Tips Cara Menggunakan BlackBerry : Mengelola Search Engine di BlackBerry OS 7

21 Mar 2012 08:30 8266 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Saat ini telah muncul operasi sistem terbaru dari BlackBerry yang dikenal dengan BlackBerry OS 7. Banyak kelebihan yang diusung oleh sistem operasi terbaru dari BlackBerry ini dibandingkan dengan sistem operasi terdahulunya. Namun tak sedikit para pengguna BlackBerry untuk lebih memaksimalkan penggunaan smartphone miliknya.

Saat ini telah muncul operasi sistem terbaru dari BlackBerry yang dikenal dengan BlackBerry OS 7. Banyak kelebihan yang diusung oleh sistem operasi terbaru dari BlackBerry ini dibandingkan dengan sistem operasi terdahulunya. Namun tak sedikit para pengguna BlackBerry untuk lebih memaksimalkan penggunaan smartphone tersebut.

Banyak tips yang digunakan untuk memaksimalkan kinerja dari smartphone-nya, salah satunya adalah cara menggunakan BlackBerry OS 7 yang akan kami bahas. Tips cara menggunakan BlackBerry OS 7 yang dibahas di sini adalah cara untuk mengelola search engine yang terdapat pada BlackBerry OS 7. Dengan melakukan tips ini, maka agar penggunaan fitur search ini dapat di optimalkan penggunaannya.

Cara menggunakan BlackBerry ini diulas karena salah satu fitur yang diremehkan dalam BlackBerry OS 7 ialah kemampuan untuk menyesuaiakan mesin pencari. Apabila Anda bisa menyesuaikan mesin pencari ini, maka tidak dipungkiri bahwa salah satu fitur BlackBerry OS 7 ini akan berjalan secara optimal. Tergantung dengan kebutuhan Anda, smartphone BlackBerry OS 7 Anda hadir dengan beberapa search engine yang secara otomatis akan diaktifkan.

Bila Anda mencari sesuatu yang Anda inginkan pada addres bar pada browser Anda, maka BlackBerry OS 7 akan mencari dengan semua search engine yang Anda miliki. Hal ini tentu saja dilakukan dengan memperhitungkan search engine default pada BlackBerry milik Anda. Pada rubrik ini akan diulas tentang cara menggunakan BlackBerry, terutama tips menambahkan search engine pada BlackBerry OS 7 Anda dan bagaimana mengubah search engine default.

BlackBerry OS 7 dapat mendeteksi banyak situs yang ingin Anda cari sekaligus. Anda hanya perlu membuka sebuah situs, klik tombol BlackBerry, dan temukan Add Search Engine dalam menu. Cara cara tersebut akan menambahkan search engine secara otomatis ke dalam daftar search engine Anda. Hal ini berarti akan muncul ketika Anda melakukan pencarian melalui addres bar.

Namun apabila situs tersebut tidak mengandung pilihan Add Search Engine, jangan khawatir, Anda bisa menambahkannya sendiri. Dalam tips cara menggunakan BlackBerry ini, Anda hanya perlu melakukan pencarian pada situs, lalu salin alamatnya pada addres bar. Setelah itu Anda pasti akan melihat alamat URL yang normal dengan setelahnya. Ketika Anda masih ada dalam browser, tekan tombol BlackBerry dan masuk ke opsi Pilihan. Lalu pilih Manage Search Engines. Dari situ Anda memilih Add New Search Engine. Ketik nama, dan kemudian paste teks clipboard ke dalam kolom addres. Anda harus menghapus teks setelah dan menggantinya dengan %s. Jadi apabila kami contohkan akan seperti ini http://www.plimbi.com/?s=%s. Jadi ketika Anda sedang mencari melalui addres bar, maka situs kustom yang telah Anda buat tadi akan muncul secara otomatis.

Sementara untuk mengganti default search engine, Anda hanya perlu menuju ke browser, lalu pilih Options - Manage Search Engines. Anda akan melihat daftar di sana, lalu Anda tinggal memilih mana yang ingin Anda jadikan default search engine. Selamat mencoba! [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel