Adu Dua Handphone Lawas : Handphone BlackBerry Pearl 8100 Vs Apple iPhone 3G

1 May 2012 12:30 6227 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Persaingan handphone antar vendor berbeda memang tidak akan pernah usai. Satu sama lain saling memperkaya dirinya dengan teknologi yang mumpuni agar menarik minat para penggiat handphone. Pada ulasan ini Paseban akan mempertemukan dua vendor handphone antara Apple dengan RIM. Apple menonjolkan dirinya sebagai vendor perangkat yang mampu digunakan untuk keperluan pekerjaam sekaligus hiburan. Sedangkan RIM dengan BlackBerry-nya menyuguhkan perangkat yang unggul dalam hal akses komunikasi. Lalu ponsel manakah yang lebih unggul?

Persaingan handphone antar vendor berbeda memang tidak akan pernah usai. Satu sama lain saling memperkaya dirinya dengan teknologi yang mumpuni agar menarik minat para penggiat handphone. Pada ulasan ini Paseban akan mempertemukan dua vendor handphone antara Apple dengan RIM. Perusahaan Apple menonjolkan dirinya sebagai vendor perangkat yang mampu digunakan untuk keperluan pekerjaam sekaligus hiburan. Sedangkan RIM dengan BlackBerry-nya menyuguhkan perangkat yang unggul dalam hal akses komunikasi. Lalu perangkat manakah yang lebih unggul?

Dimensi

Bodi dari kedua perangkat ini memang memilki perbedaan yang mencolok. Handphone BlackBerry Pearl 8100 mengusung desain ramping candybar dan iPhone 3G mengusung tampilan ponsel layar sentuh yang lebar dan besar. Untuk dimensi keduanya memiliki dimensi berbeda, Handphone BlackBerry Pearl 8100 memiliki dimensi 107 x 50 x 14.5 mm dan memiliki berat sebesar 89.5 gram. Sedangkan untuk Apple iPhone 3G sendiri memiliki dimensi sebesar 115.5 x 62.1 x 12.3 mm dan memiliki berat sebesar 133 gram. Untuk kategori dimensi, handphone BlackBerry Pearl 8100 lebih unggul ketimbang iPhone 3G yang memiliki bodi yang lebih bongsor.

Layar

Sedangkan untuk kategori layar, BlackBerry Pearl 8100 mengusung layar standar dengan kemampuan menangkap hingga 65.000 warna dengan ukuran 240 x 260 piksel. Pearl 8100 memiliki layar sebesar 2.2 inci yang memiliki kekuatan piksel hingga 161 ppi. Sedangkan untuk iPhone sendiri telah didukung penggunaan layar sentuh dengan ukuran 320 x 480 piksel dan layar sebesar 3.5 inci dengan kekuatan piksel sebesar 165 ppi. Untuk urusan layar, jelas iPhone lebih unggul ketimbang *handphone *BlackBerry Pearl 8100.

Performa

Handphone BlackBerry Pearl 8100 mempersenjatai dirinya dengan BlackBerry OS, CPU 32-bit Intel Xscale PXA272 312 MHz. Sedangkan iPhone mengusung sistem operasi iOS dilengkapi dengan CPU 412 MHz ARM 11. Untuk masing masing performa, keduanya memiliki performa yang bisa dibilang mumpuni jika kita lihat dari kelengkapan yang dibawanya.

Kamera

Untuk urusan pengabadian gambar, handphone BlackBerry Pearl 8100 mempercayakannya kepada kamera sebesar 1.3 MP yang mampu menangkap gambar sebesar 1280 x 1024 piksel yang dilengkapi dengan LED flash. Sedangkan untuk perangkat iPhone mempercayakannya kepada kamera sebesar 2 MP yang mampu menangkap gambar sebesar 1600 x1200 piksel. Kedua perangkat ini tidak didukung oleh fitur perekaman video, begitu pula dengan tidak dilengkapinya dengan kamera sekunder.

Baterai dan Memori

Baterai yang diusung oleh handphone BlackBerry Pearl 8100 adalah baterai Li-Ion 900 mAh yang mampu bertahan hingga 360 jam dalam keadaan stand-by. Sedangkan untuk iPhone sendiri juga mengusung baterai Li-Ion yang mampu bertahan hanya 300 jam dalam kondisi stand-by.

Kesimpulan

Hasil dari komparasi di atas menunjukkan bahwa setiap perangkat memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Jika Anda menginginkan perangkat dengan layar lebar, iPhone 3G bisa menjadi alternatif bagi Anda. Namun bagi Anda yang memprioritaskan fitur untuk mendukung aktivitas kerja, maka handphone BlackBerry Pearl 8100 merupakan pilihan yang pas untuk Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel