Upgrade OS Android Jelly Bean pada Samsung Galaxy S dengan Menggunakan CyanogenMod 10

19 Jul 2012 17:00 6713 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
CyanogenMod beberapa waktu lalu bahwa CM10 akan memiliki basis kepada Android Jelly Bean. Dengan rilisnya *source code* dari Android Jelly Bean, developer segera membuat *port* dari perangkat lunak ini untuk perangkat yang ada.

CyanogenMod beberapa waktu lalu bahwa CM10 akan memiliki basis kepada Android Jelly Bean. Dengan rilisnya source code dari Android Jelly Bean, developer segera membuat port dari perangkat lunak ini untuk perangkat yang ada. Salah satu developer mengatakan bahwa ROM dari Jelly Bean untuk Samsung Galaxy S bekerja lebih baik dan lebih halus dibandingkan dengan Ice Cream Sandwich, dan lebih memiliki jiwa Android di dalamnya.

Maka Anda bisa mencoba performa dari Jelly Bean ini di dalam perangkat Android Anda menggunakan kustom ROM CyanogenMod 10 yang merupakan CyanogenMod terbaru yang baru saja muncul beberapa waktu yang lalu. Semua fitur Jelly Bean dibawa oleh CyanogenMod 10 ini, yang meliputi panggilan, SMS, WiFi, Kamera, Bluetooth dan GPS dari Jelly Bean pun lengkap dibawa oleh CyanogenMod ini. Maka pada ulasan kali ini, Pli akan memberikan langkah-langkah bagaimana cara menginstal CyanogenMod 10 ini pada Samsung Galaxy S Anda agar Anda dapat merasakan bagaimana performa dari Jelly Bean 4.1 ini.

Pra-syarat: Perlu diingat bahwa tutorial ini hanya berlaku untuk ponsel Samsung yang memiliki tipe Samsung Galaxy S dengan nomor model GT-i9000 dan tidak sesuai dengan model dan merk yang lain. Dan segala kerusakan yang terjadi pada saat Anda mempraktekkan metode ini diluar tanggung jawab dari Plimbi. Jadi pastikan ponsel Anda dalam keadaan yang prima dan Anda benar-benar siap dan menanggung semua resiko ketika Anda melakukan ROM.

Plimbi menyarankan agar Anda melakukan back up seluruh data pada ponsel Anda karena ini akan menghapus semua data, aplikasi dan pengaturan tanpa mengganggu kartu memori. Apabila Anda telah siap dengan persiapan Anda, maka Anda bisa mengiktui tutorial berikut ini:

  • Langkah pertama untuk melakukan instalasi CM10 Anda harus menhapus SIM card lock, untuk melakukannya Anda hanya perlu menuju ke Settings > Location and Security > SIM card lock > hapus tanda centang.

  • Selanjutnya Anda tinggal melakukan flash pada XXJW4 firmware.

  • Root XXWJ4 untuk mendapatkan Clockworkmod recovery (CWM).

  • Unduh ROM untuk Jelly Bean pada link berikut.

  • Unduh Google Apps package di sini.

  • Setelah Anda mengunduh Google Apps Package, maka langkah selanjutnya adalah Anda tinggal mengunduh CyanogenMod 10 pada link berikut:

  • Setelah Anda selesai mengunduh ke tiga file pada nomor 4, 5 dan 6, maka pindahkan ketiga file tersebut pada kartu memori Anda

  • Matikan Samsung Galaxy S Anda dan tunggu hingga ponsel Anda benar-benar dalam keadaan mati dengan ditandai dengan tanda getar dan cahaya pada tombol kapasitif sudah benar-benar berhenti berpendar.

  • Tekan tombol Volume Atas + Home Button ketika Anda menyalakan ponsel Anda, boot ponsel Anda ke CWM Recovery. Pada saat layar sudah menyala, lepaskan tombol. Dalam beberapa detik Anda akan melihat device Anda sedang booting ke dalam CWM Recovery. Untuk memilih pilihannya, tombol volume bisa Anda jadikan kendali navigasi ke bawah dan ke atas.

  • Pilih menu option wipe data/factory reset dan pilih Yes untuk mengkonfirmasi.

  • Setelah proses pembersihan atau wiping selesai, pilih menu option Install ZIP dari Sdcard Anda. Hal ini dibutuhkan untuk menjangkau file ROM yang terdapat pada kartu memori Anda.

  • Pilih Yes untuk konfirmasi instalasli. Dan setelah Anda pilih Yes, maka proses instalasi ROM akan segera dimulai.

  • Setelah proses instalasi selesai, pilih zip dari Sdcard dan pilih file CM10 Fixes.zip untuk menginstal fix package.

  • Setelah melakukan instalasi fix package, pilih file zip dari SDCard sekali lagi dan pilih file gapps-jb-200120715.zip untuk menginstal Google Apps package

  • Sekarang kembali ke menu utama recovery dan pilih advance dan pilih fix permissions. Pergi kembali ke menu utama recovery dan reboot device pilih reboot system now dan boot ke CM10.

  • Maka CM10 yang berbasis Android 4.1 Jelly Bean telah terinstal pada ponsel Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel