Ketika Windows Mobile Dibandingkan dengan Produk Apple - HTC HD2 vs iPhone 3GS

25 Nov 2011 13:00 6744 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah smartphone terbaik yang pernah *built in* Windows Mobile lebih unggul dari iPhone 3GS? Cari tahu kebenarannya dalam artikel perbandingan dari Paseban yang membandingkan HTC HD2 vs iPhone 3GS.

Windows Mobile berbasis smartphone bisa dikatakan menuju kemusnahan, tapi HTC HD2 ditakdirkan sebagai salah satu smartphone terbaik yang pernah built in Windows Mobile. Lalu bagaimana dengan iPhone 3GS? Apakah produk HTC masih yang terbaik? Simak kelanjutan perbandingannya jika dilihat dari sisi spesifikasi masing-masing di bawah ini.

Display

Pemenang: HTC HD2

Baik HTC HD2 maupun iPhone 3GS, mereka sama-sama menggunakan LCD layar kedua, bukan menggunakan teknologi OLED yang kini semakin populer di kalangan smartphone. Dari perspektif ukuran, HTC HD2 menggunakan layar 4,3 inci yang kalah saing dengan iPhone yang memiliki ukuran 3,5 inci, tetapi dari sisi resolusi, HTC HD2 menang dari iPhone yang hanya 480 x 320 piksel dibanding 800 x 480 piksel milik HTC HD2.

Prosesor

Pemenang: HTC HD2

ARM Cortex A8 833MHz chip dalam iPhone memang tidak terlalu buruk, tapi Qualcomm Snapdragon 1GHz yang ada pada HTC HD2 membuat iPhone 3GS harus mengakui kekalahannya, terutama mengingat chip iPhone yang underclocked ke kanan 600MHz dan keluar dari kotak. Tentu saja kekurangan tersebut perlu dicatat, tetapi iPhone juga memiliki fitur PowerVR SGX yang berdedikasi prosesor grafis, sehingga membuat beberapa perbedaan ketika datang ke rendering 3D seperti dalam game.

Storage

Pemenang: iPhone 3GS

Kedua smartphone Windows Mobile ini, HTC HD2 dan iPhone 3GS menawarkan penyimpanan sebesar 16GB dengan harga sekitar $ 200 untuk kontrak, tetapi HTC HD2 membawa kelebihan dengan sebuah kartu slot microSD. Smartphone yang baik dapat menangani storage dengan penyimpanan maksimum 32GB, tetapi masing-masing dari mereka datang dengan kekurangan mereka sendiri.

Kamera

Pemenang: HTC HD2

Dari sisi kamera, keduanya tidak menunjukkan bahwa mereka benar-benar terbaik, bahkan poin kamera dalam shoot dasar, pint-nya berukuran optik tetapi dalam hal ini HTC HD2 mengelola pendekatan yang lebih baik karena menawarkan LED flash untuk membantu mencerahkan gambar pada malam hari. Sensor HTC HD2 menawarkan 5MP dan 3,15MP untuk iPhone 3GS.

Software

Pemenang: iPhone 3GS

Seperti yang telah Paseban tegaskan di awal perbandingan ini, Windows Mobile berada pada ujung tanduk sekarang ini. Hal ini telah diamati selama bertahun-tahun, tetapi OS iPhone juga malah menempatkan malu pada semua kategorinya kecuali kelebihan multitasking yang dimilikinya.

Jumlah aplikasi pada Windows Mobile sangat sedikit sekali yang tersedia jika dibandingkan dengan aplikasi iPhone di App Store, dan ketika Windows Phone 7 tiba pada musim gugur tahun ini, harapan terakhir yang tersisa adalah para pengembang Windows Mobile alangkah baiknya jika mereka segera melompat ke platform tersebut.

Kesimpulan

Dari perbandingan singkat di atas, secara keseluruhan baik HTC HD2 maupun iPhone 3GS memiliki bagian-bagian spesifikasi penting dalam setiap kategori. Sehingga, siapa yang memang pantas jadi pemenang semua kembali kepada Anda sendiri. Tetapi rasanya begitu sulit menyarankan Anda untuk memiliki HTC HD2 yang didukung dengan Windows Mobile, meskipun smartphone ini digadang-gadang sebagai smartphone terbaik pada saat itu. Mungkin dalam segi Operating Sytem, Anda juga perlu mempertimbangkannya dengan matang selain fitur-fitur yang dimiliki oleh setiap smartphone. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel