Adu Tablet Tipis - The new iPad VS Asus Transformer Prime

5 Apr 2012 17:00 3557 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
The new iPad ini digadang menggantikan versi dua tablet sebelumnya yang masih memiliki kekurangan dan dengan bodi baru yang lebih tipis dari yang sebelumnya, namun bagaimana jika The new iPad ini dipertemukan dengan Asus Transformer Prime yang notabene sama sama memiliki bodi yang tipis juga?

Setelah dinantikan tentang kemunculan iPad 3 atau yang biasa di sebut The new iPad, akhirnya beberapa waktu lalu tablet ini resmi diluncurkan oleh pihak Apple dan selalu menjadi berita utama dari beberapa media gadget di sEluruh dunia. The new iPad ini digadang menggantikan versi dua tablet sebelumnya yang masih memiliki kekurangan dan dengan bodi baru yang lebih tipis dari yang sebelumnya, namun bagaimana jika The new iPad ini dipertemukan dengan Asus Transformer Prime yang notabene sama sama memiliki bodi yang tipis juga? Manakah yang lebih unggul, sang Aktor The new iPad atau pendatang baru Asus Transformer Prime

Desain

Jika dilihat dari kedua bodi tablet ini, tablet ini memang memiliki bodi yang tipis, namun berbeda dalam ukuran dimensi. The new iPad memiliki dimensi 241.2 x 185.7 x 9.4 mm dan bobot yang mencapai 652 gram. Sedangkan Asus memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan The new iPad, Asus memiliki dimensi 263 x 180.8 x 8.3 mm dan memiliki bobot 586 gram. Perbedaan terlihat mencolok disini, Asus yang nota bene memiliki betuk bodi yang lebih besar dari The new iPad, namun memiliki berat yang lebih ringan. Jadi untuk kategori desain Asus lebih unggul ketimbang The new iPad karena bodi yang besar dan berat yang ringan. Merubah mode jika bodi besar memiliki berat yang berat.

Layar

Setiap tablet ini memiliki tampilan layar yang mengagumkan masing masing penggunanya. The new iPad memiliki layar LED-backlight IPSTFT capacitive toucscreen dengan 16 juta warna. The new iPad memiliki resolusi layar 1536 x 2048 pixels dan lebar 9.7 inchi dan layar The new iPad ini dilindungi oleh Scratch-resistant glass. Sementara Asus memilik layar Super IPS+ LCD Capacitive touchscreen dengan resolusi 1280 x 800 pixels dan lebar layar 10.1 inchi dan juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass. Untuk layar, kedunya memiliki keunggulan masing masing. Asus memiliki keunggulan pada layarnya yang besar namun kalah akan resolusi layarnya terhadap The new iPad.

Performa

Jelasnya kedua tablet ini memiliki performa yang berbeda dan juga sistem operasi yang berbeda pula. The new iPad hadir dengan OS terbarunya yaitu iOS 5 sedangkan untuk Asus menggunakan Android Honeycomb yang khusus digunakan untuk tablet, dan bernecana ingin melakukan upgrade menuju versi 4.0 atau ICS. Untuk persenjataannya sendiri, The new iPad disenjatai dengan Dual-core 1GHz Cortex-A9 sementara Asus memiliki Quad-core 1.3GHz Cortex-A9. Untuk prosesor dari kedua tablet ini, antara Dual-core dan Quad-core memang hampir memiliki kecepatan yang sama, namun Asus lebih unggul karena megusung kecepatan hingga 1.3GHz, kali ini The new iPad harus mengakui keunggulan lawannya.

Kamera

The new iPad memiliki kamera sebasar 5MP yang ditanamkan pada bagian belakang bodinya dan mampu menangkap gambar sebesar 2592 x 1944 pixels dan juga dilengkapi dengan kamera depan dengan resolusi VGA. Sedangkan untuk Asus sendiri memilki kamera sebesar 8MP yang mampu menangkap gambar sebesar 3264 x 2448 pixels dan juga dilengkapi dengan kamera depan sebesar 1.2 MP. Untuk kamera, Asus keluar menjadi pemenang karena memiliki kamera yang lebih unggul dibandingkan dengan The new iPad

Baterai dan Memori

The new iPad mengusung baterai Li-Po 11,560 mAh yang mampu bertahan sepanjang 720 jam selama stand-by, sementara untuk memori sendiri, The new iPad memiliki tiga pilihan memori yang bisa Anda pilih, antara lain 16/32/64 GB tanpa disertai dengan kartu eksternal. Sementara Asus memiliki baterai Li-Po 25 Wh yang hanya mampu bertahan selama 300 jam dalam kondisi stand-by, untuk daya simpannya Asus juga memiliki pilihan memori internal antara 32/64 GB dan juga dilengkapi dengan microSD hingga 32 GB. Untuk baterai, The new iPad lebih unggul ketimbang dengan Asus, namun untuk memori The new iPad harus mengakui keunggulan Asus yang memiliki kartu memori tambahan.

Harga

Untuk rentang harga di Tanah Air, The new iPad dan Asus Transformer ini mematok rentang harga yang sama, yaitu di rentang harga 7 juta-an.

Kesimpulan

Dari perbandingan kedua tablet tersebut, bisa kita ketahui bahwa masing masing memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing, bahkan bisa dibilang bahwa fitur dari kedua tablet ini hampir sama. Jadi pilihan untuk meminang di antara kedua tablet ini disesuaikan dengan kebutuhan Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel