Tips Android Untuk Memaksimalkan Fitur Ice Cream Sandwich Terbaru

16 Dec 2011 16:30 14933 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
**Tips Android** kali ini diperuntukkan bagi OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang secara signifikan berbeda dari semua versi pendahulunya maupun versi terakhir. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips Android untuk memaksimalkan dan *customize* fitur Ice Cream Sandwich terbaru.

Tips Android kali ini adalah diperuntukkan bagi OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang secara signifikan berbeda dari semua versi pendahulunya maupun versi terakhir (Gingerbread /Honeycomb), di mana beberapa *setting* telah dipindahkan sehingga berubah menjadi lebih multitasking, *launcher* yang dirombak dan masih banyak lagi.

Saat menggunakan OS Android lama mungkin Anda telah mengkustomisasi sehingga Anda benar-benar menguasai perangkat Android Anda, namun setelah meng-*upgrade* ke OS Ice Cream Sandwich, Anda tidak bisa menerapkan cara *customize* yang sama karena adanya banyak perubahan seperti yang telah disebutkan diatas.

Oleh karena itu, berikut ini adalah tips Android untuk memaksimalkan dan *customize* fitur Ice Cream Sandwich terbaru. Tips Android ini terdiri dari:

1. Gunakan *launcher* dari pihak ketiga karena memungkinkan Anda untuk menempatkan lebih banyak ikon pada *homescreen* dan *app drawer*.

2. Ubah letak *setting* animasi di *Developer Options*.

3. Pada Android 4.0 Ice Cream Sandwich Anda bisa menghilangkan *lockscreen completely* yang memungkinkan Anda untuk langsung menggunakan perangkat Android tanpa harus *slide to unlock*.

4. Fitur *gesture* *swipe to remove* tidak hanya berfungsi pada *browser* untuk menutup *tab*, tetapi juga berfungsi pada menu multitasking untuk menghilangkan program dari memori.

5. *Settings* perangkat menghilang, yang mana sebenarnya telah dipindahkan pada phone app. Menggunakan launcher dari pihak ketiga Sama seperti versi OS Android sebelumnya, pada tips Android ini Anda bisa menggunakan aplikasi launcher dari pihak ketiga, seperti yang pernah Paseban bahas sebelumnya () untuk Ice Cream Sandwich.

Pada versi standar Ice Cream Sandwich, tampilan *homescreen* akan terdiri dari 16 ikon dan 20 ikon pada *app drawer*. Tips Android dengan menggunakan *launcher* dari pihak ketiga ini, contoh menggunakan Launcher Pro, *homescreen* dan *app drawer* bisa menampilkan 30 ikon dengan ukuran yang lebih kecil.

**Setting Animasi** Tips Android kedua adalah mengenai perubahan letak dan tambahan *setting* pada Ice Cream Sandwich. Pada Android versi sebelumnya, *setting* animasi terletak pada *Settings>> Display>>Animation*. Lalu pilihan *setting* terdiri dari *No animations*, *Some animations* dan *All animations* saja.

Pada Android Ice Cream Sandwich, *setting* animasi berubah letak menjadi di *Settings>>Developer Options>>Window animation scale and Transition animation scale*.

Maka pilihan *setting* bertambah menjadi *Animation off*, *Animation scale.5x*, *Animation scale 1x*, *Animation scale 1.5x*, *Animation scale 2x*, *Animation scale 5x* dan *Animation scale 10x*. Anda bisa mencoba *setting* tersebut untuk mengetahui fungsi masing-masing.

**Lock Screen** Tips Android ketiga mengenai tambahan *setting lock screen* Ice Cream Sandwich. Pada Android Ice Cream Sandwich Anda bisa mengakses pilihan lock screen pada *Settings>>Security>>Screen lock*.

Dan disini Anda akan menemui pilihan mengenai cara mengunci perangkat Android yang Anda inginkan. Pilihan pada versi lama terdiri dari None, Pattern, PIN, Password.

Pada Android Ice Cream Sandwich pilihan bertambah menjadi *None*, *Slide*, *Face unlock*, *Pattern*, PIN, Password.

Sedangkan pilihan terbarunya adalah *Slide dan Face Unlock*. Fitur *Face Unlock* berfungsi untuk membuka kunci layar menggunakan deteksi wajah pengguna, meskipun banyak pihak yang menyatakan bahwa fitur ini masih belum sempurna.

*Fitur slide* sebenarnya adalah fitur lama dimana Anda dapat membuka kunci layar dengan *slide* tombol virtual. Namun yang menjadi alasan mengapa menu setting ini ditambahkan, karena pilihan *None* pada Ice Cream Sandwich membuat semua kunci layar tidak aktif.

Pada versi OS Android lama apabila Anda memilih *setting None*, saat menekan tombol *power/lock* Anda masih harus membuka kunci layar dengan *slide*. Pada Ice Cream Sandwich, apabila Anda memilih *None*, untuk mengaktifkan dan menonaktifkan layar cukup dengan menekan tombol *power/lock* saja.

Tips Android nomor empat dan lima di atas akan lebih baik jika dijelaskan dengan video berikut, yang merupakan video lengkap yang menampilkan tips & trick dari nomor 1-5. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel