ini. Komunikasi sejatinya adalah sebuah proses penyampaian informasi antara manusia satu dengan manusia yang lainnya, dengan tujuan agar tersampaikan pesan yang dimaksudkan.

Sehingga atas dasar hal inilah, terciptalah teknologi Komunikasi guna memudahkan Manusia untuk dapat menyampaikan sebuah pesan kepada manusia lainnya. Semakin maju pesatnya perkembangan teknologi, yang awalnya teknologi komunikasi dulu hanya terbatas pada jaringan kabel, tetapi tidak untuk saat ini. Hal ini dapat dilihat dari awal dimulainya alat komunikasi pertama, yaitu Telepon kabel. Di mana seperangkat alat komunikasi telefon ini dihubungkan dengan kabel, agar bisa berhubungan dengan alat komunikasi telepon yang lainnya.

Semakin pesatnya perkembangan alat komunikasi telepon inilah, sehingga semakin pesat pula jaringan kabel yang diperlukan agar dapat menghubungkan telepon yang satu dengan yang lainnya. Maka oleh karena desakan tersebut, tidaklah mungkin apabila telefon yang berada di belahan dunia lain harus disambungkan dengan jaringan kabel yang sangat panjang. Oleh karena itulah ditemukannya, teknologi komunikasi tanpa kabel seperti handphone. Sehingga dengan teknologi telekomunikasi ini dapat memudahkan manusia untuk berhubungan antara manusia di belahan di dunia satu dengan belahan dunia lain tanpa harus menggunakan kabel. Seperangkat Teknologi jaringan yang awalnya sangat merumitkan, kini seakan - akan seperti terasa simple oleh perkembangan teknologi.

Akses internet broabband, ATM tunai bank, Jaringan WiFi, dan jaringan TV nirkabel adalah satu contoh perkembangan teknologi jaringan di masa kini. Jaringan sekarang tidak hanya berbasis Kabel, tetapi juga nirkabel. Dari hal ini, manusia sangat dimanjakan dalam berbagai hal atas perkembangan teknologi Komunikasi dan jaringan. Semuanya terasa simple dan mudah, tidak menyulitkan bagi penggunanya.

Namun setiap perkembangan teknologi Komunikasi dan jaringan, tak hanya memberikan dampak positif bagi penggunanya. Terkadang Jaringan komunikasi yang menghubungkan database antar setiap penggunanya, harus waspada. Pasalnya sesuatu informasi yang sifatnya Pirvat, bisa menjadi konsumsi umum apabila ada pihak - pihak yang menyalah gunakan teknologi komunikasi tersebut. Dampak buruknya tak hanya itu, misalnya pada jaringan teknologi ATM. Apabila kita tidak waspada pada setiap transaksi, maka bersiap - siaplah untuk kehilangan sebagian besar Uang yang ada di saldo tabungan anda. Dan Kabarnya, berkembangnya teknologi Komunikasi Jaringan ini dimanfaat oleh Pemerintah. Akses komunikasi jaringan, seolah–olah sangat membantu pemerintah untuk menggumpulkan data atau mempermudah mencari suatu data yang diperlukan. Misalnya langkah pemerintah untuk membuat E-KTP, atau elektronik KTP adalah salah satu langkah dalam penggunaan Teknologi Komunikasi Jaringan. Di mana database kependudukan, dapat dengan mudah diperoleh dan diurus sesuai ketentuan yang berlaku.

Tetapi penggunaan teknologi komunikasi jaringan ini, juga bisa saja dijadikan sarana untuk mengawasi pergerakan yang dirasa membahayakan Bangsa dan negara, misalnya dalam pencarian buronan kepolisian. Dengan hanya menggunakan sarana teknologi jaringan komunikasi ini saja, maka dengan mudah buronan tersebut akan diketahui keberadaannya. Tentu saja pelacakan kepolisian bisa menggunakan teknologi komunikasi dan jaringan. Bahkan dalam setiap pembuktian kasus persidangan korupsi, kitapun bisa melihat bahwa teknologi komunikasi dan jaringan sangat berperan dalam persidangan. Itu hanya satu contoh manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan Jaringan.

Di masa mendatang, mungkin saja perkembangan teknologi komunikasi dan jaringan akan lebih memudahkan kita sebagai manusia. Mungkin saja teknologi berbasis virtual juga akan diciptakan dimasa mendatang, dengan akses jaringan yang sangat cepat juga. Sehingga Dunia yang luas ini, tampak begitu dekat ketika kita menggunakan teknologi Komunikasi ini. Begitu juga dengan teknologi jaringan, yang awalnya hanya berasal dari seperangkat kabel–kabel yang dihubungkan. Hingga kini menjadi jaringan tanpa kabel, namun menggunakan teknologi satelit. Sehingga mungkin saja, suatu saat di masadepan jaringan komunikasi di setiap wilayah belahan dunia akan terjangkau oleh setiap alat komunikasi apapun. Sungguh sangat memudahkan manusia saat itu ketika harus berkomunikasi kepada manusia lainnya. Dan setiap aktivitas manusia pada akhirnya tidak akan pernah lepas dari perkembangan Teknologi Komunikasi dan teknologi Jaringan. Sangat bermanfaat perkembangan teknologi Komunikasi dan jaringan di era Modern seperti ini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel